Pelatihan Pencatatan Keuangan pada Usaha Capcin Bu Putri dan Usaha Kue Kering PKK Dusun Klenggotan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Galih Refa Sugiarto
Martinus Budiantara

Abstract

Artikel ini meneliti dampak pelatihan pencatatan keuangan terhadap dua usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia: Capcin Bu Putri dan usaha kue kering PKK Klenggotan. Tujuan pelatihan ini adalah meningkatkan pemahaman pemilik usaha dan anggota kelompok PKK Klenggotan tentang pentingnya pencatatan keuangan yang akurat dan teratur sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP). Studi ini menunjukkan bahwa pelatihan tersebut berhasil menciptakan sistem pencatatan keuangan yang lebih efisien dan transparan, meningkatkan pemahaman pemilik usaha tentang konsep dasar akuntansi, serta memperkuat keterampilan anggota kelompok PKK Klenggotan dalam mengelola keuangan bisnis mereka. Hasilnya mencakup peningkatan produktivitas, peningkatan kepercayaan diri dalam pengambilan keputusan keuangan, dan peningkatan potensi pertumbuhan bisnis UMKM. Studi ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya pelatihan pencatatan keuangan dalam mendukung perkembangan UMKM di Indonesia.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Galih Refa Sugiarto, & Martinus Budiantara. (2024). Pelatihan Pencatatan Keuangan pada Usaha Capcin Bu Putri dan Usaha Kue Kering PKK Dusun Klenggotan . JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 61-69. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i1.1570

References

Mulyadi. 1993. Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat. Mulyadi. 2001. Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.
Undang-undang Republik Indonesia nomo 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menegah
Savitri, R. V., & Saifudin, (2018). Pencatatan Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Studi Pada Umkm Mr. Pelangi Semarang). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 5(2), 117 125.
Yunia, D., Muttaqin, G. F., Mulyasari, W., Astuti, K. D., Nofianti, N., Wahyudi, T., Nawawi, M., & Prasadhita, C. (2021). Penyusunan Laporan Keuangan Umkm Berbasis Sak Emkm. Jurnal Warta Desa (JWD), 3(2), 102–108.
Janrosi, V. S. E. (2018). Persepsi Pelaku UMKM Dan Sosialisasi SAK EMKM Terhadap Diberlakukannya Laporan Keuangan Yang Berbasis SAK EMKM 1 Januari 2018. Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, 11(1), 55–66
Setiyawati, Y., & Hermawan, S. (2018). Persepsi Pemilik Dan Pengetahuan Akuntansi Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Atas Penyusunan Laporan Keuangan. Riset Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 3(2), 161–204.