Edukasi Teknologi dan Literasi Digital kepada Siswa SMP Negeri 12 Tarakan
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Pendidikan teknologi dan literasi digital merupakan hal yang penting untuk dikuasai oleh generasi muda, termasuk siswa SMP. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa SMPN 12 Tarakan dalam bidang teknologi dan literasi digital. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk pembelajaran yang dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi teori dan sesi praktik. Pada sesi teori, siswa diberikan materi tentang dasar-dasar komputer dan pemrograman serta edukasi digital, seperti media sosial, pencegahan cyber bullying, dan manfaat teknologi. Pada sesi praktik, siswa diberikan kesempatan untuk menerapkan materi teknologi virtual reality dan pengembangan metode pembelajaran berbasis game, seperti praktik menggunakan VR dan membuat game pembelajaran tebak kata. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa siswa SMPN 12 Tarakan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup baik dalam bidang teknologi dan literasi digital. Namun, masih terdapat beberapa hal yang perlu ditingkatkan, seperti kemampuan siswa dalam menggunakan teknologi secara kreatif dan produktif.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Afriliana, I., Budihartono, E., & Sabanise, Y. F. (2018). Pengenalan Internet of Things (IoT) untuk Peningkatan Softskill pada Siswa SMAN 5 Tegal. Jurnal Abdimas PHB: Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 1(2), 92–97.
Aisyah, T. F. (2022). Literasi Digital Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring. IQRA: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 16(1), 19–31.
Ameliah, R., Negara, R. A., Minarto, B., Manurung, T. M., & Akbar, M. (2022). Status Literasi Digital di Indonesia 2022. In Katadata Insight Center. Kominfo.
Candra, A. M., & Rahayu, T. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2311–2321.
Fadllullah, A., Pradana, A., Harto, D., Mulyadi, Arsianti, R. W., & Rudy. (2022). Sosialisasi Pengembangan Website Sekolah Sebagai Sarana Promosi dan Edukasi di SMK Terpadu Citra Bangsa Kota Tarakan. Buletin Udayana Mengabdi, 21(1), 375–381. https://doi.org/10.24843/BUM.2022.v21.i01.p02
Faizah, F., Rahma, U., Dara, Y. P., & Gunawan, C. L. (2020). School Well-Being Siswa Sekolah Dasar dan Siswa Sekolah Menengah Pertama Pengguna Sistem Full-Day School di Indonesia. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 34–41.
Fitriani, Y. (2021). Pemanfaatan media sosial sebagai media penyajian konten edukasi atau pembelajaran digital. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 5(4), 1006–1013.
Hakim, W., Murwani, E., & Dewi, H. L. C. (2018). Literasi Pencegahan Cyberbullying Pada Siswa SMA Di Tangerang. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 1, 203–213. Retrieved from https://prosiding-pkmcsr.org/index.php/pkmcsr/article/view/151/31
Hamdani, F., Fauzia, A., Efendi, L. A., Liani, S. S., Togatorop, M., Ramadhani, R. W., & Yunita, Y. (2022). Pentingnya pengembangan soft skills generasi milenial dalam menghadapi tantangan pasca pandemi covid-19. Indonesia Berdaya, 3(3), 485–494.
Jamil, M. (2018). Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality (VR) di Perpustakaan. Buletin Perpustakaan, 1(1), 99–113.
Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195–202. Retrieved from https://jurnal.jkp-bali.com/perspektif/article/view/32/63
Sulistyarini, W., & Fatonah, S. (2022). Pengaruh Pemahaman Literasi Digital dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Era Digital Learning. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 42–72.
Suparman, A., Kom, M., Setyawan, A. E., Kom, S., Ma’sum, H., Anyan, S., … Hutauruk, T. L. (2023). PENGENALAN DASAR KOMPUTER. CV Rey Media Grafika.
Wuryani, W., & Nugraha, V. (2021). Pendidikan keluarga dalam penguatan literasi dasar pada anak. Semantik, 10(1), 101–110.