Edukasi Teknologi dan Literasi Digital kepada Siswa SMP Negeri 12 Tarakan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Arif Fadllullah
Amelia Manda Sari
Wahdana
Farhan Muhammad Nabil
Devi Sarmilah Chomariah
Widya Ambarwati
Muhammad Irfan

Abstract

Pendidikan teknologi dan literasi digital merupakan hal yang penting untuk dikuasai oleh generasi muda, termasuk siswa SMP. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa SMPN 12 Tarakan dalam bidang teknologi dan literasi digital. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk pembelajaran yang dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi teori dan sesi praktik. Pada sesi teori, siswa diberikan materi tentang dasar-dasar komputer dan pemrograman serta edukasi digital, seperti media sosial, pencegahan cyber bullying, dan manfaat teknologi. Pada sesi praktik, siswa diberikan kesempatan untuk menerapkan materi teknologi virtual reality dan pengembangan metode pembelajaran berbasis game, seperti praktik menggunakan VR dan membuat game pembelajaran tebak kata. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa siswa SMPN 12 Tarakan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup baik dalam bidang teknologi dan literasi digital. Namun, masih terdapat beberapa hal yang perlu ditingkatkan, seperti kemampuan siswa dalam menggunakan teknologi secara kreatif dan produktif.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Arif Fadllullah, Amelia Manda Sari, Wahdana, Farhan Muhammad Nabil, Devi Sarmilah Chomariah, Widya Ambarwati, & Muhammad Irfan. (2024). Edukasi Teknologi dan Literasi Digital kepada Siswa SMP Negeri 12 Tarakan. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 509-523. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i2.1574

References

Abidin, Z., Permata, Amelia, D., Agus, R. M., & Solehudin, I. (2021). Pelatihan Dasar-Dasar Algoritma dan Pemograman untuk Membangkitkan Minat Siswa-Siswi SMK Pada Dunia Pemograman. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(2), 54–62.
Afriliana, I., Budihartono, E., & Sabanise, Y. F. (2018). Pengenalan Internet of Things (IoT) untuk Peningkatan Softskill pada Siswa SMAN 5 Tegal. Jurnal Abdimas PHB: Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 1(2), 92–97.
Aisyah, T. F. (2022). Literasi Digital Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring. IQRA: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 16(1), 19–31.
Ameliah, R., Negara, R. A., Minarto, B., Manurung, T. M., & Akbar, M. (2022). Status Literasi Digital di Indonesia 2022. In Katadata Insight Center. Kominfo.
Candra, A. M., & Rahayu, T. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2311–2321.
Fadllullah, A., Pradana, A., Harto, D., Mulyadi, Arsianti, R. W., & Rudy. (2022). Sosialisasi Pengembangan Website Sekolah Sebagai Sarana Promosi dan Edukasi di SMK Terpadu Citra Bangsa Kota Tarakan. Buletin Udayana Mengabdi, 21(1), 375–381. https://doi.org/10.24843/BUM.2022.v21.i01.p02
Faizah, F., Rahma, U., Dara, Y. P., & Gunawan, C. L. (2020). School Well-Being Siswa Sekolah Dasar dan Siswa Sekolah Menengah Pertama Pengguna Sistem Full-Day School di Indonesia. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 34–41.
Fitriani, Y. (2021). Pemanfaatan media sosial sebagai media penyajian konten edukasi atau pembelajaran digital. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 5(4), 1006–1013.
Hakim, W., Murwani, E., & Dewi, H. L. C. (2018). Literasi Pencegahan Cyberbullying Pada Siswa SMA Di Tangerang. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 1, 203–213. Retrieved from https://prosiding-pkmcsr.org/index.php/pkmcsr/article/view/151/31
Hamdani, F., Fauzia, A., Efendi, L. A., Liani, S. S., Togatorop, M., Ramadhani, R. W., & Yunita, Y. (2022). Pentingnya pengembangan soft skills generasi milenial dalam menghadapi tantangan pasca pandemi covid-19. Indonesia Berdaya, 3(3), 485–494.
Jamil, M. (2018). Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality (VR) di Perpustakaan. Buletin Perpustakaan, 1(1), 99–113.
Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195–202. Retrieved from https://jurnal.jkp-bali.com/perspektif/article/view/32/63
Sulistyarini, W., & Fatonah, S. (2022). Pengaruh Pemahaman Literasi Digital dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Era Digital Learning. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 42–72.
Suparman, A., Kom, M., Setyawan, A. E., Kom, S., Ma’sum, H., Anyan, S., … Hutauruk, T. L. (2023). PENGENALAN DASAR KOMPUTER. CV Rey Media Grafika.
Wuryani, W., & Nugraha, V. (2021). Pendidikan keluarga dalam penguatan literasi dasar pada anak. Semantik, 10(1), 101–110.