Sosialisasi Etika Bermedia Sosial bagi Karang Taruna Kampung Margomulyo, Desa Banyuanyar, Kecamatan Banjarsari, Surakarta
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Media sosial telah menjadi fenomena utama dalam era digital yang semakin maju, mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia, terutama di kalangan remaja dan pemuda. Meskipun memiliki potensi keuntungan dan interaksi positif, penggunaan media sosial juga membawa dampak negatif yang perlu diperhatikan dengan serius. Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, tim KKN UNS di Margomulyo, Banyuanyar berupaya mengedukasi kepada masyarakat dari bahaya bermedia sosial dan pemanfaatannya secara positif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Participatory Action Research (PAR). Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat, terutama remaja anggota Karang Taruna di Kampung Margomulyo, tentang pentingnya penggunaan yang positif dan bijak dalam bermedia sosial. Kegiatan dilaksanakan dalam tiga tahap: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Persiapan melibatkan wawancara awal dengan penduduk Margomulyo. Fase pelaksanaan melibatkan presentasi interaktif kepada peserta sosialisasi, dengan interaksi dua arah yang mendorong pemahaman lebih baik. Evaluasi dilakukan melalui umpan balik peserta untuk mengukur pencapaian tujuan sosialisasi. Hasil dari penelitian ini menggarisbawahi tentang dampak positif dan negatif media sosial terhadap remaja. Bijak dalam bermedia sosial dengan langkah-langkah seperti menyaring informasi, berbicara dengan sopan dalam berdiskusi online, serta memahami pengaturan privasi adalah solusi terbaik untuk meminimalisir dampak negatif bermedia sosial.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
APJII. (2023). "Laporan Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia." Himpunan Penyedia Layanan Internet Indonesia (APJII). https://dataindonesia.id/digital/detail/apjii-pengguna-internet-indonesia-21563-juta-pada-20222023
Fronika, W. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Sikap Remaja. Fak. Ilmu Pendidik. Univ. Negeri Padang. 1-15.
Gumilar, G. (2017). Literasi media: Cerdas menggunakan media sosial dalam menanggulangi berita palsu (hoax) oleh siswa SMA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48–52.
Kemp, S. (2021). DIGITAL 2021: The Latest Insights Into The ‘state Of Digital. https://wearesocial.com/uk/blog/2021/01/digital-2021-the-latest-insights-into-the-state-of-digital/
Mulyono, F. (2021). Dampak Media Sosial Bagi Remaja. Jurnal Simki Economic, 4(1), 57-65.
Murtani, A. (2019). Sosialisasi Gerakan Menabung. Sindimas, 1(1), 279-283.
Nurasih, W., Rasidin, M., & Witro, D. (2020). Islam dan etika bermedia sosial bagi generasi milenial: Telaah surat al-'Asr. Al-Mishbah. Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi, 16(1), 149-178.
Putri, W. S. R., Nurwati, N., & Santoso, M. B. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perilaku remaja. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1).
Qomar, M. N., Karsono, L. D. P., Aniqoh, F. Z., Aini, C. N., & Anjani, Y. (2022). Peningkatan kualitas umkm berbasis digital dengan metode Participatory Action Research (Par). Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 74-81.
Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonforma, 6(1).
Retalia, R. (2020). Dampak Intensitas Penggunaan Smartphone Terhadap Interaksi Sosial. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(2), 45-55.
Setiawan, D. (2018). Dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap budaya. JURNAL SIMBOLIKA Research and Learning in Communication Study, 4(1), 62-72.
Simon, S., Lie, T. L., & Komaling, H. W. (2021). Prinsip-Prinsip Etika Kristiani Bermedia Sosial. DANUM PAMBELUM: Jurnal Teologi dan Musik Gereja, 1(1), 56-68.
Tangkudung, J. P., & Harilama, S. H. (2019). Manfaat Media Sosial bagi Kelompok Remaja di Desa Touure Kecamatan Tompaso Kabupaten Minahasa Propinsi Sulawesi Utara. Acta Diurna Komunikasi, 1(3).
Taqwa MI. (2018). Intensitas penggunaan media sosial Instragram Stories dengan kesehatan mental. (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Malang.
Wijayanti, S. H., Sihotang, K., & Dirgantara, V. E. (2022). Bentuk-Bentuk Etika Bermedia Sosial Generasi Milenial. Jurnal Komunikasi, 16(2), 129-146.