Pelatihan Desain Produk Menggunakan Aplikasi Adobe Ilustrator Untuk Guru Dan Siswa Di SMK Miftahul Huda Rawalo
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Pelajar memainkan peran kunci dalam proses pembelajaran, dengan media komputer sebagai alat interaksi yang memungkinkan mereka berkomunikasi tanpa perlu mengandalkan aplikasi tambahan. Pembelajaran saat ini cenderung menggunakan media, mengharuskan peran guru sebagai fasilitator untuk merancang model pembelajaran yang mandiri dan mendukung pemahaman materi di dalam dan di luar kelas. Penggunaan komputer oleh pelajar tidak hanya sebatas untuk memperoleh informasi, melainkan juga sebagai alat untuk mengekspresikan kreativitas digital. Pandemi COVID-19 telah mengubah dinamika pembelajaran dengan pembatasan sosial, mengakibatkan penerapan metode pembelajaran daring. Sekolah Menengah Kejuruan Miftahul Huda Rawalo, dengan fokus pada ketrampilan multimedia, dihadapkan pada tantangan ini. Pelatihan komputer desain grafis dianggap sebagai strategi untuk mengembangkan keterampilan multimedia grafis siswa, memberikan mereka kemampuan untuk membuat dan merancang desain sesuai keinginan, sekaligus memenuhi kebutuhan dari lingkungan sekolah.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
D. Ramanta and F. D. Widayanti, “Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Kejuruan Putra Indonesia Malang pada Masa Pandemi COVID- 19,” Pros. Semin. Bimbing. dan Konseling, vol.1, no.2, 2020.
Dana, P. B., Wahyuni, D. S., Nengah, I., & Mertayasa, E. (2023). Pengembangan Konten Pembelajaran Interaktif Pada Materi Keselamatan Kerja Mata Pelajaran Sanitasi, Hygiene, Dan Keselamatan Kerja Di Kelas X Di Smk Negeri 2 Singaraja. In Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI) (Vol. 12, Issue 1).
Fadlil, A., Yudhana, A., Wijaya, S. A., Anggraini, F., & Marsaid, A. P. (2022). Pelatihan desain grafis dengan software photoshop sebagai peluang usaha bagi guru/siswa SMAN 3 Singingi Hilir. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 230. Https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i1.5066 W. Rahmalina, M. U. Gusteti, and E. Desmariani, “Pelatihan Membuat Video Pembelajaran Menarik Dengan Smartphone Pada Guru Adzkia,” J. Pengabdi. Masy
H. Putria, L. H. Maula, and D. A. Uswatun, “Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 4, no. 4, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i4.460
Lisnawita, L., Lucky Lhaura Van FC, & Musfawati. (2020). Pelatihan Desain grafis untuk meningkatkan kreatifitas siswa. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 231–235. Https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i2.3406
Putra, D. R. (2020). Pelatihan membuat infografis menggunakan adobe illustrator untuk kementrian PUPR. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPMIKP), 3(2), 54–59. Simarmata, F. T. A., Kasih, D. H., Yasmin, A., Yuswar, B. W., & Putri, R. A. (2021). Graphic design workshop to improve adolescent ability and creativity at Nurul Huda Mosque using Photoshop. Jurnal IPTEK Bagi Masyarakat, 1(2), 37–45.
Romadiana, P., Wahyuningsih, D., & Kirana, C. (2020). Pelatihan desain grafis bagi siswa sebagai pengembangan pengetahuan di bidang multimedia. Manajemen Informatika, 1(1), 33–36
Sucipto, S. (2017). Pengaruh Self-Regulated Learning Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Program Studi Ips Sma Negeri Di Kota Jombang. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(2), 236. Https://Doi.Org/10.26740/Jepk.V2n2.P236-250
Soleman, S., Pamungkas, W. W., & Kosaman, R. W. (2023). Pelatihan Desain Grafis Pada Kompetensi Keahlian Multimedia SMK Bintang Nusantara. Dedikasi?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 222–231. https://doi.org/10.53276/dedikasi.v2i1.56