Branding Produk pada UMKM di PMKM Prima Kudus dengan memanfaatkan aplikasi Canva
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
PMKM Prima merupakan salah satu organisasi UMKM yang berada di Kudus. UMKM yang tergabung di dalamnya 155 pelaku UMKM di daerah Kudus. Selama ini PMKM Prima telah membantu UMKM yang ada di Kudus dengan dukungan pelatihan serta pendampingan demi kemajuan UMKM di Kudus. Permasalahan yang sering dihadapi oleh mitra adalah branding dari produk hasil UMKM. Salah satunya adalah logo/ label/ promosi/ feed Instagram/ story dan sebagainya. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini yaitu UMKM dapat secara mandiri melakukan branding produk yang dihasilkan yaitu dengan memanfaatkan teknologi informasi melalui branding logo dan label menggunakan aplikasi Canva. target dari pengabdian ini meningkatkan performa dari UMKM yang didukung dengan branding yang baik agar promosi dan pemasaran produk bisa meningkat. Branding sebuah produk merupakan hal yang penting untuk meningkatkan kemajuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Branding produk dapat mengilustrasikan produk-produk yang dijual oleh UMKM tersebut, antara lain melalui logo, label, mockup dan lain sebagainya.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Abdul Kadir, Syahruni Junaid, Serliah Nur, and Marzuki Wahid Parmitasari, Nurdiyanah, Jarot Wahyudi. 2022. Metodologi Pengabdian Masyarakat. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Ainun, Nurul, Rian Maming, and Altri Wahida. 2023. “Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding Pada Umkm.” Jesya 6, no. 1: 674–81. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.967.
Claudia, Audriy, Ika Ayu Lestari, and M Yanuar Adzani Zuhry. 2022. “Perancangan Desain Logo Pada Cafe Agung.” E-ISSN 2961-9920 Volume 1, 2022 Hlm. 517-527 1: 517–27.
DISPERINDAGKOP. 2016. “Disnaker Perinkop Dan UKM Kabupaten Kudus.” 2016. https://disnakerperinkopukm.kuduskab.go.id/.
Lubis, Ihsan, Ahmad Zakir, and Fatma Wani Silitonga. 2021. “Optimalisasi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah ( UMKM ) Secara Online.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, no. September: 78–84.
Oscario, Angela. 2013. “Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Brand.” Humaniora 4, no. 1: 191. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i1.3429.
Pengabdian, Jurnal, Kepada Masyarakat, Yulia Sariwaty, Dini Rahmawati, Femi Oktaviani, and Ali Amran. 2019. “PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH ( UMKM ) CALIEF MELALUI IMPLEMENTASI KOMUNIKASI.” Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 1: 218–24. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/view/4607.
Sany Tifani Yenata, F Anita Hermawati. 2014. “Pengaruh Tingkat Keterkaitan Pada Desain Logo Dan Nama Merek Terhadap Brand Image.”
Suci, Yuli Rahmini. 2008. “Perkembangan Umkm (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Di Indonesia.” UU No. 20 Tahun 2008, no. 1: 1–31.