Branding Produk pada UMKM di PMKM Prima Kudus dengan memanfaatkan aplikasi Canva

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Tri Listyorini
Endang Supriyati
Mohammad Iqbal

Abstract

PMKM Prima merupakan salah satu organisasi UMKM yang berada di Kudus. UMKM yang tergabung di dalamnya 155 pelaku UMKM di daerah Kudus. Selama ini PMKM Prima telah membantu UMKM yang ada di Kudus dengan dukungan pelatihan serta pendampingan demi kemajuan UMKM di Kudus. Permasalahan yang sering dihadapi oleh mitra adalah branding dari produk hasil UMKM. Salah satunya adalah logo/ label/ promosi/ feed Instagram/ story dan sebagainya. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini yaitu UMKM dapat secara mandiri melakukan branding produk yang dihasilkan yaitu dengan memanfaatkan teknologi informasi melalui branding logo dan label menggunakan aplikasi Canva. target dari pengabdian ini meningkatkan performa dari UMKM yang didukung dengan branding yang baik agar promosi dan pemasaran produk bisa meningkat. Branding sebuah produk merupakan hal yang penting untuk meningkatkan kemajuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Branding produk dapat mengilustrasikan produk-produk yang dijual oleh UMKM tersebut, antara lain melalui logo, label, mockup dan lain sebagainya.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Tri Listyorini, Endang Supriyati, & Mohammad Iqbal. (2024). Branding Produk pada UMKM di PMKM Prima Kudus dengan memanfaatkan aplikasi Canva. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 380-386. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i2.1620

References

Agus Afandi, Nabiela Laily, Noor Wahyudi, Muchammad Helmi Umam, Mutmainnah Sudirman Ridwan Andi Kambau, Siti Aisyah Rahman, Rika Dwi Ayu Jamilah, Nurhira
Abdul Kadir, Syahruni Junaid, Serliah Nur, and Marzuki Wahid Parmitasari, Nurdiyanah, Jarot Wahyudi. 2022. Metodologi Pengabdian Masyarakat. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Ainun, Nurul, Rian Maming, and Altri Wahida. 2023. “Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding Pada Umkm.” Jesya 6, no. 1: 674–81. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.967.
Claudia, Audriy, Ika Ayu Lestari, and M Yanuar Adzani Zuhry. 2022. “Perancangan Desain Logo Pada Cafe Agung.” E-ISSN 2961-9920 Volume 1, 2022 Hlm. 517-527 1: 517–27.
DISPERINDAGKOP. 2016. “Disnaker Perinkop Dan UKM Kabupaten Kudus.” 2016. https://disnakerperinkopukm.kuduskab.go.id/.
Lubis, Ihsan, Ahmad Zakir, and Fatma Wani Silitonga. 2021. “Optimalisasi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah ( UMKM ) Secara Online.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, no. September: 78–84.
Oscario, Angela. 2013. “Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Brand.” Humaniora 4, no. 1: 191. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i1.3429.
Pengabdian, Jurnal, Kepada Masyarakat, Yulia Sariwaty, Dini Rahmawati, Femi Oktaviani, and Ali Amran. 2019. “PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH ( UMKM ) CALIEF MELALUI IMPLEMENTASI KOMUNIKASI.” Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 1: 218–24. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/view/4607.
Sany Tifani Yenata, F Anita Hermawati. 2014. “Pengaruh Tingkat Keterkaitan Pada Desain Logo Dan Nama Merek Terhadap Brand Image.”
Suci, Yuli Rahmini. 2008. “Perkembangan Umkm (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Di Indonesia.” UU No. 20 Tahun 2008, no. 1: 1–31.