Pendampingan Pengisian E-Filling Bersama Relawan Pajak untuk Meningkatkan Literasi Digital di Kelurahan Potrobangsan Magelang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ari Nurul Fatimah
Diah Agustina Prihastiwi

Abstract

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai pengetahuan dan penerapan e-filling pajak. Kondisi saat ini Masyarakat Potrobangsan masih banyak yang belum menerapkan e-filling pajak dalam kewajiban pelaporan SPT (Surat Pemberitahuan). Hal tersebut menyebabkan kesadaran dan kepatuhan pajak dalam pelaporan pajak belum maksimal. Berdasarkan hal tersebut, pengabdian ini akan memberikan pelatihan sekaligus pemahaman mengenai e-filling pajak yang nantinya akan meningkatkan kesadaran dan kepatuhan pajak terutama di Kota Magelang. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu analisis situasi daerah setempat, melakukan pelatihan dan pendampingan, selanjutnya monitoring. Hasil dari kegiatan pengabdian ini yaitu peningkatan pemahaman terkait penggunaan e-filling dalam pelaporan pajak dengan memberikan materi e-filling. Kemudian pemahaman terkait peran relawan pajak dalam penerapan e-filling dibuktikan dengan adanya tanya jawab dengan peserta. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian ini, Masyarakat menjadi paham mengenai e-filling dan apabila ada terkait dengan kasus kasus tertentu.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ari Nurul Fatimah, & Diah Agustina Prihastiwi. (2024). Pendampingan Pengisian E-Filling Bersama Relawan Pajak untuk Meningkatkan Literasi Digital di Kelurahan Potrobangsan Magelang. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(3), 684-692. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i3.1649

References

Afandi, A., Lally Nabiella, Wahyudi, N., Wahyudi, J., & Wahid Marzuki. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. In Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam.
Agriyanto, R., Istiariani, I., Ningsih, T. W., & Sulistyowati, N. (2022). Peran Relawan Pajak dalam Upaya Pendampingan Pelaporan Pajak di KPP Pratama Kudus. Panrita Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 235–243.
Chamalinda, K. N. L., & Kusumawati, F. (2021). Potret Pelaporan SPT Tahunan melalui E-Filing pada Masa Pandemi Covid-19. InFestasi, 17(2), Inpres. https://doi.org/10.21107/infestasi.v17i2.11517
Dewi, R. R., Siddi, P., & Titisari, K. H. (2020). Pendampingan Kepada Wajib Pajak Dalam Pelaporan Spt Menuju Kepatuhan Pembayaran Pajak Orang Pribadi. JURNAL CEMERLANG : Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 98–108. https://doi.org/10.31540/jpm.v2i2.612
Dwianika, A., Nurhidayah, F., Sofiia, I., Wisnantiasri, S., Fitria, A., Syahrial, A., & Rahmawati, E. (2021). Pelayanan Wajib Pajak Oleh Relawan Pajak. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (SEMBADHA) 2021, 2(1), 370–371.
Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
Novita, E., Asikin, Z. I., Khasanah, U., & Jauhary, A. (2022). Peran Relawan Pajak Dalam Proses Pelayanan SPT Tahunan di Masa Pandemi PENDAHULUAN Pajak punggung merupakan pendapatan tulang negara melak-sanakan kewajiban perpa- lam pelaksanaan pembangunan . Tingkat kepatuhan WP yang ren- dah akan menimbulkan selisih a. Jurnal Abdi Masyarakat, 7(2), 151–161.
Rustan, R., Qalbi, S. A., & Rusyidi, M. (2021). Penerapan Pelaporan Pajak Menggunakan E-Filing. Amnesty: Jurnal Riset Perpajakan, 3(1), 39–46. https://doi.org/10.26618/jrp.v3i1.3410
Shelvi. (2019). Pengaruh Implementasi E-filing terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Majalaya. Jurnal Administrasi Bisnis, 15(2), 117–128. https://doi.org/10.26593/jab.v15i2.5063.117-128
Syah, R., Darmawan, D., & Purnawan, A. (2019). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Literasi Digital. Jurnal AKRAB, 10(2), 60–69. https://doi.org/10.51495/jurnalakrab.v10i2.290