Discrabble: Permainan Kata Sebagai Media Literasi Penerapan Karakter Pancasila Melalui Merdeka Belajar yang Interaktif Bagi Anak Disleksia

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nickyta Yudhisaputri
Dian Novita Sari
Sayidatun Nisa Sunjaya
Salha Hamidah
Muhamad Arzak Hidayatullah
Rusiana Rusiana

Abstract

Kemajuan bangsa dilihat dari kualitas sumber daya manusianya. Kegiatan membaca merupakan salah satu aspek penting dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia. Berdasarkan Program for International Student Assessment (PISA) tahun 2019, Indonesia berada di peringkat 72 dari 77 dengan tingkat literasi rendah. Pada kondisi khusus, anak mengalami ketidakmampuan belajar akibat kesulitan membaca dan menulis yang disebabkan oleh gangguan otak dalam memproses informasi yang diterima yang dikenal dengan istilah disleksia. Hal ini memerlukan perlakuan khusus melalui memori kerja. Seperti yang terjadi di Sekolah Disleksia Cendekia Kudus ditemukan kemampuan membaca siswa yang rendah dan hiperaktif. Namun guru kesulitan menyediakan media yang sesuai dengan kebutuhan dan pembelajaran siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diperlukan solusi melalui Discrabble: Permainan Kata Sebagai Media Literasi Penerapan Karakter Pancasila melalui Kebebasan Belajar Interaktif di Sekolah Disleksia Cendekia Kudus. Program dilaksanakan selama 5 bulan dengan tahapan analisis masalah, persiapan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi. Keberhasilan program terlihat dari persentase peningkatan pada setiap indikator seperti semangat 50%, pembelajaran interaktif dan bervariasi 73%, fokus siswa selama pembelajaran 42%, pemahaman siswa dalam membaca 60%, dan penerapan karakter Pancasila 64%, kreativitas guru dalam membuat media 50%.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nickyta Yudhisaputri, Dian Novita Sari, Sayidatun Nisa Sunjaya, Salha Hamidah, Muhamad Arzak Hidayatullah, & Rusiana, R. (2024). Discrabble: Permainan Kata Sebagai Media Literasi Penerapan Karakter Pancasila Melalui Merdeka Belajar yang Interaktif Bagi Anak Disleksia. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 307- 319. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i1.1683

References

Dafit, F. dan Ramadan, Z. H. 2020. Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 4(4): 1429–1437.

Haifa, N., Mulyadiprana, A. dan Respati, R. 2020. Pengenalan Anak Pengidap Disleksia. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 7(2): 21–32.

Idhamani, A. P. 2020. Dampak Teknologi Informasi terhadap Minat
Baca Siswa. UNILIB?: Jurnal Perpustakaan. 11(1): 35-41.

Jodhie, D. 2019. Metode Fonik Berbantuan Media Scrabble Untuk Pembelajaran Membaca Permulaan Pada Anak Berkesulitan Membaca.

Kemdikbud. 2020. Pengembangan Keterampilan Literasi dan Penumbuhan Karakter Pada Peserta Didik Sebagai Calon Entrepreuner. URL:
http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/pengembangan-keterampilanliterasi-dan-penumbuhan-karakter-pada-peserta-didik-sebagai-calonenterpreuner. Diakses tanggal 14 Februari 2023.

Kurnia, T. 2019. Skor Terbaru PISA: Indonesia Merosot di Bidang Membaca,
Sains, dan Matematika. LIPUTAN6. URL: https://www.liputan6.com/global/read/4126480/skor-terbaru-pisa-indonesiamerosot-di-bidang-membaca-sains-dan-matematika. Diakses tanggal 14 Februari 2023.

Raharjo, T. 2017. Meta-Analisis: Working Memory dan Literasi Pada Anak Disleksia. Jurnal Psikologi Insight Departemen Psikologi. 1(1): 1–13.

Syahroni, I., Rofiqoh, W., dan Latipah, D. E. (2021). Ciri-Ciri Disleksia Pada Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati. 8(2): 62–77.

Ansori. (2015). JURNAL STIE SEMARANG, VOL 4, NO 3, Edisi Oktober 2012 (ISSN?: 2252-7826) DISLEKSIA. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), 49–58.
Haifa, N., Mulyadiprana, A., & Respati, R. (2020). Pengenalan Ciri Anak Pengidap Disleksia. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 21–32. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.25035
Rahmat, S. S., & Khairuddin, K. F. (2023). Strategi Daya Tindak Pelajar Berkeperluan Khas Spesifik Disleksia Terhadap Tekanan Emosi. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 8(7), e002227. https://doi.org/10.47405/mjssh.v8i7.2227
Sulistiyanto, S., Saprudin, U., & Devani, F. T. (2023). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Autoimun dengan Metode Certainty Factor. Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer, 9(2), 910–918. https://doi.org/10.37012/jtik.v9i2.1674
Susanto, D. (2013). Jurnal Progresif. Penerapan Metode Marketing Mix 7P Untuk Perumusan Strategi Pemasaran Jasa, 9, 919–930.
Syaputri, A. D., & Ritonga, F. U. (2023). Penggunaan Teknik Multisensori Untuk Mengatasi Disleksia Atau Gangguan Dalam Kesulitan Membaca Pada Siswa. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 168–171. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5871%0Ahttps://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/download/5871/2727

Tanfidiyah, N. dan Utama, F. 2019. Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita. GOLDEN AGE: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. 4(3): 9–18.

Ansori. (2015). JURNAL STIE SEMARANG, VOL 4, NO 3, Edisi Oktober 2012 (ISSN?: 2252-7826) DISLEKSIA. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), 49–58.
Haifa, N., Mulyadiprana, A., & Respati, R. (2020). Pengenalan Ciri Anak Pengidap Disleksia. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 21–32. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.25035
Rahmat, S. S., & Khairuddin, K. F. (2023). Strategi Daya Tindak Pelajar Berkeperluan Khas Spesifik Disleksia Terhadap Tekanan Emosi. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 8(7), e002227. https://doi.org/10.47405/mjssh.v8i7.2227
Sulistiyanto, S., Saprudin, U., & Devani, F. T. (2023). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Autoimun dengan Metode Certainty Factor. Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer, 9(2), 910–918. https://doi.org/10.37012/jtik.v9i2.1674
Susanto, D. (2013). Jurnal Progresif. Penerapan Metode Marketing Mix 7P Untuk Perumusan Strategi Pemasaran Jasa, 9, 919–930.
Syaputri, A. D., & Ritonga, F. U. (2023). Penggunaan Teknik Multisensori Untuk Mengatasi Disleksia Atau Gangguan Dalam Kesulitan Membaca Pada Siswa. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 168–171. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5871%0Ahttps://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/download/5871/2727