Pemanfaatan Usaha Jasa Jahit Jilbab dan Aksesoris Kain Dari Sisa Kain Perca dalam Mengurangi Limbah Kain

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nurul Alfira Sari
Muhammad Kurniawan
Ade Qamariah
Kia Putri Wardani
Awaluddin Passangga
Sapar

Abstract

Program Kreativitas Mahasiswa-Kewirausahaan (PKM-K) difokuskan pada pengembangan usaha jasa jahit jilbab dan aksesoris dari kain perca, mendorong mahasiswa untuk berinovasi dan berwirausaha dalam industri fashion. Program ini tidak hanya mengadopsi motif-motif budaya lokal yang sesuai dengan ajaran Islam tetapi juga menciptakan produk yang ekonomis dan menarik secara visual. Hasil program yaitu input, melakukan survei pasar untuk mengetahui kondisi pasar. Selanjutnya adalah studi kelayakan terhadap usaha yang akan dijalankan. Tahap terakhir adalah pemilihan bahan dan penyediaan tempat serta sarana dan prasarana untuk menunjang proses produksi. Proses (produksi), proses pembuatan jilbab dan aksesoris kain mulai dari persiapan bahan dan alat sampai jilbab dan aksesoris kain siap dipasarkan. Output, yaitu hasil kreatifitas jilbab dan aksesoris kain  yang siap dipasarkan kepada konsumen. Yang terakhir adalah evaluasi,  tahapan ini dilaksanakan pada saat produksi jasa jahit jilbab dan aksesoris kain telah selesai dilakukan. Kesimpulannya, PKM-K berhasil mengintegrasikan konsep kewirausahaan dengan praktik yang memungkinkan mahasiswa memanfaatkan sisa material untuk produk yang berdaya jual tinggi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nurul Alfira Sari, Muhammad Kurniawan, Ade Qamariah, Kia Putri Wardani, Awaluddin Passangga, & Sapar. (2024). Pemanfaatan Usaha Jasa Jahit Jilbab dan Aksesoris Kain Dari Sisa Kain Perca dalam Mengurangi Limbah Kain . JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(4), 1056-1066. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i4.1735

References

Aslamiyah, S., Rahayu, M., & Djawahir, A. H. (2018). Peranan Perubahan Budaya Berjilbab Dalam Implementasi Strategi Dan Efeknya Terhadap Kinerja Bisnis Pada Usaha Kecil Jilbab. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(1), 9–25. https://doi.org/10.26905/jmdk.v6i1.2151
Darmawati H. (2020). Paham dan Sikap Keagamaan Siswi Terhadap Kewajiban Hijab/Jilbab: Studi Perbandingan SMA dan MAN di Kota Makassar. Jurnal Aqidah-Ta, VI(1).
Fauzi, I., & Harap, D. (2023). Pemanfaatan Limbah Kain Perca Menjadi Produk Yang Mempunyai Nilai Jualsd 100105 Aek Lubuk Parsalakan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), 5(1), 23. https://doi.org/10.51933/jpma.v5i1.960
Jun, S., Yoyok, S., Sanaji, & Chendra, W. S. (2020). Antecedents of Consumer Buying Intention on the Products of Hijab SMEs in Gresik. HOLISTICA – Journal of Business and Public Administration, 11(1), 1–12. https://doi.org/10.2478/hjbpa-2020-0001
Khalil, M. I. I., & Thahir, A. H. (2021). Ḥijāb Dan Jilbab Perspektif Asma Barlas Dan Posisinya Dalam Tipologi Tafsir Kontemporer Sahiron Syamsuddin. Qof, 5(1), 75–88. https://doi.org/10.30762/qof.v5i1.3730
Khan, Y., Afridi, F. e A., Ahmad, W., & Awan, S. H. (2022). The Hijab Consumer Attitude toward Hijab Fashion Brand: A Case of the Developing Country. Journal of Social Sciences Review, 2(4), 125–137. https://doi.org/10.54183/jssr.v2i4.63
Khoiriah, N., & Ningsih, D. (2023). Praxis : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan Pembuatan Bros Jilbab dari Kain Perca pada Ibu – Ibu Rumah Tangga Kelurahan Pondok Benda. 3(1), 101–107.
Martiningsih, E., Adiaksa, A., Universitas, D., Denpasar, M., Politeknik, D., & Bali, N. (2017). Alternatif Pewarnaan Pada Kain Tradisional Endek Issn : 1979-0953. 10(2), 26–31.
Putu Silvia Marcelina, Yosephine Jessica Teyseran, & Catharina Aprilia Hellyani. (2023). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Pada Konsumen Indonesia. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 3(2), 252–262. https://doi.org/10.55606/jimek.v3i2.1805
Rukiah, Y. (2016). FESYEN SEBAGAI GAYA HIDUP MASYARAKAT KOTA Studi Kasus: Gaya Hijabers Community. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa Dan Desain, 1(2), 165–174. https://doi.org/10.25105/jdd.v1i2.1358
Shin, J., Lew, Y. K., & Seo, M. (2023). Between Fashion and Piety: Hijab Influencers and Religious Communities in the Consumer Socialization of Indonesian Muslims. Clothing and Textiles Research Journal, July. https://doi.org/10.1177/0887302X231191238
Sidorahayu, L. E. S. D., & Desa, L. E. S. (2021). Pemanfatan-Pemanfaatan Usaha Bernilai. V(2).
Surakarta, S. (2019). WASANA NYATA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat ISSN : 2580-8443 ( online ) WASANA NYATA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat ISSN : 2580-8443 ( online ). 3(1), 43–47.
Vikaliana, R., & Andayani, A. (2018). Social Entrepreneurship: Kewirausahaan Perempuan di Bogor melalui Pengolahan Kain Perca Limbah Konveksi menjadi Aksesoris. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 3(2), 323–329. https://doi.org/10.21067/jpm.v3i2.2864
Zayudi, Z., & Adi Candra, J. (2021). Analisis Praktek Jual Beli Online Di Toko Barokah Hijab Prabumulih Dalam Perspektif Fiqih Muamalat. ADL ISLAMIC ECONOMIC : Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 2(2), 121–142. https://doi.org/10.56644/adl.v2i2.28