Pemanfaatan Usaha Jasa Jahit Jilbab dan Aksesoris Kain Dari Sisa Kain Perca dalam Mengurangi Limbah Kain
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Program Kreativitas Mahasiswa-Kewirausahaan (PKM-K) difokuskan pada pengembangan usaha jasa jahit jilbab dan aksesoris dari kain perca, mendorong mahasiswa untuk berinovasi dan berwirausaha dalam industri fashion. Program ini tidak hanya mengadopsi motif-motif budaya lokal yang sesuai dengan ajaran Islam tetapi juga menciptakan produk yang ekonomis dan menarik secara visual. Hasil program yaitu input, melakukan survei pasar untuk mengetahui kondisi pasar. Selanjutnya adalah studi kelayakan terhadap usaha yang akan dijalankan. Tahap terakhir adalah pemilihan bahan dan penyediaan tempat serta sarana dan prasarana untuk menunjang proses produksi. Proses (produksi), proses pembuatan jilbab dan aksesoris kain mulai dari persiapan bahan dan alat sampai jilbab dan aksesoris kain siap dipasarkan. Output, yaitu hasil kreatifitas jilbab dan aksesoris kain yang siap dipasarkan kepada konsumen. Yang terakhir adalah evaluasi, tahapan ini dilaksanakan pada saat produksi jasa jahit jilbab dan aksesoris kain telah selesai dilakukan. Kesimpulannya, PKM-K berhasil mengintegrasikan konsep kewirausahaan dengan praktik yang memungkinkan mahasiswa memanfaatkan sisa material untuk produk yang berdaya jual tinggi.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Darmawati H. (2020). Paham dan Sikap Keagamaan Siswi Terhadap Kewajiban Hijab/Jilbab: Studi Perbandingan SMA dan MAN di Kota Makassar. Jurnal Aqidah-Ta, VI(1).
Fauzi, I., & Harap, D. (2023). Pemanfaatan Limbah Kain Perca Menjadi Produk Yang Mempunyai Nilai Jualsd 100105 Aek Lubuk Parsalakan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), 5(1), 23. https://doi.org/10.51933/jpma.v5i1.960
Jun, S., Yoyok, S., Sanaji, & Chendra, W. S. (2020). Antecedents of Consumer Buying Intention on the Products of Hijab SMEs in Gresik. HOLISTICA – Journal of Business and Public Administration, 11(1), 1–12. https://doi.org/10.2478/hjbpa-2020-0001
Khalil, M. I. I., & Thahir, A. H. (2021). Ḥijāb Dan Jilbab Perspektif Asma Barlas Dan Posisinya Dalam Tipologi Tafsir Kontemporer Sahiron Syamsuddin. Qof, 5(1), 75–88. https://doi.org/10.30762/qof.v5i1.3730
Khan, Y., Afridi, F. e A., Ahmad, W., & Awan, S. H. (2022). The Hijab Consumer Attitude toward Hijab Fashion Brand: A Case of the Developing Country. Journal of Social Sciences Review, 2(4), 125–137. https://doi.org/10.54183/jssr.v2i4.63
Khoiriah, N., & Ningsih, D. (2023). Praxis : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan Pembuatan Bros Jilbab dari Kain Perca pada Ibu – Ibu Rumah Tangga Kelurahan Pondok Benda. 3(1), 101–107.
Martiningsih, E., Adiaksa, A., Universitas, D., Denpasar, M., Politeknik, D., & Bali, N. (2017). Alternatif Pewarnaan Pada Kain Tradisional Endek Issn : 1979-0953. 10(2), 26–31.
Putu Silvia Marcelina, Yosephine Jessica Teyseran, & Catharina Aprilia Hellyani. (2023). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Pada Konsumen Indonesia. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 3(2), 252–262. https://doi.org/10.55606/jimek.v3i2.1805
Rukiah, Y. (2016). FESYEN SEBAGAI GAYA HIDUP MASYARAKAT KOTA Studi Kasus: Gaya Hijabers Community. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa Dan Desain, 1(2), 165–174. https://doi.org/10.25105/jdd.v1i2.1358
Shin, J., Lew, Y. K., & Seo, M. (2023). Between Fashion and Piety: Hijab Influencers and Religious Communities in the Consumer Socialization of Indonesian Muslims. Clothing and Textiles Research Journal, July. https://doi.org/10.1177/0887302X231191238
Sidorahayu, L. E. S. D., & Desa, L. E. S. (2021). Pemanfatan-Pemanfaatan Usaha Bernilai. V(2).
Surakarta, S. (2019). WASANA NYATA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat ISSN : 2580-8443 ( online ) WASANA NYATA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat ISSN : 2580-8443 ( online ). 3(1), 43–47.
Vikaliana, R., & Andayani, A. (2018). Social Entrepreneurship: Kewirausahaan Perempuan di Bogor melalui Pengolahan Kain Perca Limbah Konveksi menjadi Aksesoris. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 3(2), 323–329. https://doi.org/10.21067/jpm.v3i2.2864
Zayudi, Z., & Adi Candra, J. (2021). Analisis Praktek Jual Beli Online Di Toko Barokah Hijab Prabumulih Dalam Perspektif Fiqih Muamalat. ADL ISLAMIC ECONOMIC : Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 2(2), 121–142. https://doi.org/10.56644/adl.v2i2.28