Customer Relationship Management yang Berkelanjutan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Harini Setyawati

Abstract

CRM (Customer Relationship Management) is a new approach to managing the relationship between companies and business customers, aiming to maximize communication, marketing, and added value for customers. By integrating company policies, processes, and strategies, CRM enables effective interaction with customers and management of customer information. The implementation of CRM typically utilizes information technology to attract and retain profitable customers. The primary objective of CRM in business is to enhance relationships with existing customers and provide comprehensive information to increase sales through up-selling and cross-selling, ultimately aiming to boost company profits.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Setyawati, H. (2024). Customer Relationship Management yang Berkelanjutan. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(3), 881-888. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i3.1745

References

Aisah, N., & Sudaryanto, B. (2022). Analisis Pengaruh Customer Relationship Management Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pengguna Go-Pay Pada Aplikasi Go-Jek Di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 11(5).
Aisah, N., & Sudaryanto, B. (2022). Analisis Pengaruh Customer Relationship Management Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pengguna Go-Pay Pada Aplikasi Go-Jek Di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 11(5).
Al Arif, M. N. R., & Nurasiah, T. (2015). Customer relationship management dan pengaruhnya terhadap loyalitas nasabah bank: Studi pada Bank Muamalat Indonesia. Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 5(1).
Alam, I. N. (2023). Pengaruh manajemen rantai pasok berkelanjutan terhadap kinerja organisasi yang dimediasi manajemen hubungan pelanggan dan keunggulan kompetitif pada perusahaan otomotif. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 3(2), 230-252.
Arif, S. (2021). Strategi Diferensiasi Produk, Inovasi Produk dan Customer Relationship Management melalui Keunggulan Bersaing (Competitive Advantage) Berkelanjutan sebagai variabel mediasi terhadap Marketing Performance Produk Lokal UMKM jenis pangan Kota Ternate (Doctoral dissertation, Universitas Khairun).
Chadiq, U. (2015). Customer Relationship Management (CRM): Pilihan Strategi untuk Meraih Keunggulan Bersaing. Dharma Ekonomi, 18(33).
Dinata, B. M., Wahyudi, S., & Yuniawan, A. (2016). PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT SEBAGAI KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN GUNA MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN Studi pada Bengkel Resmi Toyota Jawa Tengah dan Jogja (Doctoral dissertation, Diponegoro University).
Ginting, A. P., Giantari, I. G. A. K., & Sudiksa, I. B. (2020). Peran keunggulan bersaing dalam memediasi customer relationship management terhadap kinerja pemasaran (Studi kasus pada bank perkreditan rakyat se-Provinsi Bali) (Doctoral dissertation, Udayana University).
Indah, D. P. (2013). Analisa pengaruh customer relationship management terhadap keunggulan bersaing dan kinerja perusahaan. Business Accounting Review, 1(2), 50-60.
Pratama, F. C. (2019). Customer Relationship Management Sebagai Strategi Mencapai Keunggulan Bersaing Berkelanjutan Penggilingan Padi. Ekonomi Bisnis, 24(2), 80-87.
Sirait, D. P. (2018). Pengaruh Customer Relationship Management Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan: The Effect of Relationship Management and Service Quality on Customer Satisfaction. Digest Marketing, 3(1), 79-85.
Yuniawan, A. (2016). Peer Review: Penerapan Teknologi Informasi Dan Customer Relationship Management Sebagai Keunggulan Bersaing Berkelanjutan Guna Meningkatkan Kinerja Perusahaan.