Workshop Kewirausahaan Dalam Membuat Iklan Digital yang Inovatif menggunakan Canva
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Brand Awareness dapat dibangun dengan memanfaatkan media digital yang memiliki tingkat keakuratan target pasar atau market yang tinggi. Pelaksanaan pengabdian ini bertujuan untuk melatih keterampilan tenant untuk membuat iklan digital yang inovatif dengan menggunakan Canva. Tahapan kegiatan pengabdian yaitu observasi awal, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan diikuti oleh 5 tenan wirausaha muda yang terdiri dari Bengkel Autoscar, Bengkel F Project, Nakama Thropy, Dman Wash, dan Randhy Move. Hasil menunjukan bahwa peserta dapat membuat iklan inovatif berbasis digital yang sesuai dengan platform promosi. Narasumber memberikan masukan dari setiap desain yang telah dibuat oleh peserta. Masukan tersebut berkmaksud untuk menguatkan digital promosi usaha setiap tenan. Harapanya kedepan, para tenan dapat mengimplementasikan kaidah-kaidah dalam membuat iklan yang inovatif pada kegiatan promosi berbasis digital serta dapat meningkatkan brand awareness daripada usaha yang telah dijalankan. Selain itu, dampak yang diharapkan adalah dapat meningkatkan daya tarik konsumen melalui promosi di platform digital dengan memanfaatkan fitur ads.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Abdurrahman Abdurrahman, Andri Setiyawan, Lelu Dina Apristia, Sarwi Asri, Doni Yusuf F, Rizal Alvindo, & Muhammad Syamsuddin N.I. (2022). Pelatihan Perawatan Kendaraan Dengan Aplikasi Smart Service Untuk Driver Online Di Kota Semarang. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(9), 1667–1672. Https://Bajangjournal.Com/Index.Php/Jpm/Article/View/3536
Adawiyah, R. (N.D.). Pengaruh Transformasi Digital Dan Bisnis Online Terhadap Pola Perilaku Masyarakat Ciputat Timur. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 9(1).
Anoraga, P. (2004). Manajemen Bisnis. Rineka Cipta.
Barokah, A. (2023). Strategi Marketing Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan (Studi Kasus Pondok Pesantren Raudhatul Mujawwidin Kec. Rimbo Bujang Kab. Tebo). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 4(4).
Darsono, F. B., Setiyawan, A., Syafei, M. H. G., Wibisono, U. M., Arjuna, S. D., Iman, M. S. N., & Abdurrahman, A. (2023). Pengembangan Young Technopreneur Unnes Melalui Pengelolaan Usaha Berbasis Digital Entrepreneur. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(3), 2092–2096.
Gustafson, T., & Chabot, B. (2007). Brand Awareness. Cornell Maple Bulletin 105 , 105.
Kusawara, R. (2007). Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa. Trans Media Pustaka.
Malik, M. E., Ghafoor, M. M., & Iqbal, H. K. (2013). Importance Of Brand Awareness And Brand Loyalty In Assessing Purchase Intentions Of Consumer. International Journal Of Business And Social Science, 4(5), 167–171.
Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108. Https://Doi.Org/10.24198/Kumawula.V4i1.32361
Santiko, I., & Albana, I. (2023). Strategi Peningkatan Kemampuan Marketing Melalui Sosial Media Pada Umkm Bangkit Wilayah Banyumas. Journal Of Sustainable Communities And Development, 1(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.51519/Journalscd.V1i1.218
Setiyawan, A., & Sunyoto. (2020). 50 Succes Story Wirausahawan Nasional Dan Internasional?: Mata Kuliah Kewirausahaan?: Suplemen Bahan Ajar.
Shobaruddin, M. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di Kota Malang Melalui Literasi Informasi. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 8(2), 151. Https://Doi.Org/10.24198/Jkip.V8i2.26141
Sunyoto, S., & Setiyawan, A. (2021). Entrepreneurship Education In Vocational Schools In Indonesia. In Education At The Intersection Of Globalization And Technology. Intechopen.
Yee, W. F., & Sidek, Y. (2008). Influence Of Brand Loyalty On Consumer Sportswear. Int. Journal Of Economics And Management, 2(2), 221–236.