Workshop Kewirausahaan Dalam Membuat Iklan Digital yang Inovatif menggunakan Canva

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Khoirul Huda
Andri Setiyawan
Ahmad Mujaki
Habib Ja'far Nuur
Dwi Firman Arizudin
Bagus Isnen

Abstract

Brand Awareness dapat dibangun dengan memanfaatkan media digital yang memiliki tingkat keakuratan target pasar atau market yang tinggi. Pelaksanaan pengabdian ini bertujuan untuk melatih keterampilan tenant untuk membuat iklan digital yang inovatif dengan menggunakan Canva. Tahapan kegiatan pengabdian yaitu observasi awal, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan diikuti oleh 5 tenan wirausaha muda yang terdiri dari Bengkel Autoscar, Bengkel F Project, Nakama Thropy, Dman Wash, dan Randhy Move. Hasil menunjukan bahwa peserta dapat membuat iklan inovatif berbasis digital yang sesuai dengan platform promosi. Narasumber memberikan masukan dari setiap desain yang telah dibuat oleh peserta. Masukan tersebut berkmaksud untuk menguatkan digital promosi usaha setiap tenan. Harapanya kedepan, para tenan dapat mengimplementasikan kaidah-kaidah dalam membuat iklan yang inovatif pada kegiatan promosi berbasis digital serta dapat meningkatkan brand awareness daripada usaha yang telah dijalankan. Selain itu, dampak yang diharapkan adalah dapat meningkatkan daya tarik konsumen melalui promosi di platform digital dengan memanfaatkan fitur ads.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Huda, K., Andri Setiyawan, Ahmad Mujaki, Habib Ja’far Nuur, Dwi Firman Arizudin, & Bagus Isnen. (2024). Workshop Kewirausahaan Dalam Membuat Iklan Digital yang Inovatif menggunakan Canva. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(3), 728- 736. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i3.1788

References

Aaker, D. A., & Keller, K. L. (1990). Consumer Evaluations Of Brand Extensions. Journal Of Marketing, 54(1), 27–41.
Abdurrahman Abdurrahman, Andri Setiyawan, Lelu Dina Apristia, Sarwi Asri, Doni Yusuf F, Rizal Alvindo, & Muhammad Syamsuddin N.I. (2022). Pelatihan Perawatan Kendaraan Dengan Aplikasi Smart Service Untuk Driver Online Di Kota Semarang. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(9), 1667–1672. Https://Bajangjournal.Com/Index.Php/Jpm/Article/View/3536
Adawiyah, R. (N.D.). Pengaruh Transformasi Digital Dan Bisnis Online Terhadap Pola Perilaku Masyarakat Ciputat Timur. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 9(1).
Anoraga, P. (2004). Manajemen Bisnis. Rineka Cipta.
Barokah, A. (2023). Strategi Marketing Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan (Studi Kasus Pondok Pesantren Raudhatul Mujawwidin Kec. Rimbo Bujang Kab. Tebo). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 4(4).
Darsono, F. B., Setiyawan, A., Syafei, M. H. G., Wibisono, U. M., Arjuna, S. D., Iman, M. S. N., & Abdurrahman, A. (2023). Pengembangan Young Technopreneur Unnes Melalui Pengelolaan Usaha Berbasis Digital Entrepreneur. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(3), 2092–2096.
Gustafson, T., & Chabot, B. (2007). Brand Awareness. Cornell Maple Bulletin 105 , 105.
Kusawara, R. (2007). Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa. Trans Media Pustaka.
Malik, M. E., Ghafoor, M. M., & Iqbal, H. K. (2013). Importance Of Brand Awareness And Brand Loyalty In Assessing Purchase Intentions Of Consumer. International Journal Of Business And Social Science, 4(5), 167–171.
Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108. Https://Doi.Org/10.24198/Kumawula.V4i1.32361
Santiko, I., & Albana, I. (2023). Strategi Peningkatan Kemampuan Marketing Melalui Sosial Media Pada Umkm Bangkit Wilayah Banyumas. Journal Of Sustainable Communities And Development, 1(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.51519/Journalscd.V1i1.218
Setiyawan, A., & Sunyoto. (2020). 50 Succes Story Wirausahawan Nasional Dan Internasional?: Mata Kuliah Kewirausahaan?: Suplemen Bahan Ajar.
Shobaruddin, M. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di Kota Malang Melalui Literasi Informasi. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 8(2), 151. Https://Doi.Org/10.24198/Jkip.V8i2.26141
Sunyoto, S., & Setiyawan, A. (2021). Entrepreneurship Education In Vocational Schools In Indonesia. In Education At The Intersection Of Globalization And Technology. Intechopen.
Yee, W. F., & Sidek, Y. (2008). Influence Of Brand Loyalty On Consumer Sportswear. Int. Journal Of Economics And Management, 2(2), 221–236.

Most read articles by the same author(s)