Kontribusi Sosial: Pertukaran Mahasiswa Merdeka Melalui Edukasi Edukasi Generasi Muda Tentang Pentingnya Menjaga Lingkungan Dengan Sosialisasi di Desa Jineng Dalem

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yossudarso
Fetriani

Abstract

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) adalah bagian dari Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. PMM memungkinkan mahasiswa mengikuti semester di perguruan tinggi lain di Indonesia. Universitas Pendidikan Ganesa menjadi tuan rumah bagi mahasiswa dari luar Bali melalui PMM, dengan fokus pada penguatan persatuan dalam keberagaman budaya Bali dan kearifan lokal melalui modul Nusantara. Implementasi PMM 4 di Universitas Pendidikan Ganesa mencatat kegiatan kontribusi sosial di Desa Jineng Dalem, Singaraja, Bali. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan dampak positif kepada anak-anak SD setempat, meningkatkan kesadaran lingkungan, dan memperkenalkan praktik pembuatan pupuk sederhana. Melalui edukasi, lomba, dan kegiatan seni, mahasiswa PMM 4 berupaya membangun kesadaran lingkungan pada generasi muda. Kegiatan ini menjadi contoh nyata dari upaya pendidikan non-formal yang menginspirasi masyarakat sekitar dan mendukung program MBKM untuk memperluas dampak positifnya pada masyarakat luas.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Yossudarso, & Fetriani. (2024). Kontribusi Sosial: Pertukaran Mahasiswa Merdeka Melalui Edukasi Edukasi Generasi Muda Tentang Pentingnya Menjaga Lingkungan Dengan Sosialisasi di Desa Jineng Dalem . JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(3), 747-755. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i3.1830

References

Anwar, R. N. (2022). Motivasi Mahasiswa Untuk Mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1106-1111.

Wulan, E. P. S., Saragi, N., Galingging, I., & Ambarita, M. K. (2023). Dampak Mata Kuliah Modul Nusantara Terhadap Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5959-5963.

Batau, S. H., Muliati, M., & Rampeng, R. (2022). Pertukaran mahasiswa merdeka inbound universitas bosowa: Peminat Sociolinguistics Meningkat. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 22(3), 567-577.
Azhari, S. C., Semararayasa, I. K., & Cahyani, N. L. P. R. (2023). Kontribusi Sosial Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 Undiksha di Panti Asuhan Miftahul’Ulum, Buleleng, Bali. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 140-145.

Kerina, Y., Sari, A. N., Kusmiarti, R., & Atmaja, L. K. (2023). KONTRIBUSI SOSIAL PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA DALAM PELESTARIAN EKOSISTEM MANGROVE DAN PENCEGAHAN ABRASI DI EKOWISATA PANTAI PARE MAS LOMBOK TIMUR. Jurnal Pengabdian Mandiri, 2(2), 663-672.

Gaol, F. Y. L., Saragih, D. S., Nababan, T. K., & Siagian, B. (2023). KONTRIBUSI SOSIAL PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA 2 DI DESA KARANGLIGAR: opsional. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3741-3745.

Simanjuntak, A. G., Hutasoit, J., Hutauruk, C., & Manurung, R. (2023). KONTRIBUSI SOSIAL PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA 2 UNDIKSA DI DESA PEDAWA BALI. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2).

Anggraini, S., Palupi, A., Hadi, K., & Arsyad, A. T. (2022). Analisis dampak program pertukaran pelajar merdeka belajar kampus merdeka terhadap mahasiswa internal. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial e-ISSN, 2745, 5920.

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (Fokus: model MBKM program studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195-205.

Novera, S. T., Ayesfi, I., Virqiyan, S., Rustinar, E., & Sakroni, S. (2023). Kontribusi Sosial Mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDN 03 Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Mandiri, 2(2), 797-808.
Hasan, M. S. R., & Aziz, A. (2023). Kontribusi Pendidikan Islam Dalam Pengembangan Sosial Emosional Peserta Didik Di MTs Salafiyah Syafiiyah Tebuireng Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 3(2), 143-159.

Firdaus, M. W., Hayati, M., & Nugroho, T. R. D. A. (2023). Peran dan kontribusi generasi muda dalam pembangunan pertanian indonesia: sebuah review. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 7(4).

Casika, A., Lidia, A., & Asbari, M. (2023). Pendidikan Karakter dan Dekadensi Moral Kaum Milenial. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(01), 13-19.

Emilia, H. (2022). Bentuk Dan Sifat Pengabdian Masyarakat Yang Diterapkan Oleh Perguruan Tinggi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 122-130.

Wati, I. F., Fitriyah, E., & Mahila, H. A. (2023). Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) UMM Melalui Pendampingan Belajar pada Anak-anak TK Dharma Wanita Persatuan 1 Sengkaling. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 3(1), 75-82.