Kontribusi Sosial: Pertukaran Mahasiswa Merdeka Melalui Edukasi Edukasi Generasi Muda Tentang Pentingnya Menjaga Lingkungan Dengan Sosialisasi di Desa Jineng Dalem
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) adalah bagian dari Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. PMM memungkinkan mahasiswa mengikuti semester di perguruan tinggi lain di Indonesia. Universitas Pendidikan Ganesa menjadi tuan rumah bagi mahasiswa dari luar Bali melalui PMM, dengan fokus pada penguatan persatuan dalam keberagaman budaya Bali dan kearifan lokal melalui modul Nusantara. Implementasi PMM 4 di Universitas Pendidikan Ganesa mencatat kegiatan kontribusi sosial di Desa Jineng Dalem, Singaraja, Bali. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan dampak positif kepada anak-anak SD setempat, meningkatkan kesadaran lingkungan, dan memperkenalkan praktik pembuatan pupuk sederhana. Melalui edukasi, lomba, dan kegiatan seni, mahasiswa PMM 4 berupaya membangun kesadaran lingkungan pada generasi muda. Kegiatan ini menjadi contoh nyata dari upaya pendidikan non-formal yang menginspirasi masyarakat sekitar dan mendukung program MBKM untuk memperluas dampak positifnya pada masyarakat luas.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Wulan, E. P. S., Saragi, N., Galingging, I., & Ambarita, M. K. (2023). Dampak Mata Kuliah Modul Nusantara Terhadap Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5959-5963.
Batau, S. H., Muliati, M., & Rampeng, R. (2022). Pertukaran mahasiswa merdeka inbound universitas bosowa: Peminat Sociolinguistics Meningkat. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 22(3), 567-577.
Azhari, S. C., Semararayasa, I. K., & Cahyani, N. L. P. R. (2023). Kontribusi Sosial Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 Undiksha di Panti Asuhan Miftahul’Ulum, Buleleng, Bali. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 140-145.
Kerina, Y., Sari, A. N., Kusmiarti, R., & Atmaja, L. K. (2023). KONTRIBUSI SOSIAL PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA DALAM PELESTARIAN EKOSISTEM MANGROVE DAN PENCEGAHAN ABRASI DI EKOWISATA PANTAI PARE MAS LOMBOK TIMUR. Jurnal Pengabdian Mandiri, 2(2), 663-672.
Gaol, F. Y. L., Saragih, D. S., Nababan, T. K., & Siagian, B. (2023). KONTRIBUSI SOSIAL PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA 2 DI DESA KARANGLIGAR: opsional. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3741-3745.
Simanjuntak, A. G., Hutasoit, J., Hutauruk, C., & Manurung, R. (2023). KONTRIBUSI SOSIAL PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA 2 UNDIKSA DI DESA PEDAWA BALI. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2).
Anggraini, S., Palupi, A., Hadi, K., & Arsyad, A. T. (2022). Analisis dampak program pertukaran pelajar merdeka belajar kampus merdeka terhadap mahasiswa internal. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial e-ISSN, 2745, 5920.
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (Fokus: model MBKM program studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195-205.
Novera, S. T., Ayesfi, I., Virqiyan, S., Rustinar, E., & Sakroni, S. (2023). Kontribusi Sosial Mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDN 03 Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Mandiri, 2(2), 797-808.
Hasan, M. S. R., & Aziz, A. (2023). Kontribusi Pendidikan Islam Dalam Pengembangan Sosial Emosional Peserta Didik Di MTs Salafiyah Syafiiyah Tebuireng Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 3(2), 143-159.
Firdaus, M. W., Hayati, M., & Nugroho, T. R. D. A. (2023). Peran dan kontribusi generasi muda dalam pembangunan pertanian indonesia: sebuah review. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 7(4).
Casika, A., Lidia, A., & Asbari, M. (2023). Pendidikan Karakter dan Dekadensi Moral Kaum Milenial. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(01), 13-19.
Emilia, H. (2022). Bentuk Dan Sifat Pengabdian Masyarakat Yang Diterapkan Oleh Perguruan Tinggi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 122-130.
Wati, I. F., Fitriyah, E., & Mahila, H. A. (2023). Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) UMM Melalui Pendampingan Belajar pada Anak-anak TK Dharma Wanita Persatuan 1 Sengkaling. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 3(1), 75-82.