Pendampingan Digital Marketing Communication untuk Memperluas Pemasaran Produk Batik dan Kerajinan pada Kelompok Wanita Tani Jasmine Padukuhan Nologaten

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

F. Rosalina Putri
Endah Tri Hastuti
Roma Suryanita Tambunsari
Siska Silvia
Yosi Ayu K
Anicetus Awur
Jesica G. B Guston
Rila Setyaningsih

Abstract

Kelompok Wanita Tani (KWT) Jasmine di desa menghasilkan produk batik yang mengalami penurunan pemasaran sejak pandemi COVID-19. Kurangnya pengetahuan tentang media sosial dan digital marketing menjadi penyebab utama. Sebagai bentuk pengabdian mahasiswa, kegiatan pemberdayaan dilakukan untuk membantu KWT Jasmine memaksimalkan pemasaran produk batiknya. Tim pemberdayaan mengenalkan media digital dan melatih konten, membantu anggota KWT memahami pemasaran digital. Metode yang digunakan adalah workshop dan pelatihan, terdiri dari dua sesi: penyampaian materi tentang komunikasi pemasaran digital dan pelatihan produksi konten videografi dan fotografi produk. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep dasar digital marketing serta kemampuan menggunakan platform media sosial. Setelah program, anggota KWT Jasmine perlahan memahami dan memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran digital produk batik mereka

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
F. Rosalina Putri, Endah Tri Hastuti, Roma Suryanita Tambunsari, Siska Silvia, Yosi Ayu K, Anicetus Awur, Jesica G. B Guston, & Rila Setyaningsih. (2024). Pendampingan Digital Marketing Communication untuk Memperluas Pemasaran Produk Batik dan Kerajinan pada Kelompok Wanita Tani Jasmine Padukuhan Nologaten. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(3), 812- 822. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i3.1834

References

du Plessis, C. (2022). A Scoping Review of the Effect of Content Marketing on Online Consumer Behavior. SAGE Open, 12(2). https://doi.org/10.1177/21582440221093042
Extefani Esperansa Tanamal, F., Fajarwati, D., & Putranto Hadi, D. (2022). Analisis Pengaruh Brand Engagement Dan Brand Love Terhadap Brand Equity Dan Purchase Intention Handphone Merek Samsung. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 1(12), 2739–2752. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i12.426
Komalasari, D. (2021). Buku Ajar Digital Marketing. In Buku Ajar Digital Marketing. https://doi.org/10.21070/2021/978-623-6081-38-9
Koob, C. (2021). Determinants of content marketing effectiveness: Conceptual framework and empirical findings from a managerial perspective. PLoS ONE, 16(4 April), 1–25. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0249457
Lou, C., & Xie, Q. (2021). Something social, something entertaining? How digital content marketing augments consumer experience and brand loyalty. International Journal of Advertising, 40(3), 376–402. https://doi.org/10.1080/02650487.2020.1788311
Mandira, I. M. C., & Kusuma, P. S. A. J. (2022). Strategi Digitalisasi Ekonomi Kerakyatan. Management & Accounting Expose, 5(1), 11–22. http://jurnal.usahid.ac.id/index.
Manullang, S. O. (2021). Digital Marketing : Konsep dan Strategi. In Insania (Nomor September, hal. 8–31).
Prihadi, S., Ardiyana, S. S., Ardhana, B. K., Iqbal, M., Dewi, N. P., Pradwita, Y. W., Fauziyah, R. A., Pertiwi, R. S., Fadilah, N., Annafi, R., & Ghaniyasari, N. A. (2023). Sosialisasi Digital Marketing UMKM Guna Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Kelurahan Laweyan Surakarta. Society : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(5), 290–294. https://doi.org/10.55824/jpm.v2i5.346
Sanjaya, P. K. A., Hartati, N. P. S., & ... (2020). Pemberdayaan pengelola badan usaha milik desa (BUMDes) berdikari melalui implementasi digital marketing system. CARADDE: Jurnal …, 3, 65–75. https://journal.ilininstitute.com/index.php/caradde/article/view/467%0Ahttps://journal.ilininstitute.com/index.php/caradde/article/download/467/314
Sari, A. L. (2022). Narasi Industri Pemasaran dan Konsumen Baru: Komunikasi Pemasaran Di Media Sosial dan Perilaku Pencarian Informasi Kalangan Milenial dan Centenial. Perspektif, 11(2), 700–709. https://doi.org/10.31289/perspektif.v11i2.6163
Widara, K. A. (2022). 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Hasil Foto Terlihat Luar Biasa _ Okezone Techno. Okezone.
Widharma, I. G. S., Sunaya, I. N., & Anggraeni, A. A. M. D. (2022). Pemberdayaan Kelompok Tani Bonsai Melalui Digital Marketing dan Industry Rethinking Berbasis WEB di Masa Pandemi. VASTUWIDYA, 4(2), 1–7.