Pemanfaatan Media Lagu Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Penguasaan Vocabulary Siswa Di SDN 69 Bengkulu Tengah

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Erza Kurnia Zahari
Ririn Putri Ananda

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kosa kata siswa tingkat sekolah dasar melalui penggunaan media lagu. Bahasa Inggris adalah salah satu mata pelajaran di sekolah dasar dan juga merupakan mata pelajaran tambahan. Sangat penting untuk menjadi mahir dalam bahasa Inggris di era modern ini, dan sangat disarankan untuk mulai mempelajarinya sejak usia dini. Ini akan membantu Anda lebih memahami kosa kata dan menyerapnya dengan lebih baik. Untuk mempelajari suatu bahasa, kosakata merupakan salah satu hal penting yang harus dipahami. Penggunaan media belajar membantu siswa tingkat sekolah dasar belajar, khususnya bahasa Inggris, karena media lagu memungkinkan siswa bermain sekaligus belajar. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat di SDN 69 Bengkulu Tengah, lagu ini sangat efektif sehingga dapat digunakan untuk mengajarkan kosa kata bahasa inggris kepada anak-anak.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Zahari, E. K., & Ririn Putri Ananda. (2024). Pemanfaatan Media Lagu Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Penguasaan Vocabulary Siswa Di SDN 69 Bengkulu Tengah. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(3), 832- 841. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i3.1842

References

Maru’ao, N. (2020). Penerapan Pembelajaran Inovatif Dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris. -, 14(2), 221–230.
Phisutthangkoon, K. (2016). Effectiveness of English Song Activities on Vocabulary Learning and Retention. www.iafor.org
Pohan, S., Irmayana, A., Husainah, N., & Saputra, F. B. (2022). Memperkenalkan Vocabulary Melalui Lagu Pada Anak Sd. Jurnal Adam : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 304–308. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam
Sari, I., & Ayu, F. (2021). Pemanfaatan Media Lagu Dalam Peningkatan Kosa Kata Bahasa Inggris. Abdimas Mandiri ‐ Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 16–20.
Uzer, Y. (2020). Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Di Tingkat Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 97–106. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4953
Zulkarnindra, E. (2021). Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Tingkat SMP di Sekolah Alam Bogor. Rayah Al-Islam, 5(02), 591–599. https://doi.org/10.37274/rais.v5i02.486
Rada Semarang,Id. ( 2019)Mengajar vocabulary menggunakan lagu berbahasa Inggris.https://radarsemarang.jawapos.com/artikel/untukmu-guruku/2020/08/19/mengajar-vocabulary menggunakan-lagu-berbahasa-inggris/
RA Wibowo.(2018) Mengajar vocabulary dengan lagu berbahasa Inggris https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/SD/article/download/2525/494
Pulukadang, WT & Laiya, SW. (2010). “Meningkatkan Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Metode Gerak dan Lagu Pada Anak Kelompok B di TK Pembina Kecamatan Kota Selatan Gorontalo”

DB Error: Unknown column 'Array' in 'WHERE'