Strategi Peningkatan Pemasaran dengan Perbaikan Informasi Nilai Gizi pada Labeling Kemasan Produk Yogurt Drink di UKM Yogurt Sehati Banyumas Strategi Peningkatan Pemasaran dengan Perbaikan Informasi Nilai Gizi pada Labeling Kemasan Produk Yogurt Drink di UKM Yogurt Sehati Banyumas Section Articles
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Yogurt merupakan salah satu minuman fungsional yang mulai banyak digemari oleh semua kalangan umur. UKM yogurt sehati Banyumas merupakan salah satu UKM yang memproduksi produk yogurt dan beberapa produk turunannya. Permasalahan yang dihadapi mitra, yaitu kurangnya pemahaman mengenai pentingnya informasi nilai gizi pada label kemasan di produknya. Keterbatasan pengetahuan dalam membuat label tersebut merupakan kendala yang dihadapi mitra. Oleh karena itu, tujuan yang dilakukan tim adalah melakukan pendampingan dalam pembuatan label informasi nilai gizi pada produk yogurt drink varian rasa original dan stroberi. Metode yang dilakukan dengan cara melakukan observasi, pendampingan dan evaluasi. Hasil pengabdian menunjukkan tim telah membantu melakukan pengujian analisis proksimat yang nantinya dijadikan acuan dalam pembuatan informasi nilai gizi. Informasi nilai gizi dari produk yogurt drink varian rasa original dan stroberi selanjutnya dituangkan dalam bentuk design labeling kemasan. Hasil pengabdian ini diharapkan dapat meningkatkan jangkauan pemasaran produk UKM yogurt sehati yang tidak hanya terbatas di pasar lokal.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
[BPOM RI] Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia. (2020). Pedoman Label Pangan Olahan. Jakarta: Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia. https://standarpangan.pom.go.id/dokumen/pedoman/Pedoman_Label_Pangan_Olahan.pdf
PerBPOM. (2020). Pencantuman Informasi Nilai Gizi untuk Pangan Olahan yang Diproduksi oleh Usaha Mikro dan Usaha Kecil No 16 Tahun 2020. Jakarta: Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia. https://tabel-gizi.pom.go.id/regulasi/2_PerBPOM_Nomor_16_Tahun_2020_tentang_Pencantuman_Informasi_Nilai_Gizi_untuk_Pangan_Olahan_yang_Diproduksi_oleh_Usaha_Mikro_dan_Usaha_Kecil.pdf
Cannoosamy, K., & Jeewon, R. (2016). A critical assessment of nutrition labelling and determinants of its use and understanding. Progress in Nutrition, 18(3), 195–204.
Hendarto, D. R., Handayani, A. P., Esterelita, E., & Handoko, Y. A. (2019). Mekanisme biokimiawi dan optimalisasi Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus dalam pengolahan yoghurt yang berkualitas. J. Sains Dasar, 8(1), 13-19. DOI: http://dx.doi.org/10.21831/jsd.v8i1.24261
Latifasari, N., Naufalin, R., Supriyanti, R., Nuraeni, I., & Hartono, E. F. (2023). The Evaluation of Physicochemical and Sensory Properties of Sehati Yogurt Drink Flavors with a Combination of Spice Extract. AgriHealth: Journal of Agri-food, Nutrition and Public Health, 4(1), 23-32. DOI: http://dx.doi.org/10.20961/agrihealth.v4i1.70515
Lewerissa, K. B., Palimbong, S., & Mawarno, B. A. S. (2023). Pendampingan Perijinan Produk Pangan Beku dan Informasi Nilai Gizi UMKM Salatiga. Madaniya, 4(3), 979-985. DOI: https://doi.org/10.53696/27214834.506
Listyorini, T., Supriyati, E., & Iqbal, M. (2024). Branding Produk pada UMKM di PMKM Prima Kudus dengan memanfaatkan aplikasi Canva. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 380-386. DOI: https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i2.1620
Maemunah, S., & Sjaaf, A. C. (2020). Hubungan antara pengetahuan gizi, kemampuan membaca label informasi nilai gizi, penggunaan label informasi nilai gizi dan frekuensi konsumsi mi instan pada konsumen Jakarta dan sekitarnya. Indonesian Journal of Health Development, 2(2), 129-136. DOI: https://doi.org/10.52021/ijhd.v2i2.65
Pawestri, S., Perdhana, F. F., Handito, D., Pertiwi, M. G. P., Sinaga, Y. M. R., Saputra, O., ... & Rasyda, R. Z. (2023). Edukasi Standar Kemasan, Label, dan PIRT sebagai Upaya Peningkatan Daya Jual Produk Pangan Masyarakat. ALAMTANA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT UNW MATARAM, 4(3), 275-285. DOI: https://doi.org/10.51673/jaltn.v4i3.1894
Santoso, I., Mustaniroh, S. A., & Pronowo, D. (2018). Keakraban Produk dan Minat Beli Frozen Food: Peran Pengetahuan Produk, Kemasan, dan Lingkungan. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 11(2), 133–144. DOI: http://dx.doi.org/10.24156/jikk.2018.11.2.133
Winarsi, H., Ramadhan, G. R., & Amurwanto, A. (2023). Pemahaman Strategi Pemasaran Yogurt Kacang Hijau Pada Mitra Yogurt Sehati. Jurnal of Community Health Development, 4(1), 12-20. https://jos.unsoed.ac.id/index.php/jchd/article/view/7175
Zantika, T., & Kurnia, P. (2023). Hubungan Pengetahuan Informasi Nilai Gizi dengan Perilaku Membaca Label Informasi Nilai Gizi pada Mahasiswa. Pontianak Nutrition Journal (PNJ), 6(1). DOI: https://doi.org/10.30602/pnj.v6i1.1155