Strategi Peningkatan Pemasaran dengan Perbaikan Informasi Nilai Gizi pada Labeling Kemasan Produk Yogurt Drink di UKM Yogurt Sehati Banyumas Strategi Peningkatan Pemasaran dengan Perbaikan Informasi Nilai Gizi pada Labeling Kemasan Produk Yogurt Drink di UKM Yogurt Sehati Banyumas Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nurul Latifasari
Ajeng Dyah Kurniawati
Ratih Windu Arini
Rifda Naufalin

Abstract

Yogurt merupakan salah satu minuman fungsional yang mulai banyak digemari oleh semua kalangan umur. UKM yogurt sehati Banyumas merupakan salah satu UKM yang memproduksi produk yogurt dan beberapa produk turunannya. Permasalahan yang dihadapi mitra, yaitu kurangnya pemahaman mengenai pentingnya informasi nilai gizi pada label kemasan di produknya. Keterbatasan pengetahuan dalam membuat label tersebut merupakan kendala yang dihadapi mitra. Oleh karena itu, tujuan yang dilakukan tim adalah melakukan pendampingan dalam pembuatan label informasi nilai gizi pada produk yogurt drink varian rasa original dan stroberi. Metode yang dilakukan dengan cara melakukan observasi, pendampingan dan evaluasi. Hasil pengabdian menunjukkan tim telah membantu melakukan pengujian analisis proksimat yang nantinya dijadikan acuan dalam pembuatan informasi nilai gizi. Informasi nilai gizi dari produk yogurt drink varian rasa original dan stroberi selanjutnya dituangkan dalam bentuk design labeling kemasan. Hasil pengabdian ini diharapkan dapat meningkatkan jangkauan pemasaran produk UKM yogurt sehati yang tidak hanya terbatas di pasar lokal.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Latifasari, N., Kurniawati, A. D., Arini, R. W., & Naufalin, R. (2024). Strategi Peningkatan Pemasaran dengan Perbaikan Informasi Nilai Gizi pada Labeling Kemasan Produk Yogurt Drink di UKM Yogurt Sehati Banyumas : Strategi Peningkatan Pemasaran dengan Perbaikan Informasi Nilai Gizi pada Labeling Kemasan Produk Yogurt Drink di UKM Yogurt Sehati Banyumas . JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(3), 939 - 948. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i3.1847

References

Bohari, B., Ansori, M., Amaliah, L., Sartika, R. S., & Koerniawati, R. D. (2022). Informasi Nilai Gizi dan Keamanan Pangan Brownies Talas Beneng. Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat Indonesia, 1(1), 13-17.
[BPOM RI] Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia. (2020). Pedoman Label Pangan Olahan. Jakarta: Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia. https://standarpangan.pom.go.id/dokumen/pedoman/Pedoman_Label_Pangan_Olahan.pdf
PerBPOM. (2020). Pencantuman Informasi Nilai Gizi untuk Pangan Olahan yang Diproduksi oleh Usaha Mikro dan Usaha Kecil No 16 Tahun 2020. Jakarta: Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia. https://tabel-gizi.pom.go.id/regulasi/2_PerBPOM_Nomor_16_Tahun_2020_tentang_Pencantuman_Informasi_Nilai_Gizi_untuk_Pangan_Olahan_yang_Diproduksi_oleh_Usaha_Mikro_dan_Usaha_Kecil.pdf
Cannoosamy, K., & Jeewon, R. (2016). A critical assessment of nutrition labelling and determinants of its use and understanding. Progress in Nutrition, 18(3), 195–204.
Hendarto, D. R., Handayani, A. P., Esterelita, E., & Handoko, Y. A. (2019). Mekanisme biokimiawi dan optimalisasi Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus dalam pengolahan yoghurt yang berkualitas. J. Sains Dasar, 8(1), 13-19. DOI: http://dx.doi.org/10.21831/jsd.v8i1.24261
Latifasari, N., Naufalin, R., Supriyanti, R., Nuraeni, I., & Hartono, E. F. (2023). The Evaluation of Physicochemical and Sensory Properties of Sehati Yogurt Drink Flavors with a Combination of Spice Extract. AgriHealth: Journal of Agri-food, Nutrition and Public Health, 4(1), 23-32. DOI: http://dx.doi.org/10.20961/agrihealth.v4i1.70515
Lewerissa, K. B., Palimbong, S., & Mawarno, B. A. S. (2023). Pendampingan Perijinan Produk Pangan Beku dan Informasi Nilai Gizi UMKM Salatiga. Madaniya, 4(3), 979-985. DOI: https://doi.org/10.53696/27214834.506
Listyorini, T., Supriyati, E., & Iqbal, M. (2024). Branding Produk pada UMKM di PMKM Prima Kudus dengan memanfaatkan aplikasi Canva. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 380-386. DOI: https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i2.1620
Maemunah, S., & Sjaaf, A. C. (2020). Hubungan antara pengetahuan gizi, kemampuan membaca label informasi nilai gizi, penggunaan label informasi nilai gizi dan frekuensi konsumsi mi instan pada konsumen Jakarta dan sekitarnya. Indonesian Journal of Health Development, 2(2), 129-136. DOI: https://doi.org/10.52021/ijhd.v2i2.65
Pawestri, S., Perdhana, F. F., Handito, D., Pertiwi, M. G. P., Sinaga, Y. M. R., Saputra, O., ... & Rasyda, R. Z. (2023). Edukasi Standar Kemasan, Label, dan PIRT sebagai Upaya Peningkatan Daya Jual Produk Pangan Masyarakat. ALAMTANA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT UNW MATARAM, 4(3), 275-285. DOI: https://doi.org/10.51673/jaltn.v4i3.1894
Santoso, I., Mustaniroh, S. A., & Pronowo, D. (2018). Keakraban Produk dan Minat Beli Frozen Food: Peran Pengetahuan Produk, Kemasan, dan Lingkungan. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 11(2), 133–144. DOI: http://dx.doi.org/10.24156/jikk.2018.11.2.133
Winarsi, H., Ramadhan, G. R., & Amurwanto, A. (2023). Pemahaman Strategi Pemasaran Yogurt Kacang Hijau Pada Mitra Yogurt Sehati. Jurnal of Community Health Development, 4(1), 12-20. https://jos.unsoed.ac.id/index.php/jchd/article/view/7175
Zantika, T., & Kurnia, P. (2023). Hubungan Pengetahuan Informasi Nilai Gizi dengan Perilaku Membaca Label Informasi Nilai Gizi pada Mahasiswa. Pontianak Nutrition Journal (PNJ), 6(1). DOI: https://doi.org/10.30602/pnj.v6i1.1155