Program Webinar Financial Life Skills “Menabung Sejak MudaYokk!!” untuk Remaja di Jawa Barat

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Regina Deti
Ramayani Yusuf
Nina Septina
Lilian Danil
Triyana Iskandarsyah
Vera Intanie
Inge Barlian

Abstract

Indonesia memiliki literasi keuangan yang tergolong rendah , hal ini berdasarkan pada survei terbaru dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang dilakukan pada tahun 2022. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk membekali remaja rentang usia 10 – 19 tahun  sehingga menguasai pemahaman yang memadai mengenai keterampilan hidup berbasis keuangan (financial life skill) yang akan berguna bagi para pelajar SMP hingga mahasiswa  yang berada di rentang usia di dunia kerja yang akan dimasukan dalam waktu dekat setelah lulus sekolah. Pelatihan ini menggunakan zoom berbentuk webinar untuk memberikan wawasan dan pengetahuan mengenai pentingnya literasi keuangan. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 700 orang melalui zoom dan 2.600 melalui youtube channel. Pelatihan ini memberikan dampak yang positif dengan semakin meningkatnya pengetahuan tentang literasi keuangan dan pentingnya menabung sejak usia dini.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Regina Deti, Ramayani Yusuf, Nina Septina, Lilian Danil, Triyana Iskandarsyah, Vera Intanie, & Inge Barlian. (2024). Program Webinar Financial Life Skills “Menabung Sejak MudaYokk!!” untuk Remaja di Jawa Barat. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 620-636. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i2.1852

References

Akmala, Hadita; Ramayani, Y. (2021) ‘METODE PARTISIPATIF PADA PELATIHAN FINANCIAL LIFE SKILLS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KEUANGAN PENGAJAR TRIDAYA GROUP BANDUNG’, Sebatik [Preprint].
Bps (2020) ‘BPS Jabar’.
Coben, D., Dawes, M. and Lee, N. (2005) ‘Financial literacy education and skills for life’, National Research and Development Centre for Adult Literacy and Numeracy, (June), pp. 1–88. Available at: www.nrdc.org.uk.
Deti, R., Amanda, A. and Mandasari, V. (2024) ‘Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja di Jawa Barat, Indonesia dengan Pendekatan Causal Loop Diagram’, Paradigma: Jurnal Masalah Sosial, Politik, dan Kebijakan, 28(1), pp. 108–121.
Deti, R., Qisthi, A.I. and Yusuf, R. (2023) ‘Fenomena Job Hopping Pada Generasi Milenial di Kota Bandung’, INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 7(1), pp. 65–74. Available at: https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v7i1.303.
Goodell, J.W. (2020) ‘COVID-19 and finance: Agendas for future research’, Finance Research Letters, 35, p. 101512. Available at: https://doi.org/10.1016/j.frl.2020.101512.
Lubis, M.A. and Putra, M.F.M. (2022) ‘Peer To Peer (P2P) Lending: Hubungan Hukum Para Pihak, Gagal Bayar, Dan Legalitas’, Jurnal Usm Law Review, 5(1), p. 188. Available at: https://doi.org/10.26623/julr.v5i1.4896.
Ludlum, M. et al. (2016) ‘Financial Life Skills of Finnish College Students : A Pilot Study on Credit Cards and Budgets University of Central Oklahoma Arcada University of Applied Science University of Central Oklahoma’, 19(4), p. 2019.
Manju, P. (2021) ‘Digital Marketing and Customer Satisfaction and Customer Satisfaction in Covid-19’, 20(5), pp. 2761–2764. Available at: https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.05.301.
Paduppai, A.M. et al. (2019) ‘Pengembangan Sistem Informasi Manajemen dalam Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan dan Android di Era Revolusi Digital (Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0)’, Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2(1), pp. 84–89. Available at: https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/250.
Putri, L.P. (2021) ‘Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Keputusan Investasi Melalui Perilaku Keuangan Sebagai Variabel Moderating’, Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial dan Humaniora, 1(1), pp. 769–775.
Septina, N. et al. (2021) ‘PELATIHAN DARING FINANCIAL LIFE SKILLS : ALTERNATIF LITERASI KEUANGAN DI MASA PANDEMI’, 1(1), pp. 50–56.
Sobaya, S. and Hidayanto, M.F. (2014) ‘Pengaruh Literasi Keuangan dan Lingkungan Sosial Terhadap Perencanaan Keuangan Pegawai di Universitas Islam Indonesia Yogyakarta’, pp. 115–128.
Susanto, W.H. and Chawa, A.F. (2021) ‘Aksi Gagal Bayar Pada Perusahaan Fintech’, JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora), 5(1), p. 9. Available at: https://doi.org/10.30595/jssh.v5i1.9305.
Taufik, R., Hustim, R. and Nurlina, N. (2014) ‘Penerapan Pembelajaran Partisipatif Metode True-False Dalam Pembelajaran Fisika Pada Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 17 Bulukumba’, Jurnal Pendidikan Fisika Unismuh, 2(3), p. 120709.
Ula Ananta Fauzi, R. et al. (2021) ‘Keefektifan Peran Digital Marketing Melalui Media Sosial Dalam Proses Pemasaran Produk Galeri UMKM Ekawira, Kare Madiun’, Indonesia Berdaya, 2(1), pp. 21–30. Available at: https://ukinstitute.org/journals/ib%7C.
Widyastuti, U. et al. (2024) ‘The nexus of digital financial inclusion, digital financial literacy and demographic factors: lesson from Indonesia’, Cogent Business and Management, 11(1), p. Available at: https://doi.org/10.1080/23311975.2024.2322778.
Yusuf, R.Y.S. (2019) ‘Metode Partisipatif pada Pelatihan Financial Life Skills Untuk meningkatkan Literasi keuangan pengajar Tridaya Group Bandung’.
Zulbetti, R. and Ratna, P.; Y. (2018) ‘Pelatihan Financial Life Skills ( Fls ) Untuk Membangun Kemandirian Pemuda Taruna Politeknik Piksi Ganesha’, Sembadha 2018, 1, pp. 144–150.