Implementasi Katalog Produk UMKM Organik sebagai Alat Pemasaran pada Program Biorama di Purwokerto
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
UMKM organik di Purwokerto menghadapi tantangan dalam mengakses pasar yang luas dan efektif. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan mengimplementasikan katalog produk UMKM organik sebagai alat pemasaran dalam Program BIORAMA. Metode yang digunakan meliputi identifikasi dan inventarisasi UMKM, pengembangan prototipe katalog cetak dan digital, pelatihan dan pendampingan, serta evaluasi dan monitoring. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa penggunaan katalog berhasil meningkatkan visibilitas dan penjualan produk secara signifikan, dengan peningkatan pendapatan sebesar 121.64% dari program BIORAMA 5 dan 6 ke BIORAMA 7, 8, dan 9. Katalog yang didesain dengan baik menarik perhatian konsumen baru dan memperluas jangkauan pasar UMKM organik. Pelatihan dan pendampingan meningkatkan keterampilan dan kepercayaan diri pelaku UMKM dalam memasarkan produk mereka. Langkah selanjutnya meliputi penyempurnaan katalog berdasarkan feedback, penguatan platform digital seperti website biorama.id, serta program pelatihan dan pendampingan berkelanjutan. Program BIORAMA dapat menjadi model bagi daerah lain dalam memanfaatkan katalog produk sebagai alat pemasaran efektif untuk UMKM organik.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Alim, S., Bawono, T., Fathurrahman, A., Novi, A., Ramadanty, N., Pratama, A., … Maret, U. S. (2024). Jurnal Pengabdian Teknologi Tepat Guna Perancangan Katalog Kerajinan Logam UMKM Tembaga Mewah Sebagai Media Branding dan Pemasaran Sahirul@staff.uns.ac.id Perkenalan Jurnal Pengabdian Teknologi Tepat Guna Program pengalaman kerja nyata ini dilakukan melal. 5(1), 51–60.
Arifudin, O., Wahrudin, U., Rusmana, F. D., & Tanjung, R. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i2.10560
Bukit, F. R. A., A.S, G. G., Irvan, & Fahmi. (2019). Pembuatan Website Katalog Produk UMKM Untuk Pengembangan Pemasaran dan Promosi Produk Kuliner Website Creation Product Catalog Msmes For Marketing And Promotion Development Of Culinary Products. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 229–236. Retrieved from http://www.jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/JPPM/article/view/4317
Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934
Hermawan, E., Sunan, U., & Djati Bandung, G. (2023). Pemberdayaan Masyarakat: Pendekatan Partisipatif Membawa Pembangunan Pada Masyarakat Desa. Distingsi: Journal of Digital Society, 1(2), 2023.
Justitia, A., Werdiningsih, I., Effendy, F., & Taufik, T. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing bagi UMKM Jasa Laundry menuju UMKM Go Digital. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(2), 60–72. https://doi.org/10.47747/jnpm.v2i2.388
Mariam, S., & Haeba Ramli, A. (2022). Pengenalan Digital Marketing E-Katalog bagi UMKM Binaan Jakpreneur. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 74–83. https://doi.org/10.31334/jks.v5i1.2429
Prameswari, N. S., Krisnawati, M., Widagdo, P. B., & Luthfia, K. H. (2023). Desain E-Katalog Umkm Fesyen “Womanpreneur Community” Surakarta Dalam Transformasi Ekonomi Digital. Fashion and Fashion Education Journal, 12(2), 39–53. https://doi.org/10.15294/ffej.v12i2.74315
Satriyo, B., Indriana, Y., & Ridlo, M. (2021). Pengaruh Social Media Marketing, E-Service Quality, dan Review Content terhadap Minat Beli pada UMKM Produk Organik. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(4), 1563–1571. https://doi.org/10.26740/jim.v9n4.p1563-1571
TNP2PK, & LDFEB-UI. (2021). Pemetaan Program Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
Vazquez, L. (2016). Creative placemaking. In Planning Advisory Service Memo (Vol. 2016). api.taylorfrancis.com. https://doi.org/10.4324/9781315104607-2
Wulansari, A., Fitrianingtyas, A., Ganie, C. L., & Sari, D. I. (2024). Studi Kelayakan Sebagai Langkah Awal Kesuksesan Bisnis ( Studi Kasus Pada UMKM Rumah Organik ). 2(3).
Zitcer, A. (2020). Making Up Creative Placemaking. Journal of Planning Education and Research, 40(3), 278–288. https://doi.org/10.1177/0739456X18773424