Implementasi Katalog Produk UMKM Organik sebagai Alat Pemasaran pada Program Biorama di Purwokerto

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Eka Purbaya
Ahmad Fahreza
Laurensius Windy Octanio Haryanto
Gusnita Linda
Gilang Ramadhan

Abstract

UMKM organik di Purwokerto menghadapi tantangan dalam mengakses pasar yang luas dan efektif. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan mengimplementasikan katalog produk UMKM organik sebagai alat pemasaran dalam Program BIORAMA. Metode yang digunakan meliputi identifikasi dan inventarisasi UMKM, pengembangan prototipe katalog cetak dan digital, pelatihan dan pendampingan, serta evaluasi dan monitoring. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa penggunaan katalog berhasil meningkatkan visibilitas dan penjualan produk secara signifikan, dengan peningkatan pendapatan sebesar 121.64% dari program BIORAMA 5 dan 6 ke BIORAMA 7, 8, dan 9. Katalog yang didesain dengan baik menarik perhatian konsumen baru dan memperluas jangkauan pasar UMKM organik. Pelatihan dan pendampingan meningkatkan keterampilan dan kepercayaan diri pelaku UMKM dalam memasarkan produk mereka. Langkah selanjutnya meliputi penyempurnaan katalog berdasarkan feedback, penguatan platform digital seperti website biorama.id, serta program pelatihan dan pendampingan berkelanjutan. Program BIORAMA dapat menjadi model bagi daerah lain dalam memanfaatkan katalog produk sebagai alat pemasaran efektif untuk UMKM organik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Purbaya, M. E., Fahreza , A., Haryanto, L. W. O., Linda, G., & Ramadhan, G. (2024). Implementasi Katalog Produk UMKM Organik sebagai Alat Pemasaran pada Program Biorama di Purwokerto. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(3), 961-976. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i3.1885

References

Alfandi, M., Ribie, M. F., Fitria, M. L., & ... (2023). Pemanfaatan Canva Sebagai e-Katalog dalam Meningkatkan Visibilitas dan Kehadiran Toko Zaidan di Dunia Digital. Welfare: Jurnal …, 1(3), 567–573. Retrieved from https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/Welfare/article/view/725%0Ahttps://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/Welfare/article/download/725/383
Alim, S., Bawono, T., Fathurrahman, A., Novi, A., Ramadanty, N., Pratama, A., … Maret, U. S. (2024). Jurnal Pengabdian Teknologi Tepat Guna Perancangan Katalog Kerajinan Logam UMKM Tembaga Mewah Sebagai Media Branding dan Pemasaran Sahirul@staff.uns.ac.id Perkenalan Jurnal Pengabdian Teknologi Tepat Guna Program pengalaman kerja nyata ini dilakukan melal. 5(1), 51–60.
Arifudin, O., Wahrudin, U., Rusmana, F. D., & Tanjung, R. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i2.10560
Bukit, F. R. A., A.S, G. G., Irvan, & Fahmi. (2019). Pembuatan Website Katalog Produk UMKM Untuk Pengembangan Pemasaran dan Promosi Produk Kuliner Website Creation Product Catalog Msmes For Marketing And Promotion Development Of Culinary Products. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 229–236. Retrieved from http://www.jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/JPPM/article/view/4317
Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934
Hermawan, E., Sunan, U., & Djati Bandung, G. (2023). Pemberdayaan Masyarakat: Pendekatan Partisipatif Membawa Pembangunan Pada Masyarakat Desa. Distingsi: Journal of Digital Society, 1(2), 2023.
Justitia, A., Werdiningsih, I., Effendy, F., & Taufik, T. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing bagi UMKM Jasa Laundry menuju UMKM Go Digital. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(2), 60–72. https://doi.org/10.47747/jnpm.v2i2.388
Mariam, S., & Haeba Ramli, A. (2022). Pengenalan Digital Marketing E-Katalog bagi UMKM Binaan Jakpreneur. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 74–83. https://doi.org/10.31334/jks.v5i1.2429
Prameswari, N. S., Krisnawati, M., Widagdo, P. B., & Luthfia, K. H. (2023). Desain E-Katalog Umkm Fesyen “Womanpreneur Community” Surakarta Dalam Transformasi Ekonomi Digital. Fashion and Fashion Education Journal, 12(2), 39–53. https://doi.org/10.15294/ffej.v12i2.74315
Satriyo, B., Indriana, Y., & Ridlo, M. (2021). Pengaruh Social Media Marketing, E-Service Quality, dan Review Content terhadap Minat Beli pada UMKM Produk Organik. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(4), 1563–1571. https://doi.org/10.26740/jim.v9n4.p1563-1571
TNP2PK, & LDFEB-UI. (2021). Pemetaan Program Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
Vazquez, L. (2016). Creative placemaking. In Planning Advisory Service Memo (Vol. 2016). api.taylorfrancis.com. https://doi.org/10.4324/9781315104607-2
Wulansari, A., Fitrianingtyas, A., Ganie, C. L., & Sari, D. I. (2024). Studi Kelayakan Sebagai Langkah Awal Kesuksesan Bisnis ( Studi Kasus Pada UMKM Rumah Organik ). 2(3).
Zitcer, A. (2020). Making Up Creative Placemaking. Journal of Planning Education and Research, 40(3), 278–288. https://doi.org/10.1177/0739456X18773424