Manfaat Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 4 (PMM) Saat Pelaksanaan Modul Nusantara di Universitas Padjadjaran

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Rafly
Ivan Achmad Nurcholis

Abstract

Penelitian ini menunjukkan bahwa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) memiliki dampak positif dalam memperkaya wawasan dan budaya mahasiswa. Mahasiswa yang mengikuti program ini merasakan peningkatan pemahaman terhadap sistem pembelajaran dan budaya yang berbeda di universitas tujuan, khususnya Universitas Padjadjaran. Interaksi dengan mahasiswa lokal memberikan wawasan baru tentang kebiasaan dan budaya setempat, sehingga memperkuat rasa persatuan dan kesatuan di antara mahasiswa dari berbagai daerah. Selain itu, mata kuliah Modul Nusantara yang menjadi bagian dari PMM terbukti efektif dalam memperkenalkan dan menumbuhkan apresiasi terhadap keberagaman budaya Indonesia. Mahasiswa menunjukkan peningkatan kesadaran dan komitmen untuk menjaga kelestarian budaya Nusantara. Pendekatan kualitatif deskriptif yang digunakan dalam penelitian ini berhasil menggambarkan makna mendalam dari pengalaman mahasiswa selama mengikuti program PMM, serta menunjukkan pentingnya program ini dalam membangun kerjasama antar universitas dan memperkaya pengalaman belajar mahasiswa di Indonesia

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Muhammad Rafly, & Ivan Achmad Nurcholis. (2024). Manfaat Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 4 (PMM) Saat Pelaksanaan Modul Nusantara di Universitas Padjadjaran . JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(3), 898- 907. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i3.1896

References

Ilham, N. (2023). Manfaat Mengikuti Pertukaran Mahasiswa Merdeka dalam Rangka Memahami Fungsional Pembelajaran Transformatif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal, 1, 264–272.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Retrieved from https://belajar.kemdikbud.go.id/pmm/
Kusumo, E. S., & Mustaqim, I. (2021). Pembelajaran berbasis proyek dalam program pertukaran mahasiswa merdeka: Studi kasus pada program studi teknik industri. Jurnal Teknik Industri, 23(1), 15-25.
Lingga, F. A., Sihotang, A., Pandiangan, E., & Sitorus, N. (2023). Menjelajahi Kekayaan Dan Keunikan Budaya Melalui Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 194–198. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17411
Naiborhu, F., & Panjaitan, S. M. (2023). Memperkaya Pengalaman Belajar melalui Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 2022 di Universitas Pattimura Kota Ambon. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(1), 29–37.
No, C. (2024). Correspondence No. Telp: Published 11 Juni 2024. 2, 235–240.
Pambreni, Y., Sipayung, B., Simanullang, C. M., & Silitonga, R. G. (2023). Memperkaya Wawasan dan Budaya : Cerita Sukses Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 4(2), 775–779.
Saputra, P. W., Kade Suparta, I., Agama, I., Negeri, H., Penyang, T., Raya, P., Gde, H. N., & Mataram, P. (2023). Festival Budaya Isen Mulang Sebagai Upaya Promosi Pariwisata Budaya di Provinsi Kalimantan Tengah. Paryaṭaka : Jurnal Pariwisata Budaya Dan Keagamaan, 1(2), 100–107. http://e-journal.iahn-gdepudja.ac.id/index.php/pyt/article/view/735
Siahaan, R. D., Simanjuntak, E. P., Hkbp, U., & Medan, N. (2022). Manfaat Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ( Pmm ) Saat Melaksanakan Modul Nusantara Di Universitas Kristen Indonesia ( Uki ). Jurnal Pengabdian …, 18–24. http://journal-mandiracendikia.com/index.php/pkm/article/view/422%0Ahttps://journal-Mandiracendikia.Com/Index.Php/Pkm/Article/Download/422/314
Widayanti, R., Universitas, A., Unggul, E., Arjuna, J., No, U., Jeruk, K., & Barat, J. (2021).Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm) Di Program Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Esa Unggul.8, 124