Penerapan Kit Pembelajaran Pengecoran Benda Berongga di SMK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Widi Widayat
Karnowo
Wahyudi
Ahmad Mujaki
Yazid 'Azza Ghony Gunawan
Fajar Wahyu Wafiuddin
Bayu Tirta

Abstract

Pelaksanaan prakrek pengecoran logam di SMK mitra belum mendukung pencapaian kompetensi secara lengkap. Praktek yang dilaksanakan tidak didasarkan pada teori. Sehingga pelaksanaan praktek tidak menguatkan pengetahuan dan tidak memberikan keterampilan yang cukup. Pelaksanaan praktek di sekolah mitra belum terencana dengan baik. Media dan strategi yang digunakan belum mendukung pencapaian kompetensi, terutama yang berkaitan dengan inti. Inti digunakan untuk menghasilkan benda berongga. Namun selama ini yang dipraktekkan hanya pengecoran benda pejal, sehingga kompetensi yang berkaitan dengan inti tidak tersentuh. Tidak tersedianya media dan strategi yang tepat menyebabkan pembelajaran kompetensi tersebut tidak dilaksanakan. Praktek yang selama ini dilakukan hanya mencakup dua meteri saja yaitu rangka cetak dan cetakan. Sementara penggunaan kit praktek mencakup hampir semua materi. Penggunaan kit praktek diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan mitra.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Widi Widayat, Karnowo, Wahyudi, Ahmad Mujaki, Yazid ’Azza Ghony Gunawan, Fajar Wahyu Wafiuddin, & Bayu Tirta. (2025). Penerapan Kit Pembelajaran Pengecoran Benda Berongga di SMK. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(1), 349-364. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v6i1.2105

References

Abidin, Z. (2017). Penerapan pemilihan media pembelajaran. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 9–20.
Afifah, B., Widiyaningtyas, T., & Pujianto, U. (2019). Pengembangan bahan ajar perakitan komputer bermuatan augmented reality untuk menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Tekno, 29(2), 97. https://doi.org/10.17977/um034v29i2p97-115
Basar, M. F., Zulkarnain, I. A., Razik, N. H. A., Zakaria, Z., Mustafa, W. A., Zulkarnain Syed Idrus, S., & Aminudin Jamlos, M. (2020). Exploratory of Electrical Learning Kit for STEM Application. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 917(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/917/1/012070
Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (2017). Lampiran Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor: 330/D.D5/Kep/Kr/2017 Tanggal : 09 Juni 2017 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasa.
Elliott, S. N. (2000). Educational Psychology: Effective Theaching, Effective Learning. The Mc. Graw-Hill Companies.
Karkoub, M., & Abdulla, S. (2020). Transformative learning experiences in mechanical engineering through mechatronics: From high school to college. International Journal of Mechanical Engineering Education, 48(1), 3–31. https://doi.org/10.1177/0306419018781532
Kob, C. G. C., Shah, A., Shamsuddin, H., & Norizan, N. A. A. (2019). The effect of using learning kit material among students. International Journal of Recent Technology and Engineering, 7(6), 239–242.
Pecson, R. R. (2020). Self-Learning Kit in Improving the Academic Performance of Senior High School Students. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3572917
Plomp, T., & Nieveen, N. M. (2010). An introduction to educational design research.
Rahayu, M., Hariyanto, T., & Fadhlan, M. Y. (2020). IoT Trainer Kit Training For Vocational School Teachers As Preparation Towards The 4.0 Industry Era. REKA ELKOMIKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 98–110. https://doi.org/10.26760/rekaelkomika.v1i2.98-110
Ranjith, R., Akshay, N., Unnikrishnan, R., & Bhavani, R. R. (2014). Do it yourself educational kits for vocational education and training. ACM International Conference Proceeding Series, 10-11-October-2014, 2–6. https://doi.org/10.1145/2660859.2660952
Risfendra, R., Candra, O., Syamsuarnis, S., & Firman, F. (2019). Teaching Aid Development of Elecropneumatic Based Automation Course. January 2019. https://doi.org/10.2991/ictvet-18.2019.48
Sukir, S., Asnawi, R., Taruno, D. L. B., & Hanif, N. M. (2023). The Feasibility of the Smart Building Training Kit as Learning Media for Electrical Lighting Installation Practices in Vocational High Schools. Jurnal Edukasi Elektro, 7(1), 36–43. https://doi.org/10.21831/jee.v7i1.60894
Usman, M. U., & Setiawati, L. (2001). Upaya optimalisasi kegiatan belajar mengajar. PT Remaja Rosdakarya.
Widayat, W., Budhi Anggoro, A., Noviyanto Firmansyah, H., Sulistyo, R., Rizal Firmansyah, A., Sya, M., & Rai, rawi. (2021). Pembuatan dapur pelebur sebagai upaya persiapan pembelajaran praktik pengecoran logam di SMKN 4 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 1(1), 1003–1013.