Pemanfaatan Platform ShopeeFood dan YouTube Shorts sebagai Media Promosi Pelaku Usaha UMKM Binaan Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Adelina Suryati
Amelia Alvina Dewi
Ananda Rachma Alfiana
Asyifa Kusniah
Ira Tarsinah
Sherli Indah Lestari
Sintiana Rahman
Syafitri Dewi Irnawati

Abstract

Perkembangan teknologi digital mendorong pelaku UMKM untuk memanfaatkan platform digital dalam strategi pemasaran. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM binaan Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi mengenai penggunaan ShopeeFood dan YouTube Shorts sebagai media promosi. Dengan pendekatan partisipatif, kegiatan dilakukan secara tatap muka dan melibatkan 45 peserta. Hasilnya menunjukkan bahwa peserta lebih tertarik pada ShopeeFood karena kemudahan penerapannya, meskipun terdapat kendala dalam mitra pendaftaran dan pembuatan konten di kedua platform, terutama YouTube Shorts. Untuk mengatasi tantangan ini disarankan adanya pelatihan teknis lanjutan dan panduan praktis berupa materi tertulis dan video tutorial. Dampak dari kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman serta keterampilan peserta digital, memperluas jangkauan pemasaran serta meningkatkan daya saing UMKM di pasar yang semakin kompetitif.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Adelina Suryati, Amelia Alvina Dewi, Ananda Rachma Alfiana, Asyifa Kusniah, Ira Tarsinah, Sherli Indah Lestari, Sintiana Rahman, & Syafitri Dewi Irnawati. (2025). Pemanfaatan Platform ShopeeFood dan YouTube Shorts sebagai Media Promosi Pelaku Usaha UMKM Binaan Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(1), 443-456. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v6i1.2150

References

Agung Triayudi, Syafrida Hafni Sahir, Mesran, & Suginam. (2023). Pengaruh Strategi Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Sekar Handycraft. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 137–141. https://doi.org/10.47065/jpm.v4i2.1350
Egim, A. S., & Fermayani, R. (2023). Pendampingan UMKM Makanan Ringan di Kelurahan Lubuk Minturun dalam Memajukan Bisnis Melalui Digital Marketing. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 1. https://doi.org/10.61142/psnpm.v1.102
Indiatri Anwar, A., Majid, A., & Hadawiah, H. (2022). COMMUNICATION MANAGEMENT OF PT. PELNI SARANA NASIONAL BANDAR MAKASSAR IN PROVIDING LOGISTICS SERVICES. RESPON JURNAL ILMIAH MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI, 3(1), 83–90. https://doi.org/10.33096/respon.v3i1.97
Jannah, F., Hadawiah, H., & Majid, A. (2022). Analisis Peran Media Promosi Pada PT. Mayora Dalam f Mempromosikan Produk Torabika. RESPON JURNAL ILMIAH MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI, 2(2). https://doi.org/10.33096/respon.v2i2.44
Putih, P. S., & Wardhani, N. I. K. (2022). Dampak Minat Beli pada Platform Shopeefood. SEIKO (Journal of Management & Bisnis), 5. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2406
Reswita, R., Irnad, I., & Cahyadinata, I. (2022). SOSIALISASI PEMBUKUAN KEUANGAN PADA UMKM TANJUNG AUR DESA JENGGALU. Jurnal Pengabdian Masyarakat - Teknologi Digital Indonesia., 1(2), 67. https://doi.org/10.26798/jpm.v1i2.656
Rozaq, M., & Nugrahani, R. U. (2023). Penggunaan Platform Video Pendek Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Digital untuk UMKM. Jurnal Komunikasi Nusantara, 5(1), 21–30. https://doi.org/10.33366/jkn.v5i1.271
Sentoso, A., Lady, Lady, Christini, J., Sandra, N., Clarissa, F., Tina, T., & Vivianti, W. (2023). PENGAPLIKASIAN ALAT PEMASARAN DIGITAL TERHADAP UMKM NURUTO. Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS), 9(1), 67–74. https://doi.org/10.24967/jims.v9i1.2278
Swastika Metta, A., Samudra, A., & Sulaeman, E. (2023). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Shopeefood (Studi Pada Pengguna Layanan Shopeefood Di Karawang). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(18), 64–71. https://doi.org/10.5281/zenodo.8310308
Tisrin Tantika, A., Rifki Fauzan, M., Susi Susanti, N., Akbar Ramadhana, S., Khairani Ilma, T., Oktavioni, V., & Siddiq, A. (2024). Efektivitas Penggunaan YouTube Shorts Dalam Penyebaran Informasi (Studi Kasus: Pada Akun Pojok History). KOLONI: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 3(1), 2828–6863. https://doi.org/10.31004/koloni.v3i1.592
Wibawa, A. E. Y. (2021). IMPLEMENTASI PLATFORM DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING DI MI MUHAMMADIYAH PK KARTASURA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Berajah Journal (Pembelajaran Dan Pengembangan Diri), 1. https://doi.org/10.47353/bj.v1i2.27
Yuniarti, A., Titin, T., Safarini, F., Rahmadia, I., & Putri, S. (2023). MEDIA KONVENSIONAL DAN MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN. JUTECH : Journal Education and Technology, 4(2), 84–95. https://doi.org/10.31932/jutech.v4i2.2920