Pemanfaatan Platform ShopeeFood dan YouTube Shorts sebagai Media Promosi Pelaku Usaha UMKM Binaan Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Perkembangan teknologi digital mendorong pelaku UMKM untuk memanfaatkan platform digital dalam strategi pemasaran. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM binaan Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi mengenai penggunaan ShopeeFood dan YouTube Shorts sebagai media promosi. Dengan pendekatan partisipatif, kegiatan dilakukan secara tatap muka dan melibatkan 45 peserta. Hasilnya menunjukkan bahwa peserta lebih tertarik pada ShopeeFood karena kemudahan penerapannya, meskipun terdapat kendala dalam mitra pendaftaran dan pembuatan konten di kedua platform, terutama YouTube Shorts. Untuk mengatasi tantangan ini disarankan adanya pelatihan teknis lanjutan dan panduan praktis berupa materi tertulis dan video tutorial. Dampak dari kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman serta keterampilan peserta digital, memperluas jangkauan pemasaran serta meningkatkan daya saing UMKM di pasar yang semakin kompetitif.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Egim, A. S., & Fermayani, R. (2023). Pendampingan UMKM Makanan Ringan di Kelurahan Lubuk Minturun dalam Memajukan Bisnis Melalui Digital Marketing. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 1. https://doi.org/10.61142/psnpm.v1.102
Indiatri Anwar, A., Majid, A., & Hadawiah, H. (2022). COMMUNICATION MANAGEMENT OF PT. PELNI SARANA NASIONAL BANDAR MAKASSAR IN PROVIDING LOGISTICS SERVICES. RESPON JURNAL ILMIAH MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI, 3(1), 83–90. https://doi.org/10.33096/respon.v3i1.97
Jannah, F., Hadawiah, H., & Majid, A. (2022). Analisis Peran Media Promosi Pada PT. Mayora Dalam f Mempromosikan Produk Torabika. RESPON JURNAL ILMIAH MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI, 2(2). https://doi.org/10.33096/respon.v2i2.44
Putih, P. S., & Wardhani, N. I. K. (2022). Dampak Minat Beli pada Platform Shopeefood. SEIKO (Journal of Management & Bisnis), 5. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2406
Reswita, R., Irnad, I., & Cahyadinata, I. (2022). SOSIALISASI PEMBUKUAN KEUANGAN PADA UMKM TANJUNG AUR DESA JENGGALU. Jurnal Pengabdian Masyarakat - Teknologi Digital Indonesia., 1(2), 67. https://doi.org/10.26798/jpm.v1i2.656
Rozaq, M., & Nugrahani, R. U. (2023). Penggunaan Platform Video Pendek Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Digital untuk UMKM. Jurnal Komunikasi Nusantara, 5(1), 21–30. https://doi.org/10.33366/jkn.v5i1.271
Sentoso, A., Lady, Lady, Christini, J., Sandra, N., Clarissa, F., Tina, T., & Vivianti, W. (2023). PENGAPLIKASIAN ALAT PEMASARAN DIGITAL TERHADAP UMKM NURUTO. Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS), 9(1), 67–74. https://doi.org/10.24967/jims.v9i1.2278
Swastika Metta, A., Samudra, A., & Sulaeman, E. (2023). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Shopeefood (Studi Pada Pengguna Layanan Shopeefood Di Karawang). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(18), 64–71. https://doi.org/10.5281/zenodo.8310308
Tisrin Tantika, A., Rifki Fauzan, M., Susi Susanti, N., Akbar Ramadhana, S., Khairani Ilma, T., Oktavioni, V., & Siddiq, A. (2024). Efektivitas Penggunaan YouTube Shorts Dalam Penyebaran Informasi (Studi Kasus: Pada Akun Pojok History). KOLONI: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 3(1), 2828–6863. https://doi.org/10.31004/koloni.v3i1.592
Wibawa, A. E. Y. (2021). IMPLEMENTASI PLATFORM DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING DI MI MUHAMMADIYAH PK KARTASURA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Berajah Journal (Pembelajaran Dan Pengembangan Diri), 1. https://doi.org/10.47353/bj.v1i2.27
Yuniarti, A., Titin, T., Safarini, F., Rahmadia, I., & Putri, S. (2023). MEDIA KONVENSIONAL DAN MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN. JUTECH : Journal Education and Technology, 4(2), 84–95. https://doi.org/10.31932/jutech.v4i2.2920