Pendampingan Penerapan Pembelajaran Kecakapan Ibadah Amaliyah dengan Metode BCM (Bermain Cerita Menyanyi) di TPA Al-Barokah Manuk, Siman, Ponorogo

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Bekti Galih Kurniawan
M. Akhlis Azamuddin Tifani
Yusuf Al Manaanu
Irfan Fadhilah

Abstract

Artikel ini membahas penerapan metode Bermain cerita menyanyi di TPA Al Barokah Desa Manuk Kecamatan Siman Ponorogo untuk meningkatkan pemahAl Barokah siswa terhadap syarat kecakapan ibadah amaliyah. Dengan pendekatan yang interaktif, metode ini mengintegrasikan kartu cerita interaktif, permainan edukatif, dan media audio visual, sehingga siswa dapat terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, pengembangan sarana pendidikan, pelatihan pengajar, dan program motivasi diharapkan dapat mendukung implementasi metode ini secara efektif. Hasil dari penerapan metode ini menunjukkan peningkatan minat dan partisipasi siswa, serta pemahAl Barokah yang lebih baik tentang nilai-nilai ibadah. Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler dan sistem manajemen kelas yang baik, lingkungan belajar yang kondusif dapat tercipta. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kolaborasi antara pengajar, siswa, dan pihak terkait sangat penting untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna dan berdampak. Diharapkan, metode ini dapat menjadi model bagi TPA lainnya dalam mendukung pendidikan agama yang lebih baik dan menyenangkan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Bekti Galih Kurniawan, M. Akhlis Azamuddin Tifani, Yusuf Al Manaanu, & Irfan Fadhilah. (2025). Pendampingan Penerapan Pembelajaran Kecakapan Ibadah Amaliyah dengan Metode BCM (Bermain Cerita Menyanyi) di TPA Al-Barokah Manuk, Siman, Ponorogo. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2), 736-746. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v6i2.2152

References

Agil, Muhammad, Pratama Amirudin, and Iqbal Amar Muzaki. 2024. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8(2).
Altsar, Isty Nur, and Ade Irvi Nurul Husna. 2023. “Menerapkan Metode BCM (Bermain, Cerita Dan Menyanyi) Terhadap Keaktifan Santri Dalam Proses Belajar Mengajar Di TPQ Nurussa’diyah.” ABDINE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(1).
Amanullah, Wahyu Anis, and Sutarman. 2021. “Upaya Pengembangan Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an.” AL-ASASIYYA: Journal Basic of Education (AJBE) 5(2).
Budianto, Ahmad Andry, and Erfan Nawawi. 2020. “Analisis Kurangnya Motivasi Belajar Pada Santri (Studi Kasus Di Ma Mambaul Ulum Bata-Bata).” In The First International Conference on Islamic Thoughts (ICIT), IAI Al Khairat Pamekasan.
Faza, Tresna Ghufron, Wahyu Dwi Novianty, and Moh. Mizan Habibi. 2020. “Implementasi Metode BCM (Bermain, Cerita Dan Menyanyi) Terhadap Keaktifan Santri Dalam Proses Belajar Mengajar Di TPA Binaan UII.” At-Thullab, 1(2).
Hasna, Nurul, Latifatul Inayati, Valentino Rossi, and Aulia Rosyida. 2024. “Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Di TPA Lingkar Qur’an Al-Ikhlash Surakarta.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 13(2).
Kaltsum, Salma Nabilla, Muhammad Alfarizi, Ida Novitasari, and Ali Sofyan Al-Faqih. 2024. “Pemberdayaan Anak-Anak Taman Pendidikan Alquran Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Dan Les Di Tpq As-Salam Dusun Ngablak Lor Magelang.” Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Masyarakat 5(1).
Lazuardi, Muhammad Ryan, Alimir, Arifmiboy, and Fauzan. 2024. “Strategi Guru Tahfidz Dalam Memperbaiki Bacaan Al Qur’an Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Ar-Rasyid Kota Tanjungpinang Kepulauan Riau.” Akhlak: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Filsafat 1(4).
Patma.H. 2023. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Membaca Al Quran Menggunakan Metode Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam 6(4).
Septiani, Carina, Fathimah Az-Zahra Binti Idratul Amri, Saidah Syakira, Zahra Dalvinova, and Wismanto. 2024. “Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Amalan Ibadah Puasa Ramadhan Sejak Masa Dini.” JMPAI : Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam 2(1).