Peningkatan Kemampuan Literasi Ilmiah Siswa melalui Pelatihan Karya Tulis di SMK Negeri 1 Telawang sebagai Upaya Mendorong Perubahan Sosial
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Pelatihan karya tulis ilmiah di SMK Negeri 1 Telawang bertujuan meningkatkan literasi ilmiah siswa, yang menjadi tantangan dalam menghadapi tuntutan berpikir kritis dan kreatif di era globalisasi. Pengabdian ini menggunakan pendekatan observasi awal, pelatihan intensif, dan evaluasi, yang melibatkan mahasiswa KKN sebagai fasilitator. Siswa dilatih menyusun karya ilmiah dengan teknik penulisan yang sistematis, analitis, dan berbasis bukti. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan literasi ilmiah, di mana siswa lebih mampu berpikir kritis dan menyusun tulisan yang terstruktur. Dampaknya, siswa tidak hanya berkembang secara akademis, tetapi juga lebih siap berperan sebagai agen perubahan dalam menghadapi tantangan sosial di masyarakat.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Fitriana, E., & Ridlwan, M. K. (2021). Pembelajaran transformatif berbasis literasi dan numerasi di sekolah dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(1).
Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis kemampuan literasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089-2098.
Laturette, K., Widianingsih, L. P., & Subandi, L. (2021). Literasi Keuangan Pada Generasi Z. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 131-139.
Nurcahyono, N. A. (2023). Peningkatan kemampuan literasi dan numerasi melalui model pembelajaran. Hexagon: Jurnal Ilmu dan Pendidikan Matematika, 1(1), 19-29.
Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis literasi digital tenaga pendidik pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570-3577.
Pahmi, Pahmi, Ardiya Ardiya, Wandi Syahfutra, Agung Prasetyo Wibowo, Siti Niah, dan Prih Febtiningsih. 2018. “Pelatihan Penggunaan Mendeley Untuk Referensi Dalam Menulis Karya Ilmiah Bagi Guru Sma Handayani Pekanbaru.” Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI 2 (2). https://doi.org/10.37859/jpumri.v2i2.849.
Pitrianti, S., Sampetoding, E. A., Purba, A. A., & Pongtambing, Y. S. (2023, November). Literasi digital pada masyarakat desa. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Sistem Informasi (Vol. 3, No. 1, pp. 43-49).
Safitri, Baiq Rina Amalia, Pahriah, Husnul Hatimah, Dahlia Rosma Indah, dan Suryati. 2021. “Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia UNDIKMA.” Abdi Masyarakat 3 (2).
Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022, January). Analisis kemampuan literasi numerasi peserta didik ditinjau dari kecemasan matematika. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 3, No. 1, pp. 351-360).
Tafrikhatin, A., Waluyo, A., Hendrawardani, B., Noviasari, L., Benedi, J., Cahyaningsih, D., ... & Virmansyah, I. (2024). Modernisasi Alat Produksi Pengrajin Lampu Hias Pelepah Daun Kelapa Guna Meningkatkan Efektivitas Produksi Di Desa Kebakalan. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 578-586.