Peningkatan Kemampuan Literasi Ilmiah Siswa melalui Pelatihan Karya Tulis di SMK Negeri 1 Telawang sebagai Upaya Mendorong Perubahan Sosial

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Zulqifli
Muhammad Sya'ban
Nor Lailida
Nor Rizky Sajida
Wanda Priandini
Muhammad Irvan Bahadin
Nor Meldawati Suhara
Normiati

Abstract

Pelatihan karya tulis ilmiah di SMK Negeri 1 Telawang bertujuan meningkatkan literasi ilmiah siswa, yang menjadi tantangan dalam menghadapi tuntutan berpikir kritis dan kreatif di era globalisasi. Pengabdian ini menggunakan pendekatan observasi awal, pelatihan intensif, dan evaluasi, yang melibatkan mahasiswa KKN sebagai fasilitator. Siswa dilatih menyusun karya ilmiah dengan teknik penulisan yang sistematis, analitis, dan berbasis bukti. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan literasi ilmiah, di mana siswa lebih mampu berpikir kritis dan menyusun tulisan yang terstruktur. Dampaknya, siswa tidak hanya berkembang secara akademis, tetapi juga lebih siap berperan sebagai agen perubahan dalam menghadapi tantangan sosial di masyarakat.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Zulqifli, Muhammad Sya’ban, Nor Lailida, Nor Rizky Sajida, Wanda Priandini, Muhammad Irvan Bahadin, Nor Meldawati Suhara, & Normiati. (2025). Peningkatan Kemampuan Literasi Ilmiah Siswa melalui Pelatihan Karya Tulis di SMK Negeri 1 Telawang sebagai Upaya Mendorong Perubahan Sosial. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(1), 83-91. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v6i1.2163

References

Fadzilah, Alfina Nur, M. Fathur Izzurrohman, dan Santika Lya Diah Pramesti. 2023. “Pelatihan karya tulis ilmiah untuk mengembangkan pemikiran komputasi mahasiswa.” Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakt Indonesia 2 (1). https://doi.org/10.29303/jpimi.v2i1.1677.
Fitriana, E., & Ridlwan, M. K. (2021). Pembelajaran transformatif berbasis literasi dan numerasi di sekolah dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(1).
Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis kemampuan literasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089-2098.
Laturette, K., Widianingsih, L. P., & Subandi, L. (2021). Literasi Keuangan Pada Generasi Z. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 131-139.
Nurcahyono, N. A. (2023). Peningkatan kemampuan literasi dan numerasi melalui model pembelajaran. Hexagon: Jurnal Ilmu dan Pendidikan Matematika, 1(1), 19-29.
Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis literasi digital tenaga pendidik pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570-3577.
Pahmi, Pahmi, Ardiya Ardiya, Wandi Syahfutra, Agung Prasetyo Wibowo, Siti Niah, dan Prih Febtiningsih. 2018. “Pelatihan Penggunaan Mendeley Untuk Referensi Dalam Menulis Karya Ilmiah Bagi Guru Sma Handayani Pekanbaru.” Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI 2 (2). https://doi.org/10.37859/jpumri.v2i2.849.
Pitrianti, S., Sampetoding, E. A., Purba, A. A., & Pongtambing, Y. S. (2023, November). Literasi digital pada masyarakat desa. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Sistem Informasi (Vol. 3, No. 1, pp. 43-49).
Safitri, Baiq Rina Amalia, Pahriah, Husnul Hatimah, Dahlia Rosma Indah, dan Suryati. 2021. “Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia UNDIKMA.” Abdi Masyarakat 3 (2).
Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022, January). Analisis kemampuan literasi numerasi peserta didik ditinjau dari kecemasan matematika. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 3, No. 1, pp. 351-360).
Tafrikhatin, A., Waluyo, A., Hendrawardani, B., Noviasari, L., Benedi, J., Cahyaningsih, D., ... & Virmansyah, I. (2024). Modernisasi Alat Produksi Pengrajin Lampu Hias Pelepah Daun Kelapa Guna Meningkatkan Efektivitas Produksi Di Desa Kebakalan. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 578-586.