Pelatihan Pengembangan Pemasaran Digital Desa Wisata Datara Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Peningkatan jumlah kunjungan wisatawan pada sebuah destinasi merupakan sebuah indikator dari keberhasilan strategi promosi pemasaran yang efektif. Tujuan pengabdian kepada masyarakat untuk mengenalkan kepada anggota pokdarwis tentang pemasaran digital dalam meningatkan pengelolaan desa wisata dalam bentuk website wisata. Dimana diberikan pelatihan tentang sadar wisata dan pemasaran digital serta pendampingan pengelolaan website desa yaitu www.wisatadatara.id. Hasil dari kegiatan ini 75% pengetahuan masyarakat meningkat akan konsep sadar wisata dan potensi wisata didatara, 55% pemahaman pemasaran digital sangat meningkat serta 60% keterampilan masyarakat meningkat dalam mempromosikan objek wisata. Hal ini menjadi solusi inovatif untuk pengembangan mengembangkan desa wisata yang lebih terstuktur, sistematis dan berkesinambungan serta meningkatkan ekonomi masyarakat datara khususnya Kelompok Sadar Wisata Desa Datara Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Nirmala, B. P. W. ., & Paramitha, A. A. I. I. (2020). Digitalisasi Desa dan Potensi Wisata Di Desa Kerta, Kabupaten Gianyar Menuju Pariwisata 4.0. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 350-355. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i2.11273
Syafi’i, M., & Suwandono, D. (2015). Perencanaan Desa Wisata Dengan Pendekatan Konsep Community Based Tourism (CBT) Di Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak. Ruang, 1(2), 51-60. https://doi.org/10.14710/ruang.1.2.61-70
Abidin, J., Fedrina, R., & Agustin, R. (2022). Penguatan Kelembagaan Desa Wisata melalui Promosi Digital Marketing di Desa Cisaat, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang. Jurnal Abdimas Pariwisata, 3(1), 1-10.
Mumtaz, A., & Karmilah.M. (2021). Digitalisasi Wisata Di Desa Wisata. Jurnal Kajian Ruang, 1.
Rahmawati, A. (2021). Pmberdayaan Masyarakat melalui pengelolaan desa wisata dalam mndukung SDG's Desa. Journal of Public Power, 5(2), 151-158
Bangsawan, S., Mahrinasari, M., Ahadiat, A., Ribhan, R., Kesumah, F., & Febrian, A. (2021). Pengembangan Desa Wisata melalui Pelatihan dan Pembinaan. Ymary : Jurnal Pengabdian kepada masyarakat, 2(2), 79-90.
Zaeniah, Hambali, Erniwati, S., Indriana, P., & Rahman, L. (2023, Desembar). Pengembangan Sumber daya manusia kelompok sadar wisata Sendeng Gile Desa Senaru Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Lumbung Inovasi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, VIII(4), 835-842.
Yudha, E., Carli, Z., Sinaga, R., Mufid, F., Nuryani, N., Nabiilah, P., . . . Dina, R. (2024, maret). Pemanfaatan Media Sosial dalam PEngembangan Desa Wisata SUkamulya, Langkaplancar, Pangandaran. Abdimas Galuh, VI(1), 910-920.
Halik, S., Farida, F., Sulaiman, H., Faizah, A., Candra, A., & Hendrayadi, D. (2023). Pelatihan Strategi MArketing MIX 7P dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Account Officer di PT BPR Pataru Laba Cabang Bulukumba. Abdimas Galuh, V(1), 824-830.
Kurnianti, A. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Sebagai penggerak desa Wisata kabupaten Wonosobo provinsi JAwa Tengah. Jurnal Riset Komunikasi, I(1), 180-190.
Pratiwi, I., Bangun, D., & Turgarini, D. (2021). Teknologi Digital untuk Wisata Gastronomi. Barista : Jurnal KAjian Bahasa dan Pariwisata, 37-45.
Wanti, L., Romadloni, A., Ikhtiagung, G., Prasetsya, N., Prihantara, A., Bahroni, I., & Pangestu, I. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Pengembangan Dsa Wisata Widarapayung Wetan melalui Pemberdayaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Dinamisia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 128 135.
Menggo, S., Su, Y., & Taopan, R. (2022). Pelatihan Pembuatan Website Desa Wisata di Desa Wisata Meler Kabupaten MAnggarai NTT. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 108-115.
Wirawan, R., & Nur, M. A. (2021). Sosialisasi Aplikasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia. Madani: Indonesian Journal of Civil Society, 3(2), 08-13.