Strategi Meningkatkan Daya Tarik Produk Pada Desain Kemasan dan Sosial Media Untuk Meningkatkan Branding Mitra "Air Amanah Anwani"
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Distributor Air Amanah Anwani menghadapi kendala promosi digital yang terbatas pada WhatsApp dengan desain sederhana, sehingga membatasi jangkauan pemasaran. Pengabdian ini bertujuan meningkatkan promosi melalui pengembangan media pemasaran, seperti poster digital, tempat botol, dan gantungan botol. Media ini membantu pelanggan mendapatkan informasi kontak dan lokasi distributor, terutama dalam kegiatan sosial seperti "Jumat Berkah" dan pengajian. Hasilnya, solusi ini membantu meningkatkan daya tarik visual promosi, memperluas jangkauan pemasaran, serta mendukung usaha mitra.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Adiva, R. (2024). PENGEMBANGAN PRODUK MELALUI DESAIN KEMASAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI PADA BANGI CAFE SUNSET CPI (Doctoral dissertation, Politeknik STIA LAN Makassar).
Anthony, M., & Thamrin, H. (2024). Perancangan Desain Kemasan dan Media Promosi Tango Walut Festive untuk Kebutuhan Perayaan Lebaran di Pasar Modern. SENIMAN: Jurnal Publikasi Desain Komunikasi Visual, 2(2), 09-19.
Azizah, E. R. N., & Islam, M. A. (2024). Desain Kemasan sebagai Media Promosi Produk Nirwana Batik di Desa Wisata Bejijong Kabupaten Mojokerto. BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 6(2), 52-65.
Badri, R. E., Pratisti, C., & Putri, A. S. (2022). Pengembangan Inovasi Kemasan Produk Untuk Meningkatkan Daya Tarik Umkm Wedang Jahe di Desa Sidodadi Asri. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 347-353.
Intan Kusumaningayu, S. T., & Rolalisasi, A. RE-DESAIN KEMASAN SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN OMSET PADA UMKM PIA “MAHEN” DI KECAMATAN PANDAAN, KABUPATEN PASURUAN.
Israr, A. A., & Kamariah, N. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK MELALUI PERANCANGAN DESAIN KEMASAN BARU PADA UMKM WARCOK. ADMIT: Jurnal Administrasi Terapan, 1(2), 204-222.
Listya, A., & Rukiah, Y. (2017, December). Kemasan sebagai (Satu-Satunya) Media Branding Produk UMKM (Studi Kasus Desain Kemasan Belimbing Olahan UMKM Depok). In Prosiding Seminar Nasional Desain dan Media (pp. 25-37).
Maturbongs, T., Tanihatu, M. M., & Saleky, S. R. J. (2024). Desain Kemasan Dan Label Produk Enbal Pada UMKM Nen Te Idar Desa Ngilngof, Maluku Tenggara. Jurnal Administrasi Terapan, 3(1), 168-178.
Nurrohkayati, A. S., Bahry, N. A., & Lestari, D. A. (2020). Desain kemasan sebagai upaya peningkatan daya saing penjualan produk IRT kripik. In Prosiding Seminar Nasional Teknik Tahun 2020 (SENASTIKA 2020).
Pebriani, R. A., Yustini, T., & Syafitri, L. (2024). Optimasi media sosial dan desain kemasan produk sebagai pendorong pertumbuhan usaha di Desa Kemang. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(2), 1128-1135.
Pratama, S. D., Adityawan, O., & Fathurrizky, A. (2023). Perancangan Desain Kemasan Sebagai Media Promosi Produk Kuliner Tradisional. Jurnal Kajian Pariwisata, 5(1).
Riyadi, A., Setiawan, F. B., Fauziah, A., Pakasi, A. M., Septiyani, A. M., Rahman, A., ... & Sitompul, T. L. J. (2024). MENINGKATKAN STRATEGI PROMOSI DAN INOVASI KEMASAN PRODUK PADA UMKM IKAN ASAP KETAPANG DI SAMPIT. Profit: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 22-29.
Sadjoli, N., Yuliati, R., Reynaldi, W., Anggraini, S. D., Debian, R., Yedidya, S., & Kenneth, H. (2019). Peningkatan Daya Tarik Produk UMKM Teh Sereh Seungit dengan Kemasan Kekinian. Journal of Dedicators Community, 3(3), 58-72.
Subudiartha, I. N., Satria, C., & Hasbullah, H. (2024). Perancangan Logo Dan Desain Kemasan MOGU Cookies Sebagai Identitas Visual. Widya Sundaram: Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya, 2(2), 95-106.