Eksplorasi Fotografi Human Interest Menggunakan Pendekatan Antropologi Visual di Sma Excellent Nurul Ikhlas

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Basyarul Aziz

Abstract

Tulisan ini menggambarkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bagi siswa kelas XI SMA EXCELLENT Nurul Ikhlas, Tanah Datar, Sumatera Barat. Kegiatan ini merespons perkembangan teknologi digital dan minat generasi Milenial serta Z dalam fotografi. Melalui pendekatan Antropologi Visual dan fokus pada human interest, pelatihan ini mendorong siswa untuk lebih peka terhadap fenomena sosial budaya di sekitar mereka. Metode yang digunakan berupa pelatihan dan mini riset, yang bertujuan meningkatkan pemahaman siswa terhadap fotografi berbasis nilai kemanusiaan. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan teknis dan pemaknaan karya foto oleh siswa. Mereka tidak hanya mampu menciptakan karya estetis, tetapi juga memahami peran mereka sebagai subjek kreatif yang karya-karyanya berdampak sosial. Kegiatan ini sekaligus menginspirasi siswa untuk terus berkarya dengan nilai-nilai kemanusiaan dalam dunia digital yang semakin berkembang.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Basyarul Aziz. (2025). Eksplorasi Fotografi Human Interest Menggunakan Pendekatan Antropologi Visual di Sma Excellent Nurul Ikhlas. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2), 912-925. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v6i2.2269

References

Askew, Kely & Richard R. Wilk. (2002). The Anthropology of Media a Reader. USA: Blackwell Publisher Inc.
Bateson, G and Margaret Mead. (1942). Balinese Character: A Philosophic Analysis. USA: The New York Academy of Sciences.
Datoem, Arif. (2013). Foto-Etnografi dalam Proses Penciptaan Karya Seni Fotografi. Jurnal Seni & Budaya Panggung Vol. 23, No. 2, Juni 2013: 109 – 209.
Collier, J., dan Collier, M. (1986). Visual Antropologhy: Photography as a Research Method, Albuquerque : University of New Mexico Press.
George, Kenneth M. (2010). Picturing Islam: Art and Ethics in a Muslim Lifeworld. USA: Wiley- Blackwell.
Grimshaw, A., Ravetz, A. (2005) Visualizing Anthropology. UK: Intellect Books.
Ingram, Cindy Zerm. 2007. States of Feeling: Using Emotion to Connect Artist and Viewer. Art Education, Vol.60, No. 3, pp 25-23.
Nachmanovitch, Stephen. (1981). Gregory Bateson: Old Man Ought to be Explorers._
Ortner, Sherry B. (1995). Resistance and the Problem of Ethnographic Refusal. Cambridge University Press, Comparative Studies in Society and History,Vol 37, No. 1 (Jan., 1995), pp. 173-193.
Pink, S. (1997). Women and Bullfighting: Gender, Sex and the Consumption of Tradition. (1st ed.) Routledge.
Pink, S. (2006). The future of visual anthropology: Engaging the senses. American Anthropologist, 108 Vol.4, pp 807–818
Ruby, J. (2005). The role of visual ethnography in anthropology. Visual Anthropology Review, 21 Vol 2, pp 1–1.
Sudarma, I Komang. (2015). Fotografi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Soltani, Maryam. (2014). The Essence of Eddie: A Reflection of the Interplay Between Art, Relationship, and Emotion. Acad Psychiatry, Vol 38 pp 751.
Spitulink, Debra. (1993). Anthropology and Mass Media. Annual review of Anthropology, Vol.22.
Library of Congress. Margaret Mead: Human Nature and the Power of Culture Bali: Personality Formation dalam https://www.loc.gov/exhibits/mead/field-bali.html diakses pada 1 Agustus 2024 pukul 12.43