Pencegahan Kenakalan Remaja di Desa Kalijaga Selatan: Pendekatan Berbasis Pendidikan, Keluarga, dan Masyarakat

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Rusdi
Rabiatun Adawiah
Muhammad Agung Abdullah
Nofrianto Akbar
Mijahamuddin Alwi

Abstract

Kenakalan remaja di Desa Kalijaga Selatan, Kecamatan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur, meningkat akibat disfungsi keluarga, pengaruh lingkungan sosial, dan kurangnya aktivitas positif. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mengurangi kenakalan remaja dengan pendekatan partisipatif dan kolaboratif. Kegiatan meliputi pelatihan pola asuh positif untuk orang tua, workshop keterampilan bagi remaja, serta penguatan peran komunitas melalui kelompok pemuda dan relawan. Evaluasi dilakukan dengan observasi, wawancara, dan perbandingan data sebelum dan sesudah program. Hasilnya menunjukkan penurunan kenakalan remaja sebesar 40%, peningkatan partisipasi remaja dalam kegiatan positif hingga 60%, serta kesadaran orang tua meningkat 85%. Program ini terbukti efektif dalam menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan remaja di desa tersebut.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Muhammad Rusdi, Rabiatun Adawiah, Muhammad Agung Abdullah, Nofrianto Akbar, & Mijahamuddin Alwi. (2025). Pencegahan Kenakalan Remaja di Desa Kalijaga Selatan: Pendekatan Berbasis Pendidikan, Keluarga, dan Masyarakat. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2), 825-833. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v6i2.2299

References

.Miles, M., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). Sage Publications.
Badan Pusat Statistik Lombok Timur. (2023). Laporan Tahunan Kenakalan Remaja di Kabupaten Lombok Timur. BPS Lombok Timur.
Dako, R. T. (2012). Kenakalan remaja. 9(2), 1–7.
Dwi, F., & Mukti, W. (n.d.). KENAKALAN REMAJA ( JUVENILE DELINQUENCY ) : SEBUAH STUDI KASUS PADA REMAJA LAKI-LAKI YANG TERJERAT KASUS HUKUM. 1–9.
Elizabeth B, H. (1980). Psikologi Perkembangan:Suatu Pendekatan Sepanjang rentang Kehidupan. Erlangga.
Fahrul, R. (2021). Kenakalan Remaja Dan Penanganannya. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5, 9.
Fatmasari, F., Karomah, F., & Rifani, E. (2024). Studi literasi: analisis perilaku kenakalan remaja pada siswa melalui pendekatan. Jurnal Unib.Ac.Id, 7, 59–66.
Jasmisari, M., & Herdiansah, A. G. (2022). Kenakalan Remaja Di Kalangan Siswa Sekolah Menengah Atas Di Bandung : Studi Pendahuluan. 2021(September), 137–145.
Mahesha, A., Anggraeni, D., & Adriansyah, M. I. (2024). Mengungkap Kenakalan Remaja : Penyebab , Dampak , dan Solusi. 2(1), 16–26.
Rahardjo, S. (2008). Pencegahan Kenakalan Remaja dalam Perspektif. Pustaka Pelajar.
S, Suyanto. (2010). Kenakalan Remaja: Faktor Penyebab dan Dampaknya. Pustaka Pelajar.
S, Sujiono. (2015). Pengaruh Kegiatan Positif terhadap Perilaku Remaja di Lingkungan Sosial. Pendidikan Sosial, 12, 45–56.
Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
W, Santrock. J. (2011). Adolescence. Hill Education.