Pengenalan Potensi Monetisasi : Peran Media Sosial sebagai Sumber Pendapatan bagi Remaja

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yulianita Rahayu
Juju Zuhriatusobah
Nazhifah Madina Lukman
Dina Grisela
Sulis Septiani
Rizkia Anggraeni
Gina Septiani

Abstract

Popularitas  media  sosial  telah  berkembang,  tetapi  bukan  hanya  karena  cara  pengguna berinteraksi  dengannya,  tetapi  juga  karena  cara  pengguna  mencari  uang. Menghasilkan uang dari media sosial bisa disebut dengan melakukan praktik monetisasi. Monetisasi adalah proses atau aktivitas yang dilakukan untuk dapat mengonversikan sesuatu menjadi uang. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada siswa SMA mengenai cara memanfaatkan media sosial secara bijaksana dan efektif untuk mencari pendapatan tambahan. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan dua narasumber dan  melalui tiga tahapan. Tahap pertama adalah pemaparan materi,  tahap kedua adalah studi kasus dan tahap ketiga adalah sesi tanya jawab. Secara keseluruhan, kegiatan ini berjalan lancar dan berhasil mencapai tujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa-siswi SMA tentang cara-cara memanfaatkan media sosial sebagai sumber pendapatan. Peserta memperoleh wawasan tentang berbagai metode monetisasi dan meningkatkan kreativitas serta kesadaran kewirausahaan di dunia digital.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Rahayu, Y., Juju Zuhriatusobah, Nazhifah Madina Lukman, Dina Grisela, Sulis Septiani, Rizkia Anggraeni, & Gina Septiani. (2025). Pengenalan Potensi Monetisasi : Peran Media Sosial sebagai Sumber Pendapatan bagi Remaja. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2), 900-911. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v6i2.2391

References

Ainiyah, Nur. 2018. “Remaja Millenial Dan Media Sosial: Media Sosial Sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 2(2):221–36. doi: 10.35316/jpii.v2i2.76.
Alifia, Irene Syabilla, and Mohammad Insan Romadhan. 2025. “Monetisasi Konten Program Brownis Trans Tv Di Youtube: Proses Dan Dampaknya.” RELASI: Jurnal Penelitian Komunikasi 05(04):45–50.
Atika, Arisa. 2021. “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menjadikan Media Sosial Youtube, Instagram, Tiktok Sebagai Sumber Penghasilan (Persepsi Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Indonesia).”
Aulia, Azzahra Ilka. 2023. “Apa Itu Monetisasi? Simak Keuntungan Dan Cara Melakukannya!” Retrieved March 16, 2025 (https://sitespirit.co/blog/monetisasi-adalah/).
Gani, Alcianno G. 2020. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perkembangan Anak Remaja.” Jurnal Mitra Manajemen 7(2):32–42.
Kustiawan, Winda, Ummu Zainab Napitupulu, Nadila Putri Br Sitorus, Sabila Husna Lubis, Amanda Syah Fitri, and Sri Widya Ningsih. 2024. “Strategi Monetisasi Media Online : Pendekatan Bisnis Di Era Media On- Demand.” 8:51550–54.
Mulyono, Fany. 2021. “Dampak Media Sosial Bagi Remaja.” Jurnal Simki Economic 4(1):57–65. doi: 10.29407/jse.v4i1.66.
Novita, Diana, Murniyati, Wisti Dwi Septiani, and Indah Puspitorini. 2022. “Monetisasi Media Sosial Di Tiktok.” REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer 6(4):1035–40.
Nurrohmah, Adinda Widya. 2022. “Praktik Monetisasi Pada Aplikasi TikTok Tinjauan Fatwa DSN-MUI NOMOR 62/DSN-MUI/XII/2007 Tentang Akad Ju’alah Dan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik (Studi Di Akun TikTok Tips Skincare @rikhalaila).”
Rahma, Fqa. 2024. “Ini Dia Strategi Menghasilkan Uang Melalui Media Sosial.” Retrieved March 15, 2025 (https://www.ftnews.co.id/ini-dia-strategi-menghasilkan-uang-melalui-media-sosial).
Syam, Ali Musri. 2022. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sumber Penghasilan - Kompasiana.Com.” Retrieved March 15, 2025 (https://www.kompasiana.com/vianikurniawati28/61ea68b980a65a78327d89a2/pemanfaatan-media-sosial-sebagai-sumber-penghasilan).

DB Error: Unknown column 'Array' in 'WHERE'