Implementasi Digital Marketing dan Digitalisasi Manajemen Apotek Sugih Waras Mojokerto
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Transformasi digital menjadi strategi penting dalam meningkatkan daya saing dan profesionalisme layanan kesehatan, khususnya apotek. Artikel ini membahas pendampingan terhadap Apotek Sugih Waras Mojokerto dalam menghadapi tantangan seperti keterbatasan teknologi dan rendahnya visibilitas usaha. Pendekatan partisipatif dilakukan melalui penguatan branding, digital marketing via Instagram, serta digitalisasi manajemen dengan aplikasi berbasis web. Hasil dari pendampingan ini meliputi perbaikan identitas usaha, penguatan branding melalui Instagram, peningkatan visibilitas Apotek Sugih Waras melalui konten digital, serta berhasilnya penerapan digitalisasi layanan manajemen dasar. Pendekatan ini menjadi dasar bagi budaya kerja yang lebih modern, terstruktur, dan responsif terhadap teknologi, serta dapat menjadi acuan strategis bagi pengembangan apotek skala kecil dan menengah di era digital.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Dysyandi, W., Sumaryono, W., Widyastuti, S., & Lesmana, H. (2019). Bauran Pemasaran Tentang Konsep Apotek Modern Serta Strategi Pemasarannya. JRB-Jurnal Riset Bisnis, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.35592/jrb.v3i1.975
Hadning, I., Ghozali, M. T., Esha, P., Dewi, N., Wibowo, A. E., Utami, P., Octavia, M., Samad, A., Rohimatul, F., Putri, A., Farmasi, P. S., Yogyakarta, U. M., Brawijaya, J., & Kasihan, T. (2022). Optimalisasi Digital Marketing Untuk Peningkatan Omzet Apotek di Era Pandemi. Prosiding Seminar …, 901–906. https://www.academia.edu/download/107947771/946_Article_Text_3181_1_10_20221223.pdf
Harini, N., Suhariyanto, D., Indriyani, I., Novaria, N., Santoso, A., & Yuniarti, E. (2023). Pendampingan Pemberdayaan Masyarakat dalam Meningkatkan Perekonomian Desa. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 4(2), 363–375. https://doi.org/10.37680/amalee.v4i2.2834
Jumrah, Saleh, N., & Wahyuni, S. (2025). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan di Apotek Wonomulyo. JURNAL E-BUSSINESS, 4(2), 99–104.
Malahati, F., B, A. U., Jannati, P., Qathrunnada, Q., & Shaleh, S. (2023). Kualitatif : Memahami Karakteristik Penelitian Sebagai Metodologi. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 341–348. https://doi.org/10.46368/jpd.v11i2.902
Masula, F., & Hermawan, A. (2024). ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI AWAL PENERAPAN E-COMMERCE PADA KEGIATAN. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Manajemen (JISE), 2(3), 44–57.
Nasri, N., Miracelova, R. A. I., & Lie, S. (2024). Application of pharmacy management systems and digital marketing : Impact on highly efficiency and increased turnover. 2.
Novena, T., & Tesmanto, J. (2024). The Effect of Marketing Strategy on Increasing Competitiveness at Sehati Farma Pharmacy Jati Rahayu Pondok Melati Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Daya Saing pada Apotek Sehati Farma Jati Rahayu Pondok Melati. 2(2), 119–133.
Nurrisa, F., & Hermina, D. (2025). Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian : Strategi , Tahapan , dan Analisis Data Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran ( JTPP ). Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 02(03), 793–800.
Oktapiani, R., Indriyani, L., Pangestu, I., Kartikasari, R., & Nurfauziah, R. (2023). Sistem Informasi Penjualan Pada Apotek Puri Kasih. JUSTIKA : Jurnal Sistem Informasi Akuntansi, 3(1), 19–24. https://doi.org/10.31294/justika.v3i1.1788
Prastiyo, A., & Hati, A. K. (2024). Pelatihan Digitalisasi Farmasi Ikatan Apoteker Indonesia (Iai) Pc Kota Salatiga. Abdi Makarti, 3(2), 111–121. http://jurnal.stieama.ac.id/index.php/abdimakarti/article/view/722
Pratama, M. W., Hasan, D., & Putriana, L. (2022). Analisis Strategi Dalam Menjalankan Bisnis Apotek dan Meningkatkan Omzet Pada Masa Pandemi Covid 19. Poltekita : Jurnal Ilmu Kesehatan, 16(3), 352–361. https://doi.org/10.33860/jik.v16i3.1391
Pratiwi, R. I., & Prabandari, S. (2018). Implementasi Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pada Obat Bebas Di Apotek “Nurbunda” Dari Perspektif Etika Kefarmasian. Parapemikir : Jurnal Ilmiah Farmasi, 7(1), 187–191. https://doi.org/10.30591/pjif.v7i1.740
Priyono, T. D. S. A., & Yuniar, P. F. (2021). ANALISIS HUBUNGAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI APOTEK X KEDIRI. Java Health Journal, 8(3), 1–9.
Rero, T. C., Rengga, A., Ayu, C., & Nuwa, W. (2025). Implementasi Penetapan Strategi Dalam Peningkatan Penjualan Pada Apotek Winola Medika. 12(1).
Savero, M. R. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Digital pada Apotek Pendidikan Sekolah Farmasi ITB. 5(10), 3794–3803.
Yuwana, S. I. P., & Fadah, I. (2022). SWOT Analysis: Marketing Strategy Of Apotek Sawojajar Mas To Increase Sales And Competitiveness. Journal of Management and Business Innovations, 4(02), 30. https://doi.org/10.30829/jombi.v4i02.12924