Implementasi Digital Marketing dan Digitalisasi Manajemen Apotek Sugih Waras Mojokerto

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fariham Masula
Agung Winarno

Abstract

Transformasi digital menjadi strategi penting dalam meningkatkan daya saing dan profesionalisme layanan kesehatan, khususnya apotek. Artikel ini membahas pendampingan terhadap Apotek Sugih Waras Mojokerto dalam menghadapi tantangan seperti keterbatasan teknologi dan rendahnya visibilitas usaha. Pendekatan partisipatif dilakukan melalui penguatan branding, digital marketing via Instagram, serta digitalisasi manajemen dengan aplikasi berbasis web. Hasil dari pendampingan ini meliputi perbaikan identitas usaha, penguatan branding melalui Instagram, peningkatan visibilitas Apotek Sugih Waras melalui konten digital, serta berhasilnya penerapan digitalisasi layanan manajemen dasar. Pendekatan ini menjadi dasar bagi budaya kerja yang lebih modern, terstruktur, dan responsif terhadap teknologi, serta dapat menjadi acuan strategis bagi pengembangan apotek skala kecil dan menengah di era digital.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fariham Masula, & Agung Winarno. (2025). Implementasi Digital Marketing dan Digitalisasi Manajemen Apotek Sugih Waras Mojokerto. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2), 1180-1192. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v6i2.2410

References

Afifah, T. N., Putri, S., Erinaputri, N., Maghfiroh, S. A., Yusuf, H. A., Adristi, K., Heri Iswanto, A., Kesehatan, F. I., Masyarakat, K., Pembangunan, U., Veteran, N. ", & Jakarta, ". (2023). Analisis Pengaruh Pemilihan Lokasi Apotek Terhadap Keputusan Pembelian Obat Di Indonesia. Jurnal Ilmu Kesehatan Dan Gizi ( JIG ), 1(3), 65–77. https://doi.org/10.55606/jikg.v1i3.1384
Dysyandi, W., Sumaryono, W., Widyastuti, S., & Lesmana, H. (2019). Bauran Pemasaran Tentang Konsep Apotek Modern Serta Strategi Pemasarannya. JRB-Jurnal Riset Bisnis, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.35592/jrb.v3i1.975
Hadning, I., Ghozali, M. T., Esha, P., Dewi, N., Wibowo, A. E., Utami, P., Octavia, M., Samad, A., Rohimatul, F., Putri, A., Farmasi, P. S., Yogyakarta, U. M., Brawijaya, J., & Kasihan, T. (2022). Optimalisasi Digital Marketing Untuk Peningkatan Omzet Apotek di Era Pandemi. Prosiding Seminar …, 901–906. https://www.academia.edu/download/107947771/946_Article_Text_3181_1_10_20221223.pdf
Harini, N., Suhariyanto, D., Indriyani, I., Novaria, N., Santoso, A., & Yuniarti, E. (2023). Pendampingan Pemberdayaan Masyarakat dalam Meningkatkan Perekonomian Desa. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 4(2), 363–375. https://doi.org/10.37680/amalee.v4i2.2834
Jumrah, Saleh, N., & Wahyuni, S. (2025). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan di Apotek Wonomulyo. JURNAL E-BUSSINESS, 4(2), 99–104.
Malahati, F., B, A. U., Jannati, P., Qathrunnada, Q., & Shaleh, S. (2023). Kualitatif : Memahami Karakteristik Penelitian Sebagai Metodologi. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 341–348. https://doi.org/10.46368/jpd.v11i2.902
Masula, F., & Hermawan, A. (2024). ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI AWAL PENERAPAN E-COMMERCE PADA KEGIATAN. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Manajemen (JISE), 2(3), 44–57.
Nasri, N., Miracelova, R. A. I., & Lie, S. (2024). Application of pharmacy management systems and digital marketing : Impact on highly efficiency and increased turnover. 2.
Novena, T., & Tesmanto, J. (2024). The Effect of Marketing Strategy on Increasing Competitiveness at Sehati Farma Pharmacy Jati Rahayu Pondok Melati Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Daya Saing pada Apotek Sehati Farma Jati Rahayu Pondok Melati. 2(2), 119–133.
Nurrisa, F., & Hermina, D. (2025). Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian : Strategi , Tahapan , dan Analisis Data Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran ( JTPP ). Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 02(03), 793–800.
Oktapiani, R., Indriyani, L., Pangestu, I., Kartikasari, R., & Nurfauziah, R. (2023). Sistem Informasi Penjualan Pada Apotek Puri Kasih. JUSTIKA : Jurnal Sistem Informasi Akuntansi, 3(1), 19–24. https://doi.org/10.31294/justika.v3i1.1788
Prastiyo, A., & Hati, A. K. (2024). Pelatihan Digitalisasi Farmasi Ikatan Apoteker Indonesia (Iai) Pc Kota Salatiga. Abdi Makarti, 3(2), 111–121. http://jurnal.stieama.ac.id/index.php/abdimakarti/article/view/722
Pratama, M. W., Hasan, D., & Putriana, L. (2022). Analisis Strategi Dalam Menjalankan Bisnis Apotek dan Meningkatkan Omzet Pada Masa Pandemi Covid 19. Poltekita : Jurnal Ilmu Kesehatan, 16(3), 352–361. https://doi.org/10.33860/jik.v16i3.1391
Pratiwi, R. I., & Prabandari, S. (2018). Implementasi Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pada Obat Bebas Di Apotek “Nurbunda” Dari Perspektif Etika Kefarmasian. Parapemikir : Jurnal Ilmiah Farmasi, 7(1), 187–191. https://doi.org/10.30591/pjif.v7i1.740
Priyono, T. D. S. A., & Yuniar, P. F. (2021). ANALISIS HUBUNGAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI APOTEK X KEDIRI. Java Health Journal, 8(3), 1–9.
Rero, T. C., Rengga, A., Ayu, C., & Nuwa, W. (2025). Implementasi Penetapan Strategi Dalam Peningkatan Penjualan Pada Apotek Winola Medika. 12(1).
Savero, M. R. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Digital pada Apotek Pendidikan Sekolah Farmasi ITB. 5(10), 3794–3803.
Yuwana, S. I. P., & Fadah, I. (2022). SWOT Analysis: Marketing Strategy Of Apotek Sawojajar Mas To Increase Sales And Competitiveness. Journal of Management and Business Innovations, 4(02), 30. https://doi.org/10.30829/jombi.v4i02.12924