Penerapan Program Vocational Training Bidang E-Commerce untuk Digitalisasi UMKM Peserta Sekoper Cinta

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Agus Nursikuwagus
Umi Narimawati
Siti Kurnia Rahayu
Syahrul Mauluddin
Rangga Sidik

Abstract

Peningkatan penjualan sangat penting dan menjadi prioritas dalam keberlangsungan usaha. Kemandirian perempuan Jawa Barat tidak terlepas dari sektor ini. Pada sisi lain teknologi yang ada sudah siap membantu mengembangkan usaha dan pendapatan dari para perempuan Jawa Barat. Pada kenyataannya, para ibu-ibu yang ada pada sektor ini belum sanggup memanfaatkan teknologi ini sebagai alat bantu penjualan dan peningkatan pendapatan. Berdasarkan fakta ini, menjadi prioritas kegiatan pengabdian untuk meningkatkan pengetahuan dalam penggunaan teknologi e-commerce. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pelatihan dengan materi terstruktur. Tahapan yang dilakukan adalah persiapan, evaluasi awal, pelaksanaan vocational training, pendampingan, dan evaluasi pelaksanaan program. Hasil kegiatan yang dilaksanakan ini yaitu terdapat materi ajar yang terstruktur, jadual yang tersusun, terdapat 100% peserta yang dapat memahami materi dari yang sebelumnya 74,9% yang paham. Hasil dari kegiatan ini juga terdapat pergeseran pengetahuan mengenai teknologi e-commerce. Berasal dari tidak paham menjadi paham menggunakan dan dapat bertransaksi melalui e-commerce.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nursikuwagus, A., Umi Narimawati, Siti Kurnia Rahayu, Syahrul Mauluddin, & Rangga Sidik. (2025). Penerapan Program Vocational Training Bidang E-Commerce untuk Digitalisasi UMKM Peserta Sekoper Cinta . JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2), 1129-1141. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v6i2.2422

References

Agustin, D. A. C., Kusumawardhani, V., Indrawati, I., Herawati, D. M., Wahjudi, S., & Trijayanto, D. (2023). Penyuluhan Strategi Membangun Brand Awarness Produk pada Anggota PKK di Warakas. PANDAWA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1).
Ahmad, M. I. S., Nurjannah, N., Rijal, S., Tahir, M. I. T., & Hasan, M. (2021). Transformasi UMKM Dari Bisnis Konvensional Menjadi Bisnis Online Berbasis Digital di Masa Pandemi COVID-19. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan.
Amalia, S., Mayasari, M., & Santoso, M. P. T. (2023). Fenomena Sosial Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 16435–16440.
Amanda, T. (2023). Pengaruh Brand Positioning Dan Brand Awareness Terhadap Repurchase Intention Dan Consumer Satisfaction (Studi Pada Tokopedia). STIE Indonesia Banking School.
Anggadini, S. D., Rahayu, S. K., Komala, A. R., Puspitawati, L., Astuti, W. A., & others. (2022). Persepsi mahasiswa atas kegiatan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) di lingkungan prodi akuntansi UNIKOM. Jurnal Pendidikan, 23(1), 64–76.
Apridonal, Y., Mardalius, M., & Dristyan, F. (2023). Optimalisasi e-commerce Sebagai Strategi bisnis digital. Journal Of Indonesian Social Society (JISS), 1(2), 86–91.
Atalia Praratya, Susanne Dida, Dadang Sugiana, & Purwanti Hadisiwi. (2021). Communication in Pentahelix Collaboration for Nonformal Womens School in West Java. Review of International Geographical Education Online, 11(5).
Aulami, R., & Ariani, F. (2022). Aplikasi E-Marketplace Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berbasis Mobile. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 3(1), 66–72.
Biavaschi, C., Eichhorst, W., Giulietti, C., Kendzia, M. J., Muravyev, A., Pieters, J., Rodr\’\iguez-Planas, N., Schmidl, R., & Zimmermann, K. F. (2012). Youth unemployment and vocational training.
Biro Pusat Statistik. (2019). BPS_Jawa_Barat. Provinsi Jawa Barat dalam Angka Tahun 2019.
Dini Anjani Nurlatifah, Deden Sumpena, & Fathin Anjani Hilman. (2020). Proses Pemberdayaan Perempuan pada Program Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita (Sekoper Cinta). Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 1(1), 36–45.
Hamza, L. M., & Agustien, D. (2019). Pengaruh perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah terhadap pendapatan nasional pada sektor UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 8(2), 127–135.
Hanifah, H., Susanti, S., & Adji, A. S. (2020). Perilaku dan karateristik peserta didik berdasarkan tujuan pembelajaran. Manazhim, 2(1), 105–117.
Nurhija, N. (2022). E-Commerce Perspektif Generasi Milenial Pada Media Sosial Facebook. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Orinaldi, M. (2020). Peran e-commerce dalam meningkatkan resiliensi bisnis diera pandemi. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 4(2), 36–53.
Putra, R. T. S., Hermansyah, K. P., Yahya, F. A., Andarini, S., & Kusumasari, I. R. (2024). Migrasi Bisnis Konvensional Ke Model Digital: Tantangan Dan Peluang Dalam Transformasi Pada Bisnis Fashion Erigo. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 4(9), 74–83.
Putri, N. A. R., Iriani, S. S., & others. (2019). Faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian melalui e-commerce Shopee. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 8(2), 69–77.
Rochana, R., Darajatun, R. M., & Ramdhany, M. A. (2021). Pengaruh implementasi kebijakan kampus merdeka terhadap minat dan keterlibatan mahasiswa. Journal of Business Management Education (JBME), 6(3), 11–21.
Sitorus, S. A., Gheta, A. P. K., & others. (2022). E Commerce: Strategi Dan Inovasi Bisnis Berbasis Digital.
Susanti, E. (2020). Pelatihan digital marketing dalam upaya pengembangan usaha berbasis teknologi pada UMKM di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala: Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat, 1(2), 36–50.
Umi Narimawati, Marliana B Witanti, Syahrul Mauluddin, & Imelda Pangaribuan. (2020). The Research Project for Development of Gender Integrated Vocational Training Model for West Java Province. 2020.
Widnyani, N. M., Astitiani, N. L. P. S., & Putri, B. C. L. (2021). Penerapan transformasi digital pada UKM selama pandemi Covid-19 di Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 79–87.
Winedar, M., Agustini, M., Ady, S. U., & Widayati, W. (2022). Penguatan Pemasaran Online, Inovasi Produk, dan Penerapan Akuntansi Sederhana pada Bisnis Kuliner Depot Ceria Gresik. Jurnal ABM Mengabdi, 9(2), 88–97.
Zahrah Izzaturrahim. (2021). Sekoper Cinta: Perempuan dalam Wacana Pembangunan di Jawa Barat 2020. Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi , 4(2), 1–12.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'WHERE'