Penerapan Program Vocational Training Bidang E-Commerce untuk Digitalisasi UMKM Peserta Sekoper Cinta
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Peningkatan penjualan sangat penting dan menjadi prioritas dalam keberlangsungan usaha. Kemandirian perempuan Jawa Barat tidak terlepas dari sektor ini. Pada sisi lain teknologi yang ada sudah siap membantu mengembangkan usaha dan pendapatan dari para perempuan Jawa Barat. Pada kenyataannya, para ibu-ibu yang ada pada sektor ini belum sanggup memanfaatkan teknologi ini sebagai alat bantu penjualan dan peningkatan pendapatan. Berdasarkan fakta ini, menjadi prioritas kegiatan pengabdian untuk meningkatkan pengetahuan dalam penggunaan teknologi e-commerce. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pelatihan dengan materi terstruktur. Tahapan yang dilakukan adalah persiapan, evaluasi awal, pelaksanaan vocational training, pendampingan, dan evaluasi pelaksanaan program. Hasil kegiatan yang dilaksanakan ini yaitu terdapat materi ajar yang terstruktur, jadual yang tersusun, terdapat 100% peserta yang dapat memahami materi dari yang sebelumnya 74,9% yang paham. Hasil dari kegiatan ini juga terdapat pergeseran pengetahuan mengenai teknologi e-commerce. Berasal dari tidak paham menjadi paham menggunakan dan dapat bertransaksi melalui e-commerce.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Ahmad, M. I. S., Nurjannah, N., Rijal, S., Tahir, M. I. T., & Hasan, M. (2021). Transformasi UMKM Dari Bisnis Konvensional Menjadi Bisnis Online Berbasis Digital di Masa Pandemi COVID-19. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan.
Amalia, S., Mayasari, M., & Santoso, M. P. T. (2023). Fenomena Sosial Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 16435–16440.
Amanda, T. (2023). Pengaruh Brand Positioning Dan Brand Awareness Terhadap Repurchase Intention Dan Consumer Satisfaction (Studi Pada Tokopedia). STIE Indonesia Banking School.
Anggadini, S. D., Rahayu, S. K., Komala, A. R., Puspitawati, L., Astuti, W. A., & others. (2022). Persepsi mahasiswa atas kegiatan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) di lingkungan prodi akuntansi UNIKOM. Jurnal Pendidikan, 23(1), 64–76.
Apridonal, Y., Mardalius, M., & Dristyan, F. (2023). Optimalisasi e-commerce Sebagai Strategi bisnis digital. Journal Of Indonesian Social Society (JISS), 1(2), 86–91.
Atalia Praratya, Susanne Dida, Dadang Sugiana, & Purwanti Hadisiwi. (2021). Communication in Pentahelix Collaboration for Nonformal Womens School in West Java. Review of International Geographical Education Online, 11(5).
Aulami, R., & Ariani, F. (2022). Aplikasi E-Marketplace Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berbasis Mobile. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 3(1), 66–72.
Biavaschi, C., Eichhorst, W., Giulietti, C., Kendzia, M. J., Muravyev, A., Pieters, J., Rodr\’\iguez-Planas, N., Schmidl, R., & Zimmermann, K. F. (2012). Youth unemployment and vocational training.
Biro Pusat Statistik. (2019). BPS_Jawa_Barat. Provinsi Jawa Barat dalam Angka Tahun 2019.
Dini Anjani Nurlatifah, Deden Sumpena, & Fathin Anjani Hilman. (2020). Proses Pemberdayaan Perempuan pada Program Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita (Sekoper Cinta). Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 1(1), 36–45.
Hamza, L. M., & Agustien, D. (2019). Pengaruh perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah terhadap pendapatan nasional pada sektor UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 8(2), 127–135.
Hanifah, H., Susanti, S., & Adji, A. S. (2020). Perilaku dan karateristik peserta didik berdasarkan tujuan pembelajaran. Manazhim, 2(1), 105–117.
Nurhija, N. (2022). E-Commerce Perspektif Generasi Milenial Pada Media Sosial Facebook. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Orinaldi, M. (2020). Peran e-commerce dalam meningkatkan resiliensi bisnis diera pandemi. ILTIZAM Journal of Shariah Economics Research, 4(2), 36–53.
Putra, R. T. S., Hermansyah, K. P., Yahya, F. A., Andarini, S., & Kusumasari, I. R. (2024). Migrasi Bisnis Konvensional Ke Model Digital: Tantangan Dan Peluang Dalam Transformasi Pada Bisnis Fashion Erigo. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 4(9), 74–83.
Putri, N. A. R., Iriani, S. S., & others. (2019). Faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian melalui e-commerce Shopee. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 8(2), 69–77.
Rochana, R., Darajatun, R. M., & Ramdhany, M. A. (2021). Pengaruh implementasi kebijakan kampus merdeka terhadap minat dan keterlibatan mahasiswa. Journal of Business Management Education (JBME), 6(3), 11–21.
Sitorus, S. A., Gheta, A. P. K., & others. (2022). E Commerce: Strategi Dan Inovasi Bisnis Berbasis Digital.
Susanti, E. (2020). Pelatihan digital marketing dalam upaya pengembangan usaha berbasis teknologi pada UMKM di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala: Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat, 1(2), 36–50.
Umi Narimawati, Marliana B Witanti, Syahrul Mauluddin, & Imelda Pangaribuan. (2020). The Research Project for Development of Gender Integrated Vocational Training Model for West Java Province. 2020.
Widnyani, N. M., Astitiani, N. L. P. S., & Putri, B. C. L. (2021). Penerapan transformasi digital pada UKM selama pandemi Covid-19 di Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 79–87.
Winedar, M., Agustini, M., Ady, S. U., & Widayati, W. (2022). Penguatan Pemasaran Online, Inovasi Produk, dan Penerapan Akuntansi Sederhana pada Bisnis Kuliner Depot Ceria Gresik. Jurnal ABM Mengabdi, 9(2), 88–97.
Zahrah Izzaturrahim. (2021). Sekoper Cinta: Perempuan dalam Wacana Pembangunan di Jawa Barat 2020. Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi , 4(2), 1–12.