Peningkatan Kapasitas Pengurus Masjid Melalui Pelatihan Sistem Informasi Manajemen Masjid (SIMMAS) Berbasis Web pada DKM Khairul Amal Kota Bandung

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Diana Effendi
Rani Puspita Dhaniawaty
Rahmat Hidayat
Muhammad Alghani
Agus Nursikuwagus

Abstract

Program Kegiatan  Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini merupakan lanjutan dari PKM sebelumnya, yang telah dilaksanakan dengan hasil pengukuran kepuasan pengguna sebesar 97%, menunjukkan bahwa peserta sangat puas dengan pelatihan yang diberikan dan membutuhkan pelatihan lanjutan terkait penggunaan teknologi informasi. Oleh karena itu, kegiatan kali ini bertujuan untuk mengadakan pelatihan SIMMAS berbasis web bagi pengurus DKM Masjid Khairul Amal Kota Bandung guna mengoptimalkan manajemen masjid di era digital. Pelatihan ini menggunakan metode Service Learning. Dari hasil pengukuran indeks % kepuasan terhdap PKM ini diperoleh 98,8%. Dapat disimpulkan bahwa dengan kegiatan ini membawa dampak positif bagi peserta.  Melalui pelatihan ini, diharapkan pengurus DKM dapat memanfaatkan SIMMAS sehingga tercipta pengelolaan masjid yang lebih modern, transparan, berbasis teknologi, yang dapat memenuhi kebutuhan pengurus masjid di era digital.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Diana Effendi, Rani Puspita Dhaniawaty, Rahmat Hidayat, Muhammad Alghani, & Agus Nursikuwagus. (2025). Peningkatan Kapasitas Pengurus Masjid Melalui Pelatihan Sistem Informasi Manajemen Masjid (SIMMAS) Berbasis Web pada DKM Khairul Amal Kota Bandung. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(3), 1447-1455. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v6i3.2453

References

Afandi, A. (2022). Metodologi pengabdian masyarakat.
Deeley, S. J. (2015). Critical perspectives on service-learning in higher education. Palgrave McMillan.
Effendi, D., Dhaniawaty, R. P., Alghani, M., Ramadhanty, F., Hidayat, R., & Nursikuwagus, A. (2025). Pelatihan penggunaan aplikasi SIKEMAS (Sistem Informasi Arus Keuangan Masjid) bagi pengurus Dewan Kemakmuran Masjid Khairul Amal Bandung. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 11(3), 236–249.
Effendi, D., Dhaniawaty, R. P., Alghani, M., & Hidayat, R. (2025). Design and Evaluation of Mosque System Using RAD and CSI. JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), 9(3), 2407–1811.
Effendi, D. I. A. N. A., Dhaniawaty, R. P., Fitriawati, M., Cancerina, D. E. L. V. I. O. L. A., & Ramadhan, A. L. D. I. (2024). Design and development of Qurban Service Information System using Research and Development method. Journal of Engineering Science and Technology, 19(5), 1588–1599.
Effendi, D., Dhaniawaty, R. P., Fitriawati, M., & Mumtaz, M. Y. (2023). Design and development of Financial Flow Mosque Information System (SiKeMas) using client server-based object oriented. JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), 9(3), 399–408.
Effendi, D., Dhaniawaty, R. P., Fitriawati, M., Cancerina, D., & Nugraha, R. (2024). Pendampingan layanan zakat menggunakan Sistem Informasi Arus Keuangan Masjid pada Dewan Kemakmuran Masjid. ADMA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 365–374.
Hizbullah, M., Yeltriana, Y., Haidir, H., & Saragih, A. (2022). Peran dewan kemakmuran masjid dalam membangun solidaritas umat. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 6(2), 255–263.
Kurniangsish, W. (2022). Pengelolaan dana zakat, infak, dan sedekah berbasis masjid perspektif hukum ekonomi syariah. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 5(2), 153–168.
Kurniawati, E. T., Zuhroh, I., & Malik, N. (2021). Literasi dan edukasi pembayaran non tunai melalui aplikasi QR Code Indonesian Standard (QRIS) pada kelompok milenial. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 5(1), 23–30.
Mutiasari, A. I. (2020). Perkembangan industri perbankan di era digital. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan, 9(2), 32–41.
Pada, S., Al-Muhajirin, M., Lowokwaru, K., Malang, K., Sebagai, D., Satu, S., Untuk, S., Derajat, S., & Ekonomi, M. (2018). Peran Lazis Masjid Al-Muhajirin dalam pemberdayaan masyarakat melalui zakat infak sedekah (ZIS).
Pandu, P. (2021, June 25). Digitalisasi masjid dorong peradaban Islam masa depan. Kompas.id. https://www.kompas.id/baca/ilmu-pengetahuan-teknologi/2021/06/23/digitalisasi-masjid-dorong-peradaban-islam-masa-depan
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan skala Likert dan skala dikotomi pada kuesioner online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128-137.
Saputri, O. B. (2020). Preferensi konsumen dalam menggunakan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) sebagai alat pembayaran digital. Journals of Economics and Business Mulawarman, 17(2), 1–11.
Sobirin, Z., Zulhayati, & Afrig. (2022). Model kepengurusan organisasi dalam meningkatkan motivasi kerja DKM Masjid di Masjid Al Furqon Haurgeulis. Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 9(6), 1721–1742. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v9i5.28068
Syamsudduha, S. T., Y. T. N., & Tekeng, N. Y. (2017). Penerapan service learning dalam pembelajaran matakuliah pedagogik pada kurikulum pendidikan calon guru. Lentera Pendidikan, 20(1), 1–17.
Taluke, D., Lakat, R. S., & Sembel, A. (2019). Analisis preferensi masyarakat dalam pengelolaan ekosistem mangrove di pesisir pantai Kecamatan Loloda, Kabupaten Halmahera Barat. Spasial, 6(2), 531-540.
Yani. (2009). Panduan memakmurkan masjid (Cet. 1). Al-Qalam Gema Insani.

Most read articles by the same author(s)