Mengembangkan Literasi Melalui Pojok Baca Lentera Kata untuk Meningkatkan Minat Baca Anak-Anak di Desa Belobatang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Claudiana N.B Djawa
Mikhael Rajamuda Bataoana
Urbanus Ola Hurek

Abstract

Minat baca anak-anak di pedesaan cenderung rendah akibat terbatasnya akses bahan bacaan dan minimnya fasilitas literasi. Program Pojok Baca Lentera Kata di Desa Belobatang hadir untuk meningkatkan minat baca anak-anak usia sekolah dasar melalui kegiatan yang dilaksanakan setiap hari Kamis selama empat minggu. Bertempat di depan kantor desa, program ini menggunakan pendekatan partisipatif melalui observasi, pendampingan langsung, dan dokumentasi. Koleksi buku yang disediakan mencakup buku cerita, bergambar, dan pengetahuan umum. Kegiatan membaca dilakukan secara mandiri, membaca nyaring, diskusi ringan, dan latihan menceritakan kembali isi buku. Hasil menunjukkan peningkatan jumlah peserta dan antusiasme anak-anak dari minggu ke minggu. Program ini terbukti efektif menumbuhkan minat baca dan membangun kebiasaan literasi sejak dini, meskipun dilaksanakan dengan fasilitas terbatas. Keberhasilan program ini didukung oleh pendampingan yang konsisten serta partisipasi aktif masyarakat sekitar.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Claudiana N.B Djawa, Mikhael Rajamuda Bataoana, & Urbanus Ola Hurek. (2025). Mengembangkan Literasi Melalui Pojok Baca Lentera Kata untuk Meningkatkan Minat Baca Anak-Anak di Desa Belobatang. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(3), 1574-1583. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v6i3.2544

References

Lestari, Y. (2021). Strategi guru dalam meningkatkan minat baca siswa melalui gerakan literasi sekolah di SDN Penimpoh (Doctoral dissertation,UIN Mataram).
Hidayatulloh, P. , Solihatul, A. , Setyo, E. , Fanantya, R. H. , Arum, S. M., Istiqomah, R. T. U. N. , & Purwanti, S. N. (2019). Peningkatan Budaya Literasi melalui Kegiatan Pojok Baca di SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan Colomadu. BULETIN Literasi Budaya Sekolah, 1, 6–11. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/blbs.v1i1.9301
Antasari, I. W. (2016). Dukungan orang tua dalam membangun literasi anak. Edulib, 6(2) I Iman, B. N. (2022). Budaya literasi dalam dunia pendidikan. PROCEEDING UMSURABAYA, 1(1)
Fithriyah, D. N., & Misnawati, M. (2023). Pengadaan Pojok Baca Sebagai Upaya Membudayakan Literasi Membaca Siswa MI Islamiyah Tuban. Journal of Elementary Educational Research, 3(1), 34-44

Dianingrum, Y. (2021). Pemahaman Siswa Sd Terhadap Materi Pembelajaran Bahasa Jawa Ditinjau Dari Minat Baca (Doctoral dissertation, STKIP PGRI PACITAN)
Astuti, L. K., & Sholehuddin. (2024). Pengaruh Pojok Baca terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas V di SDS Bhakti Luhur. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9, 2260–2269. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13079
Febriana, M. P. M., Astuti, N., Diana, S. M., & Sowiyah. (2023). Analisis Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Melalui Pojok Baca dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 12(10), 89–100. https://doi.org/10.3390/su12104306
Hidayatulloh, P. , Solihatul, A. , Setyo, E. , Fanantya, R. H. , Arum, S. M. , Istiqomah, R. T. U. N. , & Purwanti, S. N. (2019). Peningkatan Budaya Literasi melalui Kegiatan Pojok Baca di SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan Colomadu. BULETIN Literasi Budaya Sekolah, 1, 6–11. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/blbs.v1i1.9301
Chairunnisa, C. (2018). Pengaruh Literasi Membaca Dengan Pemahaman Bacaan (Penelitian Survei Pada Mahasiswa Stkip Kusumanegara Jakarta). Jurnal Tuturan, 6(1), 745. Https://Doi.Org/10.33603/Jt.V6i1.1584
Wahyuni, S. (2015). Menumbuhkembangkan Minat Baca Menuju Masyarakat Literat. Diksi, 16(2), 179–189. Https://Doi.Org/10.21831/Diksi.V16i2.6617
Chairunnisa, C. (2018). Pengaruh Literasi Membaca Dengan Pemahaman Bacaan (Penelitian Survei Pada Mahasiswa Stkip Kusumanegara Jakarta). Jurnal Tuturan, 6(1), 745. Https://Doi.Org/10.33603/Jt.V6i1.1584