Mengembangkan Literasi Melalui Pojok Baca Lentera Kata untuk Meningkatkan Minat Baca Anak-Anak di Desa Belobatang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Minat baca anak-anak di pedesaan cenderung rendah akibat terbatasnya akses bahan bacaan dan minimnya fasilitas literasi. Program Pojok Baca Lentera Kata di Desa Belobatang hadir untuk meningkatkan minat baca anak-anak usia sekolah dasar melalui kegiatan yang dilaksanakan setiap hari Kamis selama empat minggu. Bertempat di depan kantor desa, program ini menggunakan pendekatan partisipatif melalui observasi, pendampingan langsung, dan dokumentasi. Koleksi buku yang disediakan mencakup buku cerita, bergambar, dan pengetahuan umum. Kegiatan membaca dilakukan secara mandiri, membaca nyaring, diskusi ringan, dan latihan menceritakan kembali isi buku. Hasil menunjukkan peningkatan jumlah peserta dan antusiasme anak-anak dari minggu ke minggu. Program ini terbukti efektif menumbuhkan minat baca dan membangun kebiasaan literasi sejak dini, meskipun dilaksanakan dengan fasilitas terbatas. Keberhasilan program ini didukung oleh pendampingan yang konsisten serta partisipasi aktif masyarakat sekitar.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Hidayatulloh, P. , Solihatul, A. , Setyo, E. , Fanantya, R. H. , Arum, S. M., Istiqomah, R. T. U. N. , & Purwanti, S. N. (2019). Peningkatan Budaya Literasi melalui Kegiatan Pojok Baca di SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan Colomadu. BULETIN Literasi Budaya Sekolah, 1, 6–11. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/blbs.v1i1.9301
Antasari, I. W. (2016). Dukungan orang tua dalam membangun literasi anak. Edulib, 6(2) I Iman, B. N. (2022). Budaya literasi dalam dunia pendidikan. PROCEEDING UMSURABAYA, 1(1)
Fithriyah, D. N., & Misnawati, M. (2023). Pengadaan Pojok Baca Sebagai Upaya Membudayakan Literasi Membaca Siswa MI Islamiyah Tuban. Journal of Elementary Educational Research, 3(1), 34-44
Dianingrum, Y. (2021). Pemahaman Siswa Sd Terhadap Materi Pembelajaran Bahasa Jawa Ditinjau Dari Minat Baca (Doctoral dissertation, STKIP PGRI PACITAN)
Astuti, L. K., & Sholehuddin. (2024). Pengaruh Pojok Baca terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas V di SDS Bhakti Luhur. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9, 2260–2269. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13079
Febriana, M. P. M., Astuti, N., Diana, S. M., & Sowiyah. (2023). Analisis Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Melalui Pojok Baca dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 12(10), 89–100. https://doi.org/10.3390/su12104306
Hidayatulloh, P. , Solihatul, A. , Setyo, E. , Fanantya, R. H. , Arum, S. M. , Istiqomah, R. T. U. N. , & Purwanti, S. N. (2019). Peningkatan Budaya Literasi melalui Kegiatan Pojok Baca di SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan Colomadu. BULETIN Literasi Budaya Sekolah, 1, 6–11. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/blbs.v1i1.9301
Chairunnisa, C. (2018). Pengaruh Literasi Membaca Dengan Pemahaman Bacaan (Penelitian Survei Pada Mahasiswa Stkip Kusumanegara Jakarta). Jurnal Tuturan, 6(1), 745. Https://Doi.Org/10.33603/Jt.V6i1.1584
Wahyuni, S. (2015). Menumbuhkembangkan Minat Baca Menuju Masyarakat Literat. Diksi, 16(2), 179–189. Https://Doi.Org/10.21831/Diksi.V16i2.6617
Chairunnisa, C. (2018). Pengaruh Literasi Membaca Dengan Pemahaman Bacaan (Penelitian Survei Pada Mahasiswa Stkip Kusumanegara Jakarta). Jurnal Tuturan, 6(1), 745. Https://Doi.Org/10.33603/Jt.V6i1.1584