Sosialisasi Literasi Digital dalam Meningkatkan Pemasaran yang Efektif di Kelurahan Hajoran, Kabupaten Tapanuli Tengah

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ira Pane
Kurnia Arifah Pasaribu
Hikmah Anum Suganda

Abstract

Fokus utama literasi digital adalah mengembangkan kemampuan individu untuk menggunakan, memahami, mengevaluasi, dan menciptakan informasi dalam konteks digital. Tujuan diadakannya sosialisasi ini adalah semata-mata untuk membantu masyarakat Kelurahan Hajoran mengelola media sosial sebagai bagian dari literasi digital untuk meningkatkan kegiatan perekonomian di daerah tersebut. Metode yang digunakan dalam sosialisasi ini adalah Participatory Action Research yang merupakan metode  penyadaran  masyarakat  mengenai  potensi dan masalah yang  ada  serta mendorong  keikutsertaan  atau  partisipasi  masyarakat  dalam  kegiatan  perubahan yang akan dilaksanakan (Rahmat & Mirnawati, 2020). Kemudian hasil sosialisasi dari pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah para warga Kelurahan Hajoran mampu melek literasi digital khususnya media sosial yang dapat mereka gunakan sebagai media meningkatkan pemasaran efektif produk mereka.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ira Pane, Kurnia Arifah Pasaribu, & Hikmah Anum Suganda. (2025). Sosialisasi Literasi Digital dalam Meningkatkan Pemasaran yang Efektif di Kelurahan Hajoran, Kabupaten Tapanuli Tengah . JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(3), 1638-1645. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v6i3.2598

References

Astuti, A. P., Istianingsih, S., & Widodo, A. (2022). Pentingnya Membangun Budaya Literasi (Budaya Membaca) pada Anak SD di Era Digital. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 2(12), 1184-1189.

Christiane Schroeter, L. M. (2015). The Impact of Guided vs. Self-directed Instruction on Students' Information Literacy skills. Journal for Advancement of Marketing Education, 1-10.

Gasser, U., & Palfrey, J. (2019). Fostering Innovation and Protecting Privacy: Challenges of the Internet of Things. Harvard Journal of Law & Technology, 29(1), 1-35.

Hartati, T. (2016). Multimedia in literacy developmentat remote elementary schools in west java. Edutech, 301-310.

Hasan Subekti, H. S. (2017). Patrap Triloka Ethno-Pedagogy With Research-Based Learning Settings to Develop Capability of Pre-Service Science Teachers: Literature Review. 1st International Conference on Matematichs, Science, and Education (ICoMSE 2017). Malang: Atlantis Press.

Indah Kurnianingsih, R. R. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 61-76.

Kusrini, N., Sulistiawati, R., Imelda, I., & Hurriyani, Y. (2017). Pemberdayaan masyarakat dalam pemanfaatan sumber daya lokal di Desa Jeruju Besar Kecamatan Sungai Kakap. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 139-150
Murtani, A. (2019). Sosialisasi Gerakan Menabung. Sindimas, 1(1), 279-283.
Rafiq, A. (2020). Dampak media sosial terhadap perubahan sosial suatu masyarakat. Global Komunika: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1), 18-29.

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research dalam pemberdayaan Masyarakat. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Non-Formal, 64-71.