Penguatan Kompetensi Dosen Uniska melalui Model Pembelajaran Case Method dan Team Based Project

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fafi Inayatillah
Syamsul Sodiq
Heny Subandiyah
Riki Nasrullah

Abstract

Saat ini, dosen-dosen di UNISKA masih membutuhkan penguatan tentang case method dan team based project. Hal ini penting untuk meningkatkan SDM mahasiswa dan menunjang capaian IKU UNISKA. PKM ini bertujuan memberdayaan kompetensi dosen UNISKA melalui case method  dan team-based project”. Metode yang dilakukan yaitu diskusi, workshop, pendampingan, dan refleksi. Diskusi dilakukan untuk mencari solusi yang dihadapi dosen-dosen tentang case method dan team based project. Workshop dilakukan untuk melatih para dosen merancang pembelajaran dan mengimplementasikan case method dan team based project, kegiatan secara luring telah dilakukan tanggal 20—21 Mei 2024. Pendampingan dilakukan secara online untuk konsutasi dan presentasi hasil revisi produk perangkat ajar berbasis case method dan team based project Juni samai dengan Oktober 2024.  Hasil PKM ini terbukti signifikan meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta dalam menerapkan case method dan team based project.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fafi Inayatillah, Syamsul Sodiq, Heny Subandiyah, & Riki Nasrullah. (2025). Penguatan Kompetensi Dosen Uniska melalui Model Pembelajaran Case Method dan Team Based Project. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(3), 1655-1665. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v6i3.2605

References

Referensi
Bloom, D.E, Canning, D, dan Malaney, P.N. (1999). Demographic Change and Economic Growth in Asia, CID Working Paper No. 1. New York: Centre for International Development at Harvard University.

Mason, A. (2001). Population Change and Economic Development: What We Learned from the East Asia Experience? San Francisco: Paper Presented at the Meetings of the Western Economic Association International.

Kusumawati, W., Kurniasari, N., & Khusniyah, Z. (2019). Pengaruh Integrasi Model Pembelajaran Siklus 5E dengan Case Based Learning ( Cbl ) Terhadap Kecenderungan Berfikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Edunirsing, 3(1), 43–58.

Purnawirawan, O. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian 4C (Creativity, Critical Thinking, Communication, Dan Collaboration) Sistem Pembelajaran Abad Dua Satu Dalam Pengajaran Bidang Produktif Sekolah Menengah Kejuruan Tesis. Hakim.

Ross, John. (2004). Understanding the Demographic Dividend. Washington: USAID.

Sakur, S. B., & Mubarak, A. Al. (2017). Evaluasi Kinerja Dosen Menggunakan Metode Extend Analysis pada Fuzzy Analytic Hierarchy Process (FAHP) (Studi Kasus pada Politeknik Negeri Nusa Utara). Jurnal Ilmiah Tindalung, 3(2), 88–97.

Setiawan, Satria Aji. (2018). Mengoptimalkan Bonus Demografi untuk Mengurangi Tingkat Kemiskinan di Indonesia Optimizing Demographic Dividend To Reduce Poverty Rate in Indonesia. Jurnal Analis Kebijakan | Vol. 2 No. 2

Syarafina, D. N., Dewi, E. R., & Amiyani, R. (2017). Penerapan Case Based Learning (CBL) sebagai Pembelajaran Matematika yang Inovatif. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 243–250.

Thomas, M. D., O’Connor, F. W., Albert, M. L., Boutain, D., & Brandt, P. A. (2001). Case-based teaching and learning experiences. Issues in Mental Health Nursing, 22(5), 517–531. https://doi.org/10.1080/01612840152393708