Pelatihan Design Visual Dalam Pembuatan Presentasi Menggunakan Microsoft PowerPoint.
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Madrasah Tsanawiyah (MTs) Annida Al Islamy adalah sekolah menengah pertama berbasis Islam yang mengintegrasikan pendidikan umum dan agama untuk membentuk siswa yang kompeten akademis sekaligus berkarakter baik. Sekolah ini terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan, termasuk melalui pelatihan keterampilan teknis seperti penggunaan Microsoft PowerPoint untuk meningkatkan literasi digital siswa. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan desain visual dalam pembuatan presentasi di kalangan siswa. Tantangan utama yang dihadapi adalah rendahnya kemampuan siswa dalam memanfaatkan fitur desain dan tata letak PowerPoint sehingga presentasi yang dibuat cenderung monoton dan kurang komunikatif. Metode yang digunakan adalah pelatihan langsung dengan pendekatan partisipatif, mencakup materi pengenalan antarmuka, pemilihan template, pengaturan tata letak slide, penggunaan elemen grafis, hingga teknik visualisasi yang menarik. Pelatihan ini juga dilengkapi dengan latihan praktis dan sesi diskusi interaktif. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan siswa dalam mendesain presentasi yang lebih menarik dan informatif. Dampaknya, siswa menjadi lebih percaya diri dalam menyajikan ide maupun informasi serta lebih siap menghadapi kebutuhan akademik dan kompetensi digital di era modern.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
H. Jatnika et al., “Pelatihan Pengolahan Data yang Efektif Menggunakan Microsoft Excel Sekolah Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Annida Al Islamy,” JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), vol. 6, no. 1, pp. 389–395, Jan. 2025, doi: 10.37339/jurpikat.v6i1.2154.
H. Jatnika et al., “Pengenalan Teknologi Komputer Kepada Siswa Sekolah Dasar MI Darul Hasan Tangerang-Banten,” JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), vol. 5, no. 1, pp. 299–306, Feb. 2024, doi: 10.37339/jurpikat.v5i1.1654.
P. Desain et al., “Irsan Apriandinata, Dede Ridwan,et.all,” 2022.
Yessy Fitriani et al., “Digitalisasi Informasi Sekolah berbasis Web pada Madrasah Ibtidaiyah Darul Hasan,” JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), vol. 5, no. 4, pp. 1207–1217, Oct. 2024, doi: 10.37339/jurpikat.v5i4.1999.
M. Sholeh, S. Suraya, and Rr. Y. Rachmawati, “PENGGUNAAN APLIKASI CANVA SEBAGAI DESAIN KONTEN PROMOSI BAGI PELAKU UMKM,” Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 6, no. 2, pp. 107–113, Oct. 2023, doi: 10.24071/aa.v6i2.6667.
Y. S. Purwanto et al., “Implementasi Teknologi Informasi Dan Manajemen Bisnis Dalam Pengembangan Bidang Pendidikan Dan Kewirausahaan Di Pesantrenpreneur & SMP Ihsan Cerdas Mandiri Banten,” TERANG, vol. 4, no. 1, pp. 63–73, Dec. 2021, doi: 10.33322/terang.v4i1.1268.
G. Darma Dirawan and A. Muchtar, “PKM Pelatihan Desain Grafis pada Siswa SMA Negeri 3 Gowa,” 2022.
A. N. Alfian, M. Y. Putra, R. W. Arifin, A. Barokah, A. Safei, and N. Julian, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual berbasis Aplikasi Canva,” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat UBJ, vol. 5, no. 1, 2022, doi: 10.31599/jabdimas.v5i1.986.
F. Ramadhan, H. S. Rukmi, A. Imran, C. Nugraha, and R. Ferdiansyah, “Software Design using Visual Basic for Application and Microsoft Excel Programming for Students,” REKA ELKOMIKA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 1, no. 2, pp. 86–97, Dec. 2020, doi: 10.26760/rekaelkomika.v1i2.86-97.