Layanan Persiapan Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan Di Universitas Sari Mulia

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Anggrita Sari
Ika Mardiatul Ulfa
Desilestia Dwi Salmarini

Abstract

Prodi Diploma Tiga Kebidanan Universitas Sari Mulia Banjarmasin merupakan salah satu lembaga pendidikan kesehatan yang berada di Kalimantan Selatan yang mempunyai tujuan menghasilkan lulusan yang professional dan mampu memberikan pelayanan kebidanan professional, mandiri dan mampu bersaing secara global. Salah satu cara yang digunakan untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan mengikuti kegiatan uji kompetensi dan mendapatkan surat tanda registrasi (STR). Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan pada kegiatan bimbingan belajar tahun 2018, persentase tingkat kelulusan uji kompetensi tenaga kesehatan mengalami peningkatan khusunya bagi alumni kebidanan dan ners Universitas Sari Mulia Banjarmasin. Sehingga hal tersebut yang mendasari Universitas Sari Mulia tetap ingin mengadakan layanan persiapan uji kompetensi tenaga kesehatan dalam bentuk layanan bimbingan belajar yang dilaksanakan tiga kali dalam satu tahun. Pelaksaan kegiatan ini berupa: 1. Pemasaran kepada masyarakat dan alumni tenaga kesehatan khusunya bidan dan ners tentang keberadaan bimbel uji kompetensi ini, 2. Peningkatan kapasitas SDM dalam pembuatan soal uji kompetensi yang dilaksanakan dalam kegiatan workshop item development, 3. Perencanaan bimbel dengan pengadaan modul soal, 4. Pelaksanaan bimbel di Universitas Sari Mulia Banjarmasin. Hasil dari program ini adalah tersusunnya modul soal uji kompetensi yang sesuai dengan standar nasional dan meningkatnya angka kelulusan uji kompetensi tenaga kesehatan khusunya bidan dan ners.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sari, A., Ika Mardiatul Ulfa, & Desilestia Dwi Salmarini. (2020). Layanan Persiapan Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan Di Universitas Sari Mulia. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(3), 275-285. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i3.303

References

Abidin, Z. 2006. Layanan Bimbingan Belajar sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Belajar Mengajar. Insania, 11(1).
Andayani, dkk. 2014. Penerapan Layanan Bimbingan Belajar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar bagi Siswa yang Mengalami Kesulitan Belajar Siswa Kelas XIV SMA Negeri 1 Sukasada. E-journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1).
Choeron, R.C., & Metrikayanto, W.D. (2020). Meningkatkan Kesiapan Uji Kompetensi Ners melalui Bimbingan Intensif. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 6 (1).
Djunaidi, dkk. 2006. Penilaian Kualitas Jasa Pelayanan Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Berdasarkan Preferensi Konsumen. Journal ilmiah teknik industry, 5(1).
Fitria, R., Serudji, J., & Evareny, L. (2019). Persiapan Uji Kompetensi Bidan sebagai Exit Exam. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19 (1), 195-203.
Hadi, I., Putri, H., & Mulianingsih, M. (2020). Upaya Pencapaian Angka Kelulusan Uji Kompetensi Profesi Ners melalui Pendekatan Metode Peer-teaching. Jurnal Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan, 3 (1), 1-7.
Kismiyati. (2019). Perbedaan Skor Try Out Uji Kompetensi antara Mahasiswa yang Mengikuti Bimbingan Belajar dengan Mahasiswa yang Tidak Mengikuti Bimbingan Belajar pada Mahasiswa D-IV Keperawatan Poltekkes Jayapura. Jurnal Keperawatan Tropis Papua, 2 (1), 65-69.
Lukmanulhakim, & Pusporini, L.S. (2018). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Capaian Kelulusan Uji Kompetensi Ners Mahasiswa Program Profesi Ners. Cakrawala Pendidikan, 2, 306-320.
Sari, A., Ulfa, I.M., & Salmarini, D.D. (2019). PPUPIK di AKBID Sari Mulia Banjarmasin: Layanan Persiapan Uji Kompetensi Bidan di AKBID Sari Mulia. JSIM, 1 (1), 42-50.
Wardani, K.T. 2012. Pembangunan Sistem Informasi Akademik Lembaga Bimbingan Belajar Spectrum. Journal speed-sentra penelitian engineering dan edukasi. 4(2).

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'