Layanan Persiapan Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan Di Universitas Sari Mulia
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Prodi Diploma Tiga Kebidanan Universitas Sari Mulia Banjarmasin merupakan salah satu lembaga pendidikan kesehatan yang berada di Kalimantan Selatan yang mempunyai tujuan menghasilkan lulusan yang professional dan mampu memberikan pelayanan kebidanan professional, mandiri dan mampu bersaing secara global. Salah satu cara yang digunakan untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan mengikuti kegiatan uji kompetensi dan mendapatkan surat tanda registrasi (STR). Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan pada kegiatan bimbingan belajar tahun 2018, persentase tingkat kelulusan uji kompetensi tenaga kesehatan mengalami peningkatan khusunya bagi alumni kebidanan dan ners Universitas Sari Mulia Banjarmasin. Sehingga hal tersebut yang mendasari Universitas Sari Mulia tetap ingin mengadakan layanan persiapan uji kompetensi tenaga kesehatan dalam bentuk layanan bimbingan belajar yang dilaksanakan tiga kali dalam satu tahun. Pelaksaan kegiatan ini berupa: 1. Pemasaran kepada masyarakat dan alumni tenaga kesehatan khusunya bidan dan ners tentang keberadaan bimbel uji kompetensi ini, 2. Peningkatan kapasitas SDM dalam pembuatan soal uji kompetensi yang dilaksanakan dalam kegiatan workshop item development, 3. Perencanaan bimbel dengan pengadaan modul soal, 4. Pelaksanaan bimbel di Universitas Sari Mulia Banjarmasin. Hasil dari program ini adalah tersusunnya modul soal uji kompetensi yang sesuai dengan standar nasional dan meningkatnya angka kelulusan uji kompetensi tenaga kesehatan khusunya bidan dan ners.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Andayani, dkk. 2014. Penerapan Layanan Bimbingan Belajar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar bagi Siswa yang Mengalami Kesulitan Belajar Siswa Kelas XIV SMA Negeri 1 Sukasada. E-journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1).
Choeron, R.C., & Metrikayanto, W.D. (2020). Meningkatkan Kesiapan Uji Kompetensi Ners melalui Bimbingan Intensif. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 6 (1).
Djunaidi, dkk. 2006. Penilaian Kualitas Jasa Pelayanan Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Berdasarkan Preferensi Konsumen. Journal ilmiah teknik industry, 5(1).
Fitria, R., Serudji, J., & Evareny, L. (2019). Persiapan Uji Kompetensi Bidan sebagai Exit Exam. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19 (1), 195-203.
Hadi, I., Putri, H., & Mulianingsih, M. (2020). Upaya Pencapaian Angka Kelulusan Uji Kompetensi Profesi Ners melalui Pendekatan Metode Peer-teaching. Jurnal Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan, 3 (1), 1-7.
Kismiyati. (2019). Perbedaan Skor Try Out Uji Kompetensi antara Mahasiswa yang Mengikuti Bimbingan Belajar dengan Mahasiswa yang Tidak Mengikuti Bimbingan Belajar pada Mahasiswa D-IV Keperawatan Poltekkes Jayapura. Jurnal Keperawatan Tropis Papua, 2 (1), 65-69.
Lukmanulhakim, & Pusporini, L.S. (2018). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Capaian Kelulusan Uji Kompetensi Ners Mahasiswa Program Profesi Ners. Cakrawala Pendidikan, 2, 306-320.
Sari, A., Ulfa, I.M., & Salmarini, D.D. (2019). PPUPIK di AKBID Sari Mulia Banjarmasin: Layanan Persiapan Uji Kompetensi Bidan di AKBID Sari Mulia. JSIM, 1 (1), 42-50.
Wardani, K.T. 2012. Pembangunan Sistem Informasi Akademik Lembaga Bimbingan Belajar Spectrum. Journal speed-sentra penelitian engineering dan edukasi. 4(2).