Pelatihan Penguasaan Google Meet dan PPT Video Untuk Mengembangkan Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid 19 Untuk Guru di SMP Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Taufik Agung Pranowo

Abstract

Pengabdian ini berfokus pada pendampingan dalam bentuk pelatihan bagi guru di SMP Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta, supaya bisa menguasai teknologi dan informasi khususnya dimasa pandemi covid 19. Metode pelaksanaan dilakukan dengan cara pelatihan secara langsung dengan mengenalkan Google Meet dan PPT Video. Selain pemberian informasi, juga dilakukan praktek langsung dalam pelaksanaan dari akses Google Meet dan pembuatan PPT Video. Hasi dari pelaksanaan pengabdian ini yaitu guru di SMP Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta bisa membuat dan mengkases Google Meet dan bisa menggunakan dan membuat PPT Video untuk proses pembelajaran di masa pandemic Covid 19.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Taufik Agung Pranowo. (2021). Pelatihan Penguasaan Google Meet dan PPT Video Untuk Mengembangkan Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid 19 Untuk Guru di SMP Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 1-12. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i1.329

References

Dahiya, S., Jaggi, S., Chaturvedi, K.K., Bhardwaj, A., Goyal, R.C. and Varghese, C., 2016. An eLearning System for Agricultural Education. Indian Research Journal of Extension Education, 12(3), pp.132-135.
Eggen., Paul., dan Don, K. 1996. Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Terjemahan oleh Satrio Wahono. 2012. Jakarta: PT Indeks.
Gheytasi, M., Azizifar, A., & Gowhary, H. (2015). The Effect of Smartphone on the Reading Comprehension Proficiency of Iranian EFL Learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 199, 225–230. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2015.07.510.
Johnston, S. March 6, 2017. "Meet the new Hangouts". Google (dalam bahasa Inggris). https://id.wikipedia.org/wiki/Google_Meet#cite_note-4. diakses tanggal 22 Januari 2021.
Keengwe, J., & Georgina, D. (2012). The digital course training workshop for online learning and teaching. Education and Information Technologies, 17(4), 365–379. https://doi.org/10.1007/s10639-011-9164-x.
Martins, M. de L. (2015). How to Effectively Integrate Technology in the Foreign Language Classroom for Learning and Collaboration. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 77–84. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2015.01.629.
Purwanto, W. Djatmiko, E.T. dan Hariyono. 2016. Penggunaan Model Problem Based Learning Dengan Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, Vol. 1, No. 9, Bln September, Thn 2016, Hal 1700—1705.
Rusman., Kurniawan., dan Riyana. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sardiman, A. M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sawitri, D. 2020. Penggunaan Google Meet Untuk Work From Home Di Era Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Jurnal Prioritas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Volume : 02, Nomor : 01, April 2020.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Suraya., Fatkhiyah, E., Suseno, H. P. Pendampingan Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat Dengan Pembuatan Bahan Ajar Aplikasi Video Scribe Pada Guru Di Sd Muhammdiyah Pandes Bantul. Jurnal Abdimas PHB Vol 2 No 2 Juni Tahun 2019.
Tirtiana, C. P. 2013. Pengaruh Kreativitas Belajar, Penggunaan Media Pembelajaran PowerPoint, dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi pada Siswa Kelas X AKT SMK Negeri 2 Blora Tahun Ajaran 2012/2013 (Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening). Economic Education Analysis Journal (EEAJ), 2 (2): 15-23.
Undang-Undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Zaenal, A. 2011. Buku Pintar Google. Penerbit Media Kita. Jakarta Internet.