Pelatihan Mengoperasikan Display LED Dot Matrix berbasis NodeMCU ESP8266 sebagai Alarm Pengingat Salat di Musala Nurul Huda Poncokusumo-Malang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Zakki Fuadi Emzain
Utsman Syah Amrullah
Nanang Qosim
Ahmad Hanif Firdaus
Am. Mufarrih

Abstract

Pemanfaatan teknologi seperti display LED dot matrix yang berbasis NodeMCU ESP8266 semakin luas penggunaannya. Tidak hanya digunakan untuk iklan dan promosi di toko-toko bisnis saja tapi juga bisa dimanfaatkan di Masjid atau Musala untuk menunjang ibadah. Musala Nurul Huda merupakan salah satu musala di Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang tepatnya di komplek Pondok Pesantren Nurul Huda yang masih menggunakan kalender/pamflet jadwal salat secara manual dalam melihat jadwal salat lima waktu. Oleh karena itu perlu adanya pengabdian kepada masyarakat disana yang bertujuan untuk menerapkan teknologi display LED dot matrix dan juga pelatihan kepada takmir musala terkait cara mengoperasikannya. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metode Participatory Rural Appraisal (PRA). Tahapan pelaksanaan kegiatan ini adalah suvei lapangan, pembuatan running text, pelatihan mengoperasikan running text, serta pemasangan running text. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa running text dapat berfungsi dengan baik dan takmir musala mampu mengoperasikan dan mensetting running text dengan baik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Emzain, Z. F., Utsman Syah Amrullah, Nanang Qosim, Ahmad Hanif Firdaus, & Am. Mufarrih. (2020). Pelatihan Mengoperasikan Display LED Dot Matrix berbasis NodeMCU ESP8266 sebagai Alarm Pengingat Salat di Musala Nurul Huda Poncokusumo-Malang. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 94-104. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i2.334

References

Finawan, Aidi, and Yusman Yusman. 2020. “Pelatihan Instalasi Dan Konfigurasi Tampilan Papan Informasi Running Text Berbasis Jaringan WIFI Di Gampong Uteunkot Kota Lhokseumawe.” In Prosiding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe. Vol. 3.
Mulyati, Yeti, and A Pengantar. 2009. “Kecepatan Efektif Membaca: Apa, Mengapa, Dan Bagaimana?” Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Tengah Arus Global. Bandung: Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.
Nasrullah, Emir, Agus Trisanto, and Misfa Susanto. 2019. “PELATIHAN MENGGUNAKAN JAM DIGITAL JADWAL SHOLAT UNTUK MENUNJANG KEGIATAN BERIBADAH DI MUSHOLA NURUL IMAN.” In SENAPATI Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Teknologi Dan Inovasi. Fakultas Teknik Universitas Lampung.
Nataprawira, Alvy Suhandi, Achmad Rizal, and Agung Surya Wibowo. 2020. “Perancangan Display Led Dot Matrix Via Wi-Fi Menggunakan Aplikasi Mobile Android.” INTECH 1, no. 1: 1–7.
Taryudi, Davin Bagas Adriano, and Wahyu Apsari Ciptoning Budi. 2018. “Iot-Based Integrated Home Security and Monitoring System.” In IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series, 1140:12006.
Waluyo, Catur Budi, and Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto. 2018. “PELATIHAN PEMBUATAN RUNNING TEXT BERBASIS MATRIX DISPLAY LED DENGAN MENGGUNAKAN HD-U6A.” KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 1, no. 1: 7–12.
Wijaya, Chandra, and Pascal Alfadian. 2015. “Implementasi Jam Tersinkronisasi Dengan Menggunakan Arduino Dan Protokol RS-485.” Research Report-Engineering Science 2.
Zainuri, Akhmad, Unggul Wibawa, and Eka Maulana. 2016. “Implementasi Bluetooth HC–05 Untuk Memperbarui Informasi Pada Perangkat Running Text Berbasis Android.” Jurnal EECCIS 9, no. 2: 163–67.
Zondra, Elvira, and Hazra Yuvendius. 2018. “PELATIHAN PEMANFAATAN APLIKASI ARDUINO DALAM RANCANG BANGUN JAM DIGITAL.”

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'