Pelatihan Regulasi Emosi untuk Meningkatkan Strategi Regulasi Emosi pada Mahasiswa Psikologi FIP Unesa yang terdampak Pandemi Covid-19
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Pandemi Covid-19 merupakan salah satu permasalahan yang harus dihadapi Indonesia saat ini. Pandemi Covid-19 dapat menimbulkan emosi negatif pada mahasiswa seperti mudah kesal, sedih, marah, cemas, lelah, tidak bersemangat dan emosi lain yang dapat berubah-ubah. Mahasiswa perlu memiliki keterampilan untuk mengelola emosi negatif saat pandemi Covid-19 yang disebut juga dengan regulasi emosi. Pelatihan regulasi emosi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan mahasiswa mengenai regulasi emosi. Metode yang digunakan pada pelatihan regulasi emosi ini meliputi brainstorming, permainan, diskusi, dan roleplay. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan regulasi emosi mahasiswa antara sebelum dan sesudah pelatihan regulasi emosi. Kemampuan regulasi emosi mahasiswa meningkat setelah mengikuti pelatihan regulasi emosi dan mempraktekkan hasil pelatihan pada saat bertindak atau berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Gross, J. J. (2014). Emotion Regulation: Conceptual and Empirical Foundations. In J. J. Gross (Ed.), Handbook of Emotion Regulation, Second Edition. New York: The Guilford Press.
Kajurniwati. (2019). Pelatihan Regulasi Emosi Terhadap Pengurangan Stress dan Peningkatan Optimisme. Psikoislamedia Jurnal Psikologi, 72-83.
Kapliani, D. (2015). Pelatihan regulasi emosi untuk menurunkan stres pada difabel bukan bawaan [versi elektronik]. Empathy Jurnal, 3(1): 1-17. Dikutip dari http://journal.uad.ac.id/index.php/EMPATHY/article/view/3205/1809.
Patrika, P. J. (2018). Pelatihan regulasi emosi untuk menurunkan stress dan meningkatkan kualitas hidup. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 135-150.
Putra, J. S., Nursanti, A., & Karimulloh. (2019). Pelatihan Regulasi Emosi Untuk Remaja Harapan Mulya Kemayoran . Jurnal Terapan Abdimas, 142-147.
Ratnasari, S. & Suleeman, J. (2017). Perbedaan regulasi emosi perempuan dan laki-laki di perguruan tinggi. Jurnal Psikologi Sosial, 15(01), 35-46
Thompson, R. A. (1994). Emotion regulation: A theme in search of definition. Monographs of The Society for Research in Child Development, 59(2-3), 25-52
Wardhabna, D., Uyun, Q., & S, I. (2017). Pelatihan regulasi emosi untuk dapat meningkatkan kesejahteraan subjektif oramg dengan Hipertensi Esensial. Philantropy Journal of Psychology, 11-75.
World Health Organization. (2020). Coronavirus disease (COVID-19 )pandemic. Dikutip dari https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019.
Yuliani, R. (2013). Emosi negatif siswa kelas XI SMAN Sungai Limau [versi elektronik]. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1): 151-155. Dikutip dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/article/view/883