Pelatihan Regulasi Emosi untuk Meningkatkan Strategi Regulasi Emosi pada Mahasiswa Psikologi FIP Unesa yang terdampak Pandemi Covid-19

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Olievia Prabandini Mulyana
Umi Anugerah Izzati
Meita Santi Budiani
Ni Wayan Sukmawati Puspita Dewi

Abstract

Pandemi Covid-19 merupakan salah satu permasalahan yang harus dihadapi Indonesia saat ini. Pandemi Covid-19 dapat menimbulkan emosi negatif pada mahasiswa seperti mudah kesal, sedih, marah, cemas, lelah, tidak bersemangat dan emosi lain yang dapat berubah-ubah. Mahasiswa perlu memiliki keterampilan untuk mengelola emosi negatif saat pandemi Covid-19 yang disebut juga dengan regulasi emosi. Pelatihan regulasi emosi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan mahasiswa mengenai regulasi emosi. Metode yang digunakan pada pelatihan regulasi emosi ini meliputi brainstorming, permainan, diskusi, dan roleplay. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan regulasi emosi mahasiswa antara sebelum dan sesudah pelatihan regulasi emosi. Kemampuan regulasi emosi mahasiswa meningkat setelah mengikuti pelatihan regulasi emosi dan mempraktekkan hasil pelatihan pada saat bertindak atau berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Mulyana, O. P., Umi Anugerah Izzati, Meita Santi Budiani, & Ni Wayan Sukmawati Puspita Dewi. (2020). Pelatihan Regulasi Emosi untuk Meningkatkan Strategi Regulasi Emosi pada Mahasiswa Psikologi FIP Unesa yang terdampak Pandemi Covid-19. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(3), 249-261. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i3.339

References

Aesijah, S., Prihartanti, N., & Prastiti, W. D. (2016). Pelatihan Regulasi Emosi Terhadap Kebahagiaan Remaja Panti Asuhan. Journal Indigenous , 39-47.
Gross, J. J. (2014). Emotion Regulation: Conceptual and Empirical Foundations. In J. J. Gross (Ed.), Handbook of Emotion Regulation, Second Edition. New York: The Guilford Press.
Kajurniwati. (2019). Pelatihan Regulasi Emosi Terhadap Pengurangan Stress dan Peningkatan Optimisme. Psikoislamedia Jurnal Psikologi, 72-83.
Kapliani, D. (2015). Pelatihan regulasi emosi untuk menurunkan stres pada difabel bukan bawaan [versi elektronik]. Empathy Jurnal, 3(1): 1-17. Dikutip dari http://journal.uad.ac.id/index.php/EMPATHY/article/view/3205/1809.
Patrika, P. J. (2018). Pelatihan regulasi emosi untuk menurunkan stress dan meningkatkan kualitas hidup. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 135-150.
Putra, J. S., Nursanti, A., & Karimulloh. (2019). Pelatihan Regulasi Emosi Untuk Remaja Harapan Mulya Kemayoran . Jurnal Terapan Abdimas, 142-147.
Ratnasari, S. & Suleeman, J. (2017). Perbedaan regulasi emosi perempuan dan laki-laki di perguruan tinggi. Jurnal Psikologi Sosial, 15(01), 35-46
Thompson, R. A. (1994). Emotion regulation: A theme in search of definition. Monographs of The Society for Research in Child Development, 59(2-3), 25-52
Wardhabna, D., Uyun, Q., & S, I. (2017). Pelatihan regulasi emosi untuk dapat meningkatkan kesejahteraan subjektif oramg dengan Hipertensi Esensial. Philantropy Journal of Psychology, 11-75.
World Health Organization. (2020). Coronavirus disease (COVID-19 )pandemic. Dikutip dari https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019.
Yuliani, R. (2013). Emosi negatif siswa kelas XI SMAN Sungai Limau [versi elektronik]. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1): 151-155. Dikutip dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/article/view/883

DB Error: Unknown column 'Array' in 'WHERE'