Peningkatan Kemampuan Membuat Surat dan Laporan Menggunakan Ms.Word pada Siswa MA Raudatul Irfan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Adhi Kusnadi
Marlinda Vasty Overbeek
Yaman Khaeruzzaman
Moeljono Widjaja
Alethea Suryadibrata

Abstract

Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa/siswi MA Raudatul Irfan dalam penggunaan MS.Office, terutama MS.Word. Peningkatan kemampuan siswa/siswi akan meningkatkan peluang mereka untuk memasuki jenjang pendidikan lebih tinggi dan dunia kerja. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dimulai dari pagi jam 8.00 WIB sampai selesai. Banyaknya jumlah siswa/siswi yaitu berjumlah 80 orang ditambah staf dan guru sebanyak 10 orang, maka untuk meningkatkan efektifitas dalam pelatihan di laboratorium Kampus UMN, peserta dibagi dua kelompok sebanyak 40 orang untuk setiap kelasnya. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah demontrasi dan contoh. Pada awal sesi peserta akan diperkenalkan pada komputer, sistem operasi, dan MS.Office, kemudian diakhiri dengan evaluasi dan latihan. Dengan mengikuti pelatihan ini, siswa/siswi akan meningkat kemampuannya dalam menggunakan komputer terutama MS.Office dengan tujuan utama membuat surat dan laporan menggunakan MS.Word. Secara keseluruhan kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan baik, dan hasil latihan/evaluasi yang baik dengan rata-rata indeks prestasi 2,7 dari skala 1-4

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Kusnadi, A., Overbeek, M. V., Khaeruzzaman, Y., Widjaja, M., & Suryadibrata, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Membuat Surat dan Laporan Menggunakan Ms.Word pada Siswa MA Raudatul Irfan. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 190-199. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i2.341

References

Arikunto, S. (2007). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Retrieved from http://library.fis.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=7687
BPS. (2018). Badan Pusat Statistik. Retrieved October 6, 2020, from https://www.bps.go.id/pressrelease/2018/12/17/1532/indeks-pembangunan-teknologi-informasi-dan-komunikasi--ip-tik--indonesia-tahun-2017-sebesar-4-99-pada-skala-0---10.html
Dahar, R. W. (2012). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga. Retrieved from http://library.um.ac.id/free-contents/index.php/buku/detail/teori-teori-belajar-pembelajaran-ratna-wilis-dahar-40596.html
Dunlosky, J., Rawson, K. A., Marsh, E. J., Nathan, M. J., & Willingham, D. T. (2013). Improving Students’ Learning With Effective Learning Techniques: Promising Directions From Cognitive and Educational Psychology. Psychological Science in the Public Interest, 14(1), 4–58. https://doi.org/10.1177/1529100612453266
Fajriah, F. (2017). Learning Journal: Improving Teaching Strategies Through Students’ Reflections. Sukma: Jurnal Pendidikan, 1(2), 301–327. https://doi.org/10.32533/01204(2017)
Hackathorn, J., Solomon, E. D., Blankmeyer, K. L., Tennial, R. E., & Garczynski, A. M. (2011). Learning by Doing: An Empirical Study of Active Teaching Techniques. The Journal of Effective Teaching, 11(2), 40–54.
Hoque, E. (2016). Teaching Approaches, Methods, and Techniques. In International Conference on Language education and Research. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/315836577_Teaching_Approaches_Methods_and_Techniques-_Enamul_Hoque
Jevana, R. J. (2017). Research On Effective Training Method In Organizations – A Millennials Need. International Journal of Innovative Research and Advanced Studies (IJIRAS) , 4(5), 300–305. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/319851805_Research_On_Effective_Training_Method_In_Organizations_-_A_Millennials_Need
Martin, B. O., Kolomitro, K., & Lam, T. C. M. (2014). Training Methods: A Review and Analysis. Human Resource Development Review, 13(1), 11–35. https://doi.org/10.1177/1534484313497947
Paolini, A. (2015). Enhancing Teaching Effectiveness and Student Learning Outcomes. The Journal of Effective Teaching, 15(1), 20–33.