Aplikasi Budidaya Ikan Nila Tunggal Kelamin Pada Pokdakan Desa Karangnangka Kabupaten Banyumas

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dian Bhagawati
Farida Nur Rachmawati
Siti Rukayah

Abstract

Hasil budidaya ikan nila pada pembudidaya ikan di Desa Karangnangka kurang optimal karena dilakukan dengan cara polikultur dan mixed sex. Solusi yang diambil untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan pelatihan pembuatan benih nila jantan untuk budidaya satu jenis. Metode pelaksanaan kegiatan bersifat partisipatif dengan tahapan kegiatan yaitu 1) persiapan, 2) pelaksanaan pelatihan, 3) evaluasi, dan 4) keberlanjutan. Kegiatan praktek dan pembuatan demplot dilakukan dengan melatih khalayak sasaran untuk memilih benih jantan dan betina, kemudian membesarkan secara terpisah untuk benih jantan dan betina dan membesarkannya secara seksual di kolam tanah selama enam minggu dengan menggunakan pakan pelet komersial. Seleksi kelamin dilakukan setelah biji memiliki panjang total 6 cm dan sebelum mencapai 12 cm. Hasil demplot menunjukkan bahwa benih ikan nila yang dipelihara dengan satu kelamin jantan memberikan hasil terbaik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Dian Bhagawati, Farida Nur Rachmawati, & Siti Rukayah. (2020). Aplikasi Budidaya Ikan Nila Tunggal Kelamin Pada Pokdakan Desa Karangnangka Kabupaten Banyumas. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(3), 286-302. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i3.355

References

Bhagawati, D., F.N. Rachmawati & S. Rukayah. 2017. Karakteristik Dimorfisme dan Gambaran Histologis Gonad pada Benih Ikan Nila Hasil Alih Kelamin. Prosing Semnas Pendidikan Biologi dan Saintek II. UMS Surakarta, 87-98

Fitzsimmons, K. 2004. Development of new products and markets for the global tilapia trade. In Proceedings of ISTA .Vol. 6, pp. 624-633.

Guerrero III, R. D., & Shelton, W. L. (1974). An aceto-carmine squash method for sexing juvenile fishes. The progressive fish-culturist, 36(1), 56-56.

Mantau, 2005. Produksi Benih Ikan Nila Jantan Dengan Rangsangan Hormon Metil
Testosterondalam Tepung Pellet. Jakarta : Jurnal Litbang Pertanian

Nuryanto, A., D. Bhagawati., S. Suryaningsih dan E.T. Winarni. 1999. Manipulasi Sex Benih Ikan Nila Merah Menggunakan Metil Testosteron dengan Metode Dipping. Laporan. Fakultas Biologi Unsoed, Purwokerto.

Suyanto, S. R. 1994. Budidaya Ikan Nila. Jakarta: Penebar Swadaya.

Zairin, M.J. 2002. Sex Reversal Memproduksi Benih Ikan Jantan atau Betina. Penebar
Swadaya,