Desain Elemen Branding dan Implementasi Digital Marketing untuk Penguatan Citra Destinasi Benteng Kedung Cowek Surabaya

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Berto Mulia Wibawa
Gita Widi Bhawika
Geodita Woro Bramanti
Anandita Ade Putri
Rachma Rizqina Mardhotillah

Abstract

Benteng Kedung Cowek (BKC) dengan keindahan destinasi benteng kuno dan cerita sejarah kepahlawanan yang terkandung dibaliknya, sangat berpotensi untuk menjadi tujuan wisata sejarah yang terkenal di Kota Surabaya. Tetapi, kawasan tersebut belum sepenuhnya dikembangkan untuk keperluan pariwisata, sehingga belum banyak dikenal oleh masyarakat maupun wisatawan. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu pengelola dan stakeholders BKC dalam merancang aspek branding kawasan dan peningkatan citra destinasi. Melalui desain elemen merek dan implementasi strategi digital marketing yang tepat, diharapkan BKC yang sejak Tahun 2019 telah menyandang predikat bangunan cagar budaya, akan semakin dikenal dan berdampak positif bagi peningkatan kontribusi sektor pariwisata di Jawa Timur, peningkatan aspek perekonomian kota, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang tinggal disekitar BKC.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Wibawa, B. M., Gita Widi Bhawika, Geodita Woro Bramanti, Anandita Ade Putri, & Rachma Rizqina Mardhotillah. (2020). Desain Elemen Branding dan Implementasi Digital Marketing untuk Penguatan Citra Destinasi Benteng Kedung Cowek Surabaya . JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(3), 335-345. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i3.365

References

Afrizal, Okky. Oral History Sejarah Berdirinya Benteng Kedung Cowek Surabaya. Tugas Akhir. Universitas Airlangga, (2017).
Almeyda-Ibáñez, Marta, and Babu P. George. "Place branding in tourism: a review of theoretical approaches and management practices." Tourism & Management Studies 13, no. 4 (2017): 10-19.
Ashworth, Gregory, and Mihalis Kavaratzis. "Beyond the logo: Brand management for cities." Journal of Brand Management 16, no. 8 (2009): 520-531.
Hakim, Muhammad Saiful, and Berto Mulia Wibawa. "Requirements for rural tourism branding: a case study in Trenggalek." International Journal of Tourism Policy 8, no. 4 (2018): 337-347.
Humas Pemerintah Kota Surabaya. (2019). Benteng Kedung Cowek Ditetapkan Sebagai Bangunan Cagar Budaya. Diakses 31 Oktober 2020 [https://humas.surabaya.go.id/2020/05/08/benteng-kedung-cowek-ditetapkan-sebagai-bangunan-cagar-budaya/]
Kavaratzis, Mihalis. "Place branding: A review of trends and conceptual models." The marketing review 5.4 (2005): 329-342.
Kumar, Navin, and Rajeev Kumar Panda. "Place branding and place marketing: a contemporary analysis of the literature and usage of terminology." International Review on Public and Nonprofit Marketing 16, no. 2-4 (2019): 255-292.
Vela, Jordi de San Eugenio, Joan Nogué, and Robert Govers. "Visual landscape as a key element of place branding." Journal of place management and development (2017).
Wibawa, Berto Mulia, and Andi Hafsah. "Development of Samiler Jarak-Dolly (SAMIJALI) Business Through Social-Based Business Model." IPTEK Journal of Proceedings Series 3 (2019): 9-15.
Widyaswara, Bramantya Yoga, Berto Mulia Wibawa, and Muhammad Saiful Hakim. "Perancangan Logo dan Slogan Kabupaten Trenggalek Sebagai Media City Branding." Jurnal Sains dan Seni ITS 7.1 (2018): 23-25.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'WHERE'