Pelatihan Keselamatan Berkendara Sepeda Motor Dalam Menekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas Bagi Siswa SMK di Kota Bekasi.

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Siti Sahara
Sylvira Ananda Azwar

Abstract

Pada tahun 2018, terdapat 485 kasus dan menjadi 675 kasus kecelakaan lalu lintas sepanjang 2019. Sejumlah upaya terus dilakukan untuk mendorong dan menumbuhkan kesadaran tertib berlalulintas. Diantaranya dengan melaksanakan Pengabdian Masyarakat tentang keselamatan berkendara sepeda motor dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas khususnya pada kalangan pelajar. Tujuan Pengabdian Masyarakat ini untuk memenuhi kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi dengan memberikan penyuluhan agar siswa/i SMK di Kota Bekasi agar dapat memahami pentingnya berlalu lintas yang baik. Kegiatan ini akan dilaksanakan di via aplikasi zoom mengingat keterbatasan yang ditimbulkan akibat efek Covid-19. Pengabdian Masyarakat ini ini telah dilaksanakan dengan tanggapan cukup baik dari siswa/i SMK yang berada di wilayah Kota Bekasi. Hal ini dapat dilihat dari tanggapan respon mereka yang meminta untuk diadakan lagi pelatihan dengan tema bidang transportasi lainnya.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Siti Sahara, & Sylvira Ananda Azwar. (2020). Pelatihan Keselamatan Berkendara Sepeda Motor Dalam Menekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas Bagi Siswa SMK di Kota Bekasi. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(3), 303-314. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i3.368

References

Adhanudin, Y., Ekawati, E., & Wahyuni, I. (2017). Analisis Perilaku Safety Riding Pada Warga Kampung Safety Di Kelurahan Pandean Lamper Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(3), 332–338.
Badan Pusat Statistik. (2020). Jumlah Kecelakaan, Koban Mati, Luka Berat, Luka Ringan, dan Kerugian Materi yang Diderita Tahun 1992 - 2018. https://www.bps.-go.id/linkTableDinamis/view/id/1134
Hasbi, M. L., & Muis, I. (2020). Segmentasi , Targeting dan Positioning Produk Neo Coffee dari Wings Food untuk Pasar Kota Bekasi. 5(1), 63–72.
(LDIJ) Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. 2009. Undang-undang No. 22 Tahun 2009.
Nastiti, F. A. (2018). Hubungan Antara Kepemilikan Sim C Dan Keikutsertaan Dalam Tes Pembuatan Sim Dengan Pengetahuan Berkendara Dan Kecelakaan Lalu Lintas Di Kabupaten Sidoarjo. The Indonesian Journal of Public Health, 12(2), 167. https://doi.org/10.20473/ijph.v12i2.2017.167-178
Nuryati, S. (2017). Penggunaan Bahan Bakar Minyak Terhadap Kecepatan Kendaraan Dan Nilai Waktu Perjalanan Di Wilayah Kota Bekasi. Bentang, 5(1), 45–61.
Prima, D. W., Kurniawan, B., Masyarakat, F. K., & Diponegoro, U. (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Terhadap Perilaku Safety Riding Pada Mahasiswa Fakultas X Universitas Diponegoro. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 3(3), 370–381.
Putra, A. S. (2019). Penggabungan Wilayah Kota Bekasi Dan Kota Tangerang Ke Wilayah ibu kota DKI Jakarta Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Pasal 32 Tahun 2019 Dapat Membantu Mewujudkan DKI Jakarta Menjadi Kota Pintar. Ipsikom, 7(2).
Septi Wulandari ,Siswi Jayanti, B. W. (2017). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU BERKENDARA AMAN (SAFETY RIDING) PADA KURIR POS SEPEDA MOTOR DI PT. POSINDONESIA CABANG ERLANGGA SEMARANG 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(5, Oktober 2017), 346–355.
Sugiyanto, Gito & Santi, M. Y. (2015). Karakteristik Kecelakaan Lalu Lintas dan Pendidikan Keselamatan Berlalulintas Sejak Usia Dini: Studi Kasus di Kabupaten Purbalingga. Jurnal Ilmiah Semesta Teknika, 18 No. 1(1), 65–75. http://journal.umy.ac.id/index.php/st/article/download/707/857