Sosialisasi Penerapan Pendidikan Karakter dan Pendidikan Intelektual Dalam Mengajar Siswa Sekolah Dasar

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rina Nurhidayati Soebardji
Isroyati

Abstract

Jika ditinjau dari segi pendidikan intelektual, Indonesia telah memiliki banyak fasilitas baik negeri maupun swasta dalam akses dunia pendidikan dimulai dari tingkat dasar sampai sistem perkuliahan yang selalu berkembang di setiap saatnya. Namun, bagaimana dengan pendidikan karakter di Indonesia? Apakah telah relevan dengan pendidikan intelektual? Disinilah titik tombak bahwa pendidikan intelektual perlu diimbangi oleh pendidikan karakter. Tujuan penelitian ini untuk memahami implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian pendidikan intelektual siswa. Metode yang dingunakan yaitu penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di SDN Ratu Jaya 3. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai karakter yang dikembangkan yaitu, terlihat tenaga pengajar (Guru) jauh lebih antusias dengan diberikannya presentasi mengenai pentingnya menanamkan pendidikan intelektual dan pendidikan karakter kepada siswa, sehingga para siswa dapat membentuk karakternya menjadi jauh lebih baik. Impelementasi pendidikan karakter dilaksanakan melalui proses pembelajaran di sekolah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Soebardji, R. N., & Isroyati. (2020). Sosialisasi Penerapan Pendidikan Karakter dan Pendidikan Intelektual Dalam Mengajar Siswa Sekolah Dasar. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(3), 346-353. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i3.376

References

A. Kusuma, Doni, Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak di Zaman Global Jakarta: Grasindo, 2007.
Al-Nashr, M. Shofyan, “Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal; Telaah Pemikiran KH.Abdurrahman Wahid (Gus Dur)”, Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, 2010.
Febriyanto, B., Patimah, D. S., Rahayu, A. P., & Masitoh, E. I. (2020). Pendidikan Karakter Dan Nilai Kedisiplinan Peserta Didik Di Sekolah. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1).
Hidayatullah, Furqon, Pendidikan Karakter; Membangun Peradaban Bangsa, Surakarta: Yuma Pustaka, 2010.
Hidayat, H. Syarif. 2013. “Pengaruh Kerjasama Orang Tua Dan Guru Terhadap Disiplin Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama ( Smp ) Negeri Kecamatan Jagakarsa - Jakarta Selatan.” Jurnal Elementaria Edukasia Volume 3 No 1 Tahun 20201.
Kesuma, Dharma, Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktek di Sekolah,Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
M. Furqon Hidayatullah, Guru Sejati : Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas, Surakarta: Yuma Pustaka, 2009), Cet. 2.
Majid, Abdul, Dian Andayani, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Muhaimin Azzet, Akhmad, Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia, Jogjakarta: Ar-Ruz Media, 2011.
Puspitasari, F. B., & Herdiati, D. (2020). Pendidikan Karakter Melalui Lagu Di Sekolah DASAR. Jurnal Penelitian Musik (JPM), 1(2), 138-151.
Rahman, A., Zulkifli, Z., & Juanda, J. (2020). Model Inovasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(2), 179-191.
Semali, Ladislaus M. and Philbert L. Vumilia. 2016. “Challenges Facing Teachers ’ Attempts to Enhance Learners ’ Discipline in Tanzania ’ s Secondary Schools.” World Journal of Education 6(1):50–67.
Sholekah, F. F. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-6.
Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan Karakter di Era Milenial. Jakarta: Deepublish.