PKM E-POSYANDU KELURAHAN CIGUGUR TENGAH

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yuda Syahidin
Rini Suwartika Kusumadiarti
Dina Sonia

Abstract

Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) merupakan bentuk upaya kesehatan yang pengelolaan dan penyelenggaraan dilakukan dari, oleh, untuk masyarakat sebagai bentuk pembangunan kesehatan di tingkat dasar. Posyandu Kelurahan Cigugur Tengah merupakan mitra posyandu yang memiliki tingkat pelayanan yang kurang maksimal. Metode pengabdian yang dilakukan adalah 1) pengumpulan data permasalahan yang dihadapi; 2) Penyuluhan pelayanan posyandu yang efektif dan maksimal dari narasumber; 3) Penyuluhan pelayanan posyandu dengan bantuan aplikasi E-Posyandu. Aplikasi E-Posyandu yang dirancang merupakan Aplikasi berbasis smartphone (Android) yang digunakan untuk memonitoring pelayanan yang terdiri dari Informasi Waktu Pelaksanaan Posyandu, Informasi Pelayanan Posyandu, Informasi mengenai penyuluhan Kesehatan Ibu dan Anak, Informasi Perkembangan Dan Pertumbuhan (gizi) bayi dan balita, Informasi data Imunisasi serta informasi ibu hamil dan KB. Dengan adanya aplikasi e-posyandu ini dapat memberikan kontribusi dan berdampak positif yang baik bagi Mitra Posyandu sehingga tingkat pelayanan menjadi maksimal serta dapat meningkatkan strata posyandu yang bersangkutan di wilayah kelurahan Cigugur Tengah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Yuda Syahidin, Rini Suwartika Kusumadiarti, & Dina Sonia. (2020). PKM E-POSYANDU KELURAHAN CIGUGUR TENGAH. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 209 - 224. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i1.398

References

Asnawi. (2007). Teori motivasi dalam pendekatan psikologi industri dan organisasi. Jakarta: Studia Press.
Imam Z dan Nova A, J. (2012 ). Hubungan Antara Motivasi Ibu dengan Kunjungan Balita ke Posyandu di Dusun Belahan Wilayah Kerja Puskesmas Puri. Jurnal Penelitian.
Ismawati, C. ( 2010). Posyandu dan Desa Siaga panduan untuk Bidan dan Kader. Yogyakarta: Nuha Medika.
Kristiani, W. d. (2006). Pemanfaatan Pelayanan Posyandu di Kota Denpasar. Working Paper Series. No. 15 Universitas Gadjah Mada.
Masrikhiyah, R. (2020). Peningkatan Pengetahuan Ibu Mengenai Gizi Seimbang Dalam Pemenuhan Gizi Keluarga. DINAMISA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , Vol. 4, No. 3 September 2020, 476-481.
Notoatmodjo, S. (2010 ). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
RI, D. (2006 ). Pengertian Posyandu.
RI, K. (2013). Jumlah posyandu di Indonesia 2013.
RI, K. K. ( 2010). Keberadaan Posyandu sebagai wadah pemberdayaan masyarakat. Syarifudin. (2009). Kunci keberhasilan pengembangan program posyandu. Jakarta: ECG.