Peningkatan Peran Ibu Rumah Tangga Di Era Pandemi Covid 19 Melalui Jualan Online Di Desa Candiwulan Adimulyo Kebumen
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada ibu rumah tangga di Desa Candiwulan Adimulyo Kebumen tentang cara meningkatkan peran penting mereka dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga di era saat ini saat ada pandemi COVID-19. Metode pelaksanaan dengan metode ceramah secara online menggunakan media sosial whatsapp. Diharapkan ibu-ibu rumah tangga makin kreatif berdagang online dengan menggunakan media sosial untuk bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga ataupun mengurangi dampak negatif menurunnya pendapatan keluargai. Ibu-ibu rumah tangga di Desa Candiwulan Kebumen memiliki ketrampilan membuat makanan ringan seperti seriping, kue-kue tradisional, kue modern seperti pizza dan berdagang sate. Dengan menggunakan media sosial yang mudah akan memudahkan mendapatkan pelanggan dan mengurangi dampak penularan COVID-19. Dengan kegiatan ini diharapkan ibu rumah tangga lebih semangat dan optimis untuk berjualan secara online
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Kartono, K. 1992. Psikologi Wanita, Mengenal Wanita Sebagai Ibu dan Nenek. Jilid 2. Bandung: Mandar Maju.
Kasali, Rhenald. (2007). Manajemen Periklanan. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Kotler, P., dan Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Munandar, S.C.U. (1983). Emansipasi dan Peran Ganda Wanita Indonesia. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press)
Panuju, R. (2017). Pengawasan Iklan Pelayanan Kesehatan Tradisional di Trelevisi. Jurnal Studi Komunikasi. Vol 1. No. 2. Hal 186-205. https://doi.org/10.25139/jsk.v1i2.154
Pemerintah Indonesia. (2008). Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Serta Transaksi Elektronik, atau Teknologi Informasi. Lembaran Negara RI Tahun 2008. No. 115. Jakarta: Sekretariat Negara.
Pemerintah Indonesia. (2016). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Serta Transaksi Elektronik, atau Teknologi Informasi. Jakarta: Sekretariat Negara.
Sayogyo, Pudjiwati. (1983). Peranan Wanita dalam Perkembangan Masyarakat Desa. Jakarta: Rajawali.
Swastha, Basu dan Irawan. (2003). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberti
Tjiptono, Fandy. (2005). Brand Management and Strategy. Andi: Yogyakarta.