Peningkatan Peran Ibu Rumah Tangga Di Era Pandemi Covid 19 Melalui Jualan Online Di Desa Candiwulan Adimulyo Kebumen

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Siti Nur Azizah
Indah Rohyani
Feby Evelina

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada ibu rumah tangga di Desa Candiwulan Adimulyo Kebumen tentang cara meningkatkan peran penting mereka dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga di era saat ini saat ada pandemi COVID-19. Metode pelaksanaan dengan metode ceramah secara online menggunakan media sosial whatsapp. Diharapkan ibu-ibu rumah tangga makin kreatif berdagang online dengan menggunakan media sosial untuk bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga ataupun mengurangi dampak negatif menurunnya pendapatan keluargai. Ibu-ibu rumah tangga di Desa Candiwulan Kebumen memiliki ketrampilan membuat makanan ringan seperti seriping, kue-kue tradisional, kue modern seperti pizza dan berdagang sate. Dengan menggunakan media sosial yang mudah akan memudahkan mendapatkan pelanggan dan mengurangi dampak penularan COVID-19. Dengan kegiatan ini diharapkan ibu rumah tangga lebih semangat dan optimis untuk berjualan secara online

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Siti Nur Azizah, Indah Rohyani, & Feby Evelina. (2021). Peningkatan Peran Ibu Rumah Tangga Di Era Pandemi Covid 19 Melalui Jualan Online Di Desa Candiwulan Adimulyo Kebumen. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 44-52. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i1.463

References

A. Shimp, Terence. (2000). Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Edisi ke-5. Jakarta: Erlangga

Kartono, K. 1992. Psikologi Wanita, Mengenal Wanita Sebagai Ibu dan Nenek. Jilid 2. Bandung: Mandar Maju.

Kasali, Rhenald. (2007). Manajemen Periklanan. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Kotler, P., dan Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Munandar, S.C.U. (1983). Emansipasi dan Peran Ganda Wanita Indonesia. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press)

Panuju, R. (2017). Pengawasan Iklan Pelayanan Kesehatan Tradisional di Trelevisi. Jurnal Studi Komunikasi. Vol 1. No. 2. Hal 186-205. https://doi.org/10.25139/jsk.v1i2.154

Pemerintah Indonesia. (2008). Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Serta Transaksi Elektronik, atau Teknologi Informasi. Lembaran Negara RI Tahun 2008. No. 115. Jakarta: Sekretariat Negara.

Pemerintah Indonesia. (2016). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Serta Transaksi Elektronik, atau Teknologi Informasi. Jakarta: Sekretariat Negara.

Sayogyo, Pudjiwati. (1983). Peranan Wanita dalam Perkembangan Masyarakat Desa. Jakarta: Rajawali.

Swastha, Basu dan Irawan. (2003). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberti

Tjiptono, Fandy. (2005). Brand Management and Strategy. Andi: Yogyakarta.