Pengabdian Masyarakat Penerapan Dukungan Psikologis untuk Meningkatkan Perubahan Positif Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Hanggara Budi Utomo
Vivi Ratnawati
Nora Yuniar Setyaputri
Restu Dwi Ariyanto
Widi Wulansari

Abstract

Mayoritas mahasiswa ketika dalam pembelajaran daring mengalami masalah psikologis, antara lain: stres karena banyaknya tugas, adanya penyesuaian diri yang kurang, beban pikiran yang besar, dan adanya ketidakberdayaan dalam diri mahasiswa. Oleh karena itu, perlu adanya dukungan psikologis agar mahasiswa dapat optimis, realistis, berpengharapan, dan mencapai target yang diinginkan selama proses pembelajaran. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memberi informasi langkah-langkah dukungan psikologis kepada mahasiswa supaya mahasiswa dapat menjalani pembelajaran daring dengan baik. Khalayak sasaran pada kegiatan ini adalah mahasiswa sebanyak 92 peserta, menggunakan metode ceramah, tanya jawab, serta diskusi yang dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi zoom. Hasil pelaksanaan pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa hampir 50 persen mahasiswa memahami konsep informasi dukungan psikologis selama pembelajaran dengan baik. Materi tentang “HORE†yang dikenal dengan konsep modal psikologis sebagai dukungan psikologis sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk melakukan perubahan positif dalam melaksanakan pembelajaran.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Hanggara Budi Utomo, Vivi Ratnawati, Nora Yuniar Setyaputri, Restu Dwi Ariyanto, & Widi Wulansari. (2021). Pengabdian Masyarakat Penerapan Dukungan Psikologis untuk Meningkatkan Perubahan Positif Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 66-76. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i1.481

References

Bandura, A. (1997). Self efficacy: The exercise of control. New York, NY: W. H. Freeman and Company.

Kusuma, K. A., & Prihatsanti, U. (2016). Hubungan antara psychological capital dengan disiplin kerja karyawan bagian produksi PT. Argamas Lestari Semarang. Jurnal Empati, 5(2), 317–321.

Liran, B. H, & Miller, P. (2017). The Role of Psychological Capital in Academic Adjustment Among University Students. Journal of Happiness Studies: An Interdisciplinary Forum on Subjective Well-Being, 20(1), 51-65. doi:10.1007/s10902-017-9933-3

Luthans, F., Luthans, K. W., & Luthans, B. C. (2004). Positive psychological capital: Beyond human and social capital. Business Horizons, 47, 45–50. doi: 10.1016/j.bushor.2003.11.007

Luthans, F. (2002). The need for and meaning of positive organizational behavior. Journal of Organizational Behavior, 23, 695–706. doi: 10.1002/job.165

Luthans, F., & Youssef, C. M. (2004). Human, social, and now positive psychological capital management. Organizational Dynamics, 33, 143–160. doi: 10.1016/j.orgdyn.2004.01.003

Luthans, F., Youssef, C. M., Avolio, B. J. (2007). Psychological capital: Developing the human competitive edge. New York: Oxford University Press.

Luthans, B. C., Luthans, K. W., & Jensen, S. M. (2012). The impact of business school students’ psychological capital on academic performance. Journal of Education for Business, 87(5), 253-259. doi: 10.1080/08832323.2011.609844

Mahanani, F.K. (2020). Kuliah daring dan kesehatan mental. Diakses tanggal 4 Agustus 2020 melalui http://linikampus.com/2020/05/06/kuliah-daring-dan-kesehatan-mental-2/

Masten, A. S., & Reed, M. J. (2002). Resiliency in development. In C. R. Snyder & S. Lopez (Eds.), Handbook of positive psychology. Oxford, England: Oxford University Press.

Mendikbud. (2020). Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pembelajaran secara Daring dan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (COVID- 19). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Morganson, V. J., Litano, M. L., & Neill, S. K. O. (2014). Promoting work- family balance through positive psychology: A practical review of the literature. The Psychological-Manager Journal, 17(4), 221–244. doi: 10.1037/mgr0000023

Prihatsanti, U. (2014). Dukungan keluarga dan modal psikologis mahasiswa. Jurnal Psikologi, 13(2), 196-201. doi: 10.14710/jpu.13.2.196-201
Prima, E. (2020). UNESCO: 850 juta siswa di 102 negara tidak sekolah karena corona. Diakses tanggal 4 Agustus 2020 melalui https://tekno.tempo.co/read/1321347/unesco-850-juta-siswa-di-102-negara-tidak-sekolah-karena-corona

Rusdiana, E., & Nugroho, A. (2020). Respon mahasiswa pada pembelajaran daring bagi mahasiswa mata kuliah pengantar hukum Indonesia UNESA. Integralistik, 31(1), 1-12. doi: 10.15294/ integralistik.v31i1.21834

Seligman, M. E. P. (2002). Authentic happiness. New York: Free Press.