Upaya Penyembuhan Trauma Pascabencana pada Anak-anak Desa Banaran Ponorogo dengan Permainan Tradisional dan Tembang Dolanan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Endang Sri Maruti
Nur Samsiyah
Suharni
Fida Rahmantika Hadi

Abstract

Berbagai bencana yang datang menghampiri Indonesia menyisakan trauma mendalam bagi para korban, khususnya yang kehilangan harta benda dan sanak keluarganya. Trauma mendalam juga dialami anak-anak usia sekolah, khususnya sekolah dini dan sekolah dasar. Untuk itu perlu adanya upaya untuk memulihkan kembali trauma pada anak. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah dengan kegiatan sosial-psikologis khususnya bagi anak-anak usia sekolah. Salah satunya adalah dengan selalu mengajak anak untuk bersenang-senang dengan hal yang kecil. Dengan mengajak anak-anak bermain permainan tradisional yang ringan-ringan namun tetap menghibur dan membuat hati mereka menjadi senang dan pelan-pelan dapat melupakan kejadian bencana itu. Selain bermain, anak-anak juga diajak untuk bernyanyi. Dengan menyanyikan lagu-lagu anak berbahasa Jawa atau tembang dolanan, maka anak-anak akan lebih tenang dan terhibur hatinya.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Endang Sri Maruti, Nur Samsiyah, Suharni, & Fida Rahmantika Hadi. (2021). Upaya Penyembuhan Trauma Pascabencana pada Anak-anak Desa Banaran Ponorogo dengan Permainan Tradisional dan Tembang Dolanan. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 88-97. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i1.486

References

Agung, S. 2006. Materi Longsor dan Penanganan Pasca Bencana. https: www.usgs.com, diakses pada tanggal 20 Desember 2020
Darmanto. 2006. “Pengalaman dari Penanganan Bencana Alam di Yogyakarta.”. Makalah RAPI V. Surakarta: Fakultas Teknik UMS. 52 WARTA, Vol .10, No. 1, Maret 2007: 43 – 52
Hartini, H. and Maruti, E. S. (2016) ‘Pemetaan Materi Tembang Dolanan Untuk Siswa Sekolah Dasar Se-Karesidenan Madiun’, in Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.
Kuban, C. (2015) ‘Healing trauma through art’, Reclaiming Children and Youth. Starr Global Learning Network (dba Reclaiming Youth International), 24(2), p. 18.
Levine, P. A. (2008) Healing trauma. ReadHowYouWant. com.
Longman. 2000. The Theory of Plate Tectonics. New York: CD-Toefl.
Rahman, Arief. 2006. “Disaster Emergency Response Information System”. Makalah RAPI V. Surakarta: Fakultas Teknik UMS.
Rusmiyati, C. and Hikmawati, E. (2012) ‘Penanganan dampak sosial psikologis korban bencana Merapi’, Sosio Informa, 17(2).
Siegel, D. J. and Solomon, M. F. (2003) Healing Trauma: Attachment, Mind, Body and Brain (Norton Series on Interpersonal Neurobiology). WW Norton & Company.
Wajdi, M.Farid. 2000. Pedoman Pelaksanaan Pengabdian pada Masyarakat. Surakarta: LPM-UMS.
Wheeler, K. (2007) ‘Psychotherapeutic strategies for healing trauma’, Perspectives in Psychiatric Care. Wiley Online Library, 43(3), pp. 132–141.