Pendampingan Kepala Sekolah Pada Kegiatan Rekrutmen Guru Sebagai Syarat Pendirian Sekolah Menengah Pertama (SMP) Citra Insan Mulia
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk pendampingan kepala sekolah dalam melakukan kegiatan rekrutmen guru yang akan dijadikan sebagai salah satu syarat untuk pendirian sekolah menengah pertama (SMP) Citra Insan Mulia. Guru yang memiliki kompetensi professional, kompetensi pedagogik, kompetensi personal dan kompetensi sosial serta menguasai metodologinya, yang diharapkan dapat menjadi transformer ilmu pengetahuan, penanaman nilai-nilai akhlak dan pematangan pendidikan kepada anak didiknya. Rekrutmen guru yang kurang matang, sering mengakibatkan terjadinya ketidaksesuaian antara harapan dan keinginan sekolah dan akan berdampak besar bagi proses pendidikan dikemudian hari. Metode dengan pendekatan Participatory Rural Appraisal (PRA) digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini. Kesimpulannya, pendampingan kepala sekolah sebagai fasilitator dilakukan mulai dari pembentukan panitia, sosialisasi, pendaftaran, melakukan seleksi berupa uji tulis, wawancara dan mocro teaching sampai dengan penetapan hasil dari proses rekrutmen, berupa pengumuman kelulusan terlaksana sesuai dengan perencanaan sehingga dapat menghasilkan guru yang memiliki kemampuan yang diharapkan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) accepts manuscripts that have not been published elsewhere and are not under consideration for publication by other print or electronic media. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons BY-NC License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (eg, post it to an institutional repository, in a journal or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
License to Publish
The non-commercial use of the article will be governed by the Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). The author hereby grants JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) an exclusive publishing and distribution license in the manuscript include tables, illustrations or other material submitted for publication as part of the manuscript (the “Articleâ€) in print, electronic and all other media (whether now known or later developed), in any form, in all languages, throughout the world, for the full term of copyright, and the right to license others to do the same, effective when the article is accepted for publication. This license includes the right to enforce the rights granted hereunder against third parties.
References
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, K. P. dan K. (2020). Data Pokok Pendidikan. Data Pokok Pendidikan. https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/sp/2/156000
Erialdy, Ade Indra Permana, S. L. (2020). Pendampingan Masyarakat Sebagai Fasilitator Menuju E-Planning Hasil Musrenbang Kelurahan. IKRAITH-ABDIMAS, 4(1), 131–137.
Harsono. (2008). Model-model Pengelolaan Perguruan Tinggi : Prespektif Sosiopolitik (1st ed.). Pustaka Pelajar.
Kementerian Hukum Dan Hak Azasi Manusia. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tentang Standar Nasional Pendidikan. http://dx.doi.org/ 10.1016/j.cirp.2016.06.0010Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.0550Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.0060Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.04.0240Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.1272520Ahttp://dx.doi.o
Mutohar, P. M. (2013). Manajemen Mutu Sekolah: Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam. Ar-Ruzz Media.
Sucahyowati, H. (2020). Peran Recrutmen Dalam Menghasilkan Sumber Daya Manusia Berkualitas Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Saintara, 4(2), 46–52.
Utami, I. H., & Nasution, U. (2020). Kebijakan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Melalui Manajemen Peserta Didik. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 10(1), 46–52. http://103.88.229.8/index.php/idaroh/article/view/5981
van Esch, E., Wei, L. Q., & Chiang, F. F. T. (2016). High-performance human resource practices and firm performance: the mediating role of employees’ competencies and the moderating role of climate for creativity. International Journal of Human Resource Management, 1–26. https://doi.org/10.1080/09585192.2016.1206031
W. Timothy Gallwey. (2006). The Inner Game Of Work Focus, Learning, Pleasure, and Mobility in the Workplace. Random House Trade Paperbacks. http://1drv.ms/1EoTry75Cnwealth/inner_game_1.pdf