Sosialisasi Business Continuity Plan (BCP) Untuk Covid 19 & Persiapan New Normal di Perusahaan Bagi Mahasiswa dan Karyawan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Eka Cempaka Putri

Abstract

Pandemi covid 19 yang terjadi di seluruh negara di dunia memiliki dampak terhadap penurunan perekonomian di hampir seluruh negara. Semua sektor industri mengalami kesulitan untuk tetap bertahan dan sektor yang paling terpengaruh adalah industri UMKM. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswan dan karyawan terkait business continuity plan (BCP) untuk covid 19 dan persiapan new normal di perusahaan. Metode kegiatan ini adalah dengan memberikan sosialisasi via daring menggunakan zoom meeting. Evaluasi kegiatan ini menggunkan model evaluasi dari Kirkpatrick untuk level 1 dan level 2, didapatkan kepuasan peserta kegiatan mencapai 98, 7% dan hasil pemahaman peserta sangat baik yang dibuktikan dengan nilai test peserta sebesar 55,5% meraih angka sempurna dan tidak ada nilai dibawah 6. Diharapkan kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa dan karyawan sehingga dapat mengimplementasikan ilmunya untuk memberdayakan UMKM disekitar mereka.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Eka Cempaka Putri. (2021). Sosialisasi Business Continuity Plan (BCP) Untuk Covid 19 & Persiapan New Normal di Perusahaan Bagi Mahasiswa dan Karyawan . JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 137-144. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i1.507

References

Asyari, H., Rusman N, T., & Riyana, A. (2020). Evaluasi Program Pelatihan Guru di Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kementerian Agama Republik Indonesia. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.29240/jsmp.v4i1.1441
Cahyono, H. (2019). Peran Mahasiswa di Masyarakat. De Banten-Bode: Jurnal Pengabdian Masyarakat Setiabudhi.
Indonesia, P. R. (1992). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 1992 Tentang Kesehatan. In Menteri/Sekretaris Negara Republik Indonesia.
Kirkpatrick, D. L., & Kirkpatrick, J. D. (2014). Implementing the Four Levels: A Practical Guide for Effective Evaluation of Training Programs. In Implementing the Four Levels: A Practical Guide for Effective Evaluation of Training Programs.
Ritonga, R., Saepudin, A., & Wahyudin, U. (2019). PENERAPAN MODEL EVALUASI KIRKPATRICK EMPAT LEVEL DALAM MENGEVALUASI PROGRAM DIKLAT DI BALAI BESAR PELATIHAN PERTANIAN (BBPP) LEMBANG. Jurnal Pendidikan Nonformal. https://doi.org/10.17977/um041v14i1p12-21
Said, M. R. R. (2020). Jaminan Hak Bekerja bagi UMKM Di Tengah Masa PSBB Pada Wilayah DKI Jakarta. Journal.Uinjkt.Ac.Id.
Siregar, V. O. (2017). HUBUNGAN KEPUASAN PESERTA PELATIHAN DENGAN TINGKAT PEMBELAJARAN PESERTA PELATIHAN PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN INFEKSI. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia. https://doi.org/10.20473/jaki.v5i1.2017.62-71
Sulaiman, M Reza, Djailani, M. F. (2020). Dampak Pandemi Covid-19, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Alami Perlemahan. https://www.suara.com/bisnis/2020/06/21/205630/dampak-pandemi-covid-19-pertumbuhan-ekonomi-indonesia-alami-perlemahan
Syamsudin, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. https://www.nu.or.id/post/read/123247/dampak-pandemi-covid-19-terhadap-umkm-di-indonesia
Widiyastuti, U., & Purwana ES., D. (2015). EVALUASI PELATIHAN (TRAINING) LEVEL II BERDASARKAN TEORI THE FOUR LEVELS KIRKPATRICK. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB). https://doi.org/10.21009/jpeb.003.2.1