Pelatihan Bahasa Inggris Menggunakan Birkenbhil Method Untuk Meningkatkan Kemampuan Receptive Skill Siswa Kelas VII SMP IT Insan Kamil Sidoarjo, Jawa Timur

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Lina Aris Ficayuma
Faishol Hadi
Achmad Anang Darmawan

Abstract

English camp dengan beragam learning platform yang dilaksanakan pada 07 September- 04 Oktober 2020 bertujuan melatih peserta didik kelas VII SMP IT Insan Kamil Sidoarjo belajar meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris dengan metode birkhenbhil. 133 peserta didik, 12 wali kelas, 12 pengajar Global English, 12 mahasiswa, orang tua,  dan 6 dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Al Hikmah Surabaya telah terlibat. Materi utama  menggunakan modul metode birkenbhil; dan modul speaking and grammar untuk active writing dan speaking. Asesmen berupa portfolio harian. Kegiatan amaliyah juga disertakan untuk penanaman character building. Fokus penelitian adalah dampak pelatihan kegiatan decoding text, reading aloud, dan fill in the blank dengan metode birkenbhil terhadap receptive skill dalam SLA. Ada 3 hasil utama yang  ditemukan yaitu 1) laki-laki lebih unggul pada penguasan kosakata di decoding dan active listening, 2) perempuan lebih unggul pada comprehending the text, dan  3) pengaruh usia peserta didik berpengaruh pada proses SLA

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Lina Aris Ficayuma, Faishol Hadi, & Achmad Anang Darmawan. (2021). Pelatihan Bahasa Inggris Menggunakan Birkenbhil Method Untuk Meningkatkan Kemampuan Receptive Skill Siswa Kelas VII SMP IT Insan Kamil Sidoarjo, Jawa Timur. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 189-205. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i1.533

References

Adnan, Aryuliva. “Pengajaran Menyimak Bahasa Inggris: Masalah dan Solusinya”. Lingua Didaktika, vol.6, no.1 (2012), 1-9.
Bacon, S and Fineneman. “The relationship between gender, comprehension, pocessing strategies and cognitive and affective responses in second-language listening”. Modern Language Journal 2, no. 76 (1992), 160-78.
Ellis, R. (2006). The study of second language acquisition. Oxford: Oxford University Press.
Fairbanks, N.V, dan Birkhenbil, V.F. (2010). The birknnbhil approach: Brain-friendly accelarated language learning. German: Speakezlanguages.
Hedge, T. (2008). Teaching and learning in the language classroom. New York: Oxford University Press.
Kachru, B.B. (1992). The other tongue: English across culture. Illinois: University of Illinois.
Karchu, Y. & Smith, L.E. (2008). Culture, contexts, and world englishes. New York: Routledge.
Koentjaraningrat. (2009). Pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
Madya, S. (2013). Metodologi pengajaran bahasa dari era prametode sampai era pascametode. Yogyakarta: UNY Press.
Sadtono, E. (2007). A concise history of teaching English as a foreign language in Indonesia. In Y.h. Choi adn B. Spolsky. English education in Asia: History and policies. Seoul: Asia TEFL.
Soler, E.A. & Jorda, M.P.S. (2007). Intercultural language use and language learning. Dordrecht: Springer.