Pelatihan Mengaktifkan Pembelajaran Daring dengan Memanfaatkan Aplikasi Mentimeter, Whatsapp dan Pembuatan Video Pembelajaran untuk Inovasi Mengajar dengan Keterbatasan Bandwidth Internet

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ni Wayan Wardani
I Gede Andika

Abstract

Pandemi Covid-19 telah membuat banyak perubahan di segala bidang termasuk Pendidikan. Pandemi telah memaksa para Guru untuk mengadakan kegiatan belajar mengajar secara. Banyak aplikasi yang dapat dimanfaatkan sebagai media belajar tetapi tidak semua aplikasi tersebut dapat dijalankan dengan baik di tengah keterbatasan bandwidth internet terutama di daerah pedesaan dan terpencil. Hal tersebut menuntut Guru untuk berinovasi dalam mengajar. Sebagai salah satu kampus IT di Bali, STMIK STIKOM Indonesia melihat fenomena tersebut dan ingin memiliki peran dalam memberikan pemahaman dan mengedukasi seluruh civitas akademika terkait inovasi dalam pembelajaran daring di tengah keterbatasan dengan memberikan pelatihan bagaimana memanfaatkan aplikasi Mentimeter, Whatsapp dan Pembuatan Video Pembelajaran. Dari jumlah peserta dan hasil kuisioner menunjukkan pelaksanaan kegiatan pengabdian ini mendapat respon positif dan antusias luar biasa dari para Guru selaku peserta.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ni Wayan Wardani, & Andika, I. G. (2021). Pelatihan Mengaktifkan Pembelajaran Daring dengan Memanfaatkan Aplikasi Mentimeter, Whatsapp dan Pembuatan Video Pembelajaran untuk Inovasi Mengajar dengan Keterbatasan Bandwidth Internet. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 342-352. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i2.607

References

Astuti, Astuti. "Whatsapp dalam Pembelajaran Online Dimasa Pandemi Covid 19 di MTs Alhutsaimin pada Mata Pelajaran Matematika." Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 1 (2021): 10-16.

Darnawati, Darnawati, Irawaty Irawaty, and Waode Ade Sarasmita Uke. "Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Aplikasi Kinemaster dan Screencast O Matic." E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 12, no. 1 (2021): 100-105.

Istiandaru, Afit, and Anggit Prabowo. "Pelatihan pembelajaran inovatif berbasis Mentimeter." In Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, pp. 251-256. 2020.

Khasanah, Fata Nidaul, and Rafika Sari. "Pelatihan Mentimeter Sebagai Media Interaksi Dalam Pembelajaran Daring Pada SMAN 14 Bekasi." Journal of Computer Science Contributions (JuCosCo) 1, no. 1 (2021): 42-52.

Kusnaeni, Anisa. "Pelatihan bisnis fashion melalui Whatsapp dalam meningkatkan pemberdayaan bagi UMKM Cimahi." Comm-Edu (Community Education Journal) 3, no. 1 (2020): 42-49.

Kusuma, Jaka Wijaya, and Hamidah Hamidah. "Perbandingan hasil belajar matematika dengan penggunaan platform Whatsapp Group dan webinar Zoom dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemik Covid 19." JIPMat 5, no. 1 (2020).

Pangga, Dwi, Sukainil Ahzan, Syifaul Gummah, and Saiful Prayogi. "Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Untuk Guru MA Al-Istiqomah NW Bedus." SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 3, no. 2 (2021): 203-206.

Rahmalina, Widdya, Meria Ultra Gusteti, and Evi Desmariani. "PELATIHAN MEMBUAT VIDEO PEMBELAJARAN MENARIK DENGAN SMARTPHONE PADA GURU ADZKIA." Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin 4, no. 1 (2020): 26-35.

Tinggi, Bubungan. "Pelatihan Blended Learning Berbantuan Webex Meeting dan Mentimeter untuk Mengefektifkan Kegiatan Belajar Mengajar." (2020).

Wardani, Ni Wayan, and Ni Luh Wiwik Sri Rahayu Ginantra. "Pelatihan Aplikasi Mendeley untuk Referensi dalam Menulis Karya Ilmiah Bagi Guru SMK Dwijendra Denpasar." JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) 1, no. 1 (2020): 13-20.

Yensy, Nurul Astuty. "Efektifitas Pembelajaran Statistika Matematika melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19)." Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 5, no. 2 (2020): 65-74.